Sukses

Rekor Pertemuan Indonesia vs Myanmar Jelang Semifinal Piala AFF U-16 2022: Garuda Asia Pernah Jadi Bulan-bulanan

Indonesia mengetahui lawan pada semifinal Piala AFF U-16 2022. Adalah Myanmar yang mengadang pasukan Bima Sakti di Stadion Maguwoharjo, Rabu (10/8/2022).

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia mengetahui lawan pada semifinal Piala AFF U-16 2022. Adalah Myanmar yang mengadang pasukan Bima Sakti di Stadion Maguwoharjo, Rabu (10/8/2022).

Myanmar melaju ke babak empat besar usai mengalahkan Kamboja 1–0 dalam laga penyisihan Grup C di Stadion Sultan Agung, Senin (8/8/2022) sore WIB.

Gol semata wayang Myanmar dicetak oleh Lin Htet Oo di menit ke-48. Capaian itu mengantar Asian Lions muda merangsek ke puncak klasemen dengan torehan tujuh poin.

Adapun Malaysia hanya mampu finis di urutan dua klasemen Grup C dengan koleksi lima poin. Situasi itu terjadi lantaran Harimau Malaya gagal menaklukkan Australia di laga ketiga.

Sempat unggul 2–1 di awal babak kedua, pasukan dari Negeri Jiran terkejar oleh Timnas Australia. Kedua tim akhirnya harus puas berbagi skor 2–2 dalam pertandingan yang dihelat di Stadion Maguwoharjo.

Sebagai informasi, Malaysia, Myanmar, dan Kamboja terlibat pertarungan sengit demi memperebutkan tiket ke babak semifinal Piala AFF U-16 2022. Pasalnya, perolehan poin ketiga tim amat mepet di klasemen sementara Grup C.

Sebelum laga hari ini, para penggawa Negeri Jiran berada di posisi puncak dengan torehan 4 poin. Myanmar dan Kamboja menyusul di urutan ketiga dan keempat setelah masing-masing tim mengoleksi 4 serta 3 angka.

Berdasarkan peraturan kompetisi, hanya tiga juara grup dan satu runner up terbaik yang berhak melaju ke fase empat besar dalam turnamen sepak bola remaja bergengsi se-Asia Tenggara.

Hasil laga terakhir penyisihan Grup C memupuskan harapan Malaysia untuk lolos ke semifinal. Skuad muda Harimay Malaya gagal meraih predikat runner up terbaik karena tak mampu menyaingi perolehan angka Vietnam di Grup A.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Juara Grup A

Timnas Indonesia U-16 telah lebih dulu merebut tempat di babak semifinal Piala AFF U-16 2022. Kepastian itu diperoleh usai Garuda Asia menaklukkan Vietnam dengan 2–1 dalam laga terakhir yang berlangsung di Stadion Maguwoharjo, Sabtu (6/8/2022).

Skuad asuhan Bima Sakti sejatinya sempat tertinggal lebih dulu jelang turun minum. Gol dari Nguyen Cong Phuong pada menit ke-41 membuat Timnas Indonesia U-16 tertinggil satu angka dari pasukan muda The Golden Star.

Beruntung penggawa Merah Putih mampu membalikkan keadaan di paruh kedua. Arkhan Kaka dan Muhammad Nabil Asyura bergantian menyumbang poin bagi tuan rumah, setelah membobol gawang lawan di menit ke-51 dan 55.

Capaian tersebut mengantar Indonesia bertengger nyaman di puncak klasemen. Garuda Asia melaju ke semifinal dengan status juara Grup A usai mengoleksi 13 gol dari tiga pertandingan kontra Singapura, Filipina, dan Vietnam.

Thailand kemudian menyusul Indonesia dengan menjuarai Grup B. Sementara satu tempat tersisa jadi milik Vietnam yang menyandang status runner-up terbaik. 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 3 halaman

Rekor Pertemuan

Indonesia dan Myanmar sebelumnya sudah bertemu lima kali di panggung Piala AFF U-16. Duel edisi 2022 bakal jadi pertemuan keempat secara beruntun.

Garuda Asia gagal memenangkan tiga laga pertama, bahkan jadi bulan-bulanan pada dua duel awal. Namun, Indonesia sukses memenangkan dua laga terakhir.

Simak rekor pertemuan kedua negara di ajang tersebut:

 

Waktu-Babak-Laga

28 Februari 2002 Semifinal Myanmar 6–0 Indonesia

28 Agustus 2005 Grup Indonesia 1–6 Myanmar

9 Juli 2017 Grup Myanmar 2-2 Indonesia

31 Juli 2018 Grup Myanmar 1-2 Indonesia

4 Agustus 2019 Indonesia 5-0 Myanmar

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.