Sukses

Hasil Piala AFF U-16 2022: Sikut Kamboja, Myanmar Jadi Lawan Timnas Indonesia di Semifinal

Myanmar sukses menyusul Indonesia dan Thailand ke semifinal Piala AFF U-16. Hasil ini diraih usai Asian Lions muda menaklukkan Kamboja dengan skor tipis 1-0 dalam matchday terakhir penyisihan Grup C, Senin (8/8/2022).

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Myanmar sukses melaju ke semifinal Piala AFF U-16 2022 usai mengalahkan Kamboja dengan skor tipis 1–0 dalam laga penyisihan Grup C yang berlangsung di Stadion Sultan Agung, Senin (8/8/2022) sore WIB.

Gol semata wayang Myanmar dicetak oleh Lin Htet Oo di menit ke-48. Capaian itu mengantar Asian Lions muda merangsek ke puncak klasemen dengan torehan tujuh poin. Myanmar selanjutnya akan bersua dengan Timnas Indonesia di fase empat besar.

Adapun Malaysia hanya mampu finis di urutan dua klasemen Grup C dengan koleksi lima poin. Situasi itu terjadi lantaran Harimau Malaya gagal menaklukkan Australia di laga ketiga.

Sempat unggul 2–1 di awal babak kedua, pasukan dari Negeri Jiran terkejar oleh Timnas Australia. Kedua tim akhirnya harus puas berbagi skor 2–2 dalam pertandingan yang dihelat di Stadion Maguwoharjo, Senin (8/8/2022).

Sebagai informasi, Malaysia, Myanmar, dan Kamboja terlibat pertarungan sengit demi memperebutkan tiket ke babak semifinal Piala AFF U-16 2022. Pasalnya, perolehan poin ketiga tim amat mepet di klasemen sementara Grup C.

Sebelum laga hari ini, para penggawa Negeri Jiran berada di posisi puncak dengan torehan 4 poin. Myanmar dan Kamboja menyusul di urutan ketiga dan keempat setelah masing-masing tim mengoleksi 4 serta 3 angka.

Berdasarkan peraturan di Piala AFF U-16 edisi ini, hanya tiga juara grup dan satu runner up terbaik yang berhak melaju ke fase empat besar dalam turnamen sepak bola remaja bergengsi se-Asia Tenggara.

Hasil laga terakhir penyisihan Grup C memupuskan harapan Malaysia untuk lolos ke semifinal. Skuad muda Harimay Malaya gagal meraih predikat runner up terbaik karena tak mampu menyaingi perolehan angka Vietnam di Grup A.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Indonesia Juara Grup

Timnas Indonesia U-16 telah lebih dulu merebut tempat di babak semifinal Piala AFF U-16 2022. Kepastian itu diperoleh usai Garuda Asia menaklukkan Vietnam dengan 2–1 dalam laga terakhir yang berlangsung di Stadion Maguwoharjo, Sabtu (6/8/2022).

Skuad asuhan Bima Sakti sejatinya sempat tertinggal lebih dulu jelang turun minum. Gol dari Nguyen Cong Phuong pada menit ke-41 membuat Timnas Indonesia U-16 tertinggil satu angka dari pasukan muda The Golden Star.

Beruntung penggawa Merah Putih mampu membalikkan keadaan di paruh kedua. Arkhan Kaka dan Muhammad Nabil Asyura bergantian menyumbang poin bagi tuan rumah, setelah membobol gawang lawan di menit ke-51 dan 55.

Capaian tersebut mengantar Indonesia bertengger nyaman di puncak klasemen. Garuda Asia melaju ke semifinal dengan status juara Grup A usai mengoleksi 13 gol dari tiga pertandingan kontra Singapura, Filipina, dan Vietnam.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 5 halaman

Thailand Menyusul

Di kubu berbeda, Thailand sukses menyusul Indonesia ke final Piala AFF U-16 edisi ini. Tim Gajah Perang keluar sebagai raja klasemen akhir Grup B dengan torohen 7 poin usai mengoleksi dua kemenangan dan satu hasil imbang.

Adapun Timnas Laos U-16 finis tepat di bawah Thailand. Mereka dipastikan telah kehilangan kans untuk melaju ke fase empat besar lantaran hanya mampu mengumpulkan lima angka dari tiga pertandingan di babak penyisihan grup.

Timor Leste U-16 duduk di posisi ketiga dengan defisit satu poin dari Laos. Sementara itu, Brunei Darussalam harus rela menjadi juru kunci grup B setelah menelan tiga kekalahan beruntun dalam pertandingan fase grup.

4 dari 5 halaman

Pertandingan Selanjutnya

Timnas Indonesia selanjutnya bakal menghadapi laga semifinal Piala AFF U-16 pada Rabu (10/8/2022) malam WIB. Pertandingan tersebut dapat disaksikan secara langsung melalui siaran di saluran TV Indosiar atau platform live streaming Vidio.

Skuad Garuda Asia diharapkan mampu melaju ke final dan menjadi kampiun Piala AFF U-16 edisi ini. Sebagai informasi, Indonesia baru sekali menjadi juara Piala AFF U-16.

Prestasi terbaik itu diraih kala skuad Garuda Asia mampu mengalahkan Thailand lewat adu penalti dalam partai puncak yang berlangsung pada 2018 silam.

Piala AFF U-16 edisi ini membuka peluang baru bagi Timnas Indonesia untuk menggandakan torehan gelar juara. Keberhasilan penggawa Merah Putih di turnamen tersebut bisa menjadi penawar kekecewaan usai penggawa Merah Putih gagal melangkah jauh di Piala AFF U-19.

5 dari 5 halaman

Klasemen

Berikut adalah rekap klasemen akhir grup A, B, dan C di Piala AFF U-16.

Grup A

 Tim MP  W GF  GA  GD  Poin 
 Indonesia U-16 3 3 0 0 13 1 12 9
 Vietnam U-16  11 
 Filipina U-16 -6 
 Singapura U-16 16 -14 

Grup B

 Tim MP  GF  GA  GD  Poin 
 Thailand U-16 3 2 1 0 10 2 8 7
 Laos U-16  12  10 
 Timor Lester U-16  12 
 Brunei U-16  25  -25 

Grup C

 Tim MP  GF  GA  GD  Poin 
 Myanmar U-16 3 2 1 0 5 3 2 7
 Malaysia U-16   1 6 3
 Kamboja U-16  6 -2 
 Australia U-16  -3 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.