Sukses

PBSI Tarik 3 Wakil Indonesia dari Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2022, Apa Alasannya?

PP PBSI menarik tiga wakil untuk Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2022, yakni Mychelle Crhystine Bandaso, Putri Syaikah, dan Shesar Hiren Rhustavito.

Liputan6.com, Jakarta - PP PBSI menarik tiga wakil untuk Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2022. Mereka dinilai kurang siap mengikuti ajang yang berlangsung di Tokyo, 22-28 Agustus mendatang.

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Rionny Mainaky menyebut tiga nama tersebut adalah Mychelle Crhystine Bandaso, Putri Syaikah, dan Shesar Hiren Rhustavito.

"Ya, ketiga pemain tersebut sudah pasti kita tarik dari Kejuaraan Dunia. Ini karena mereka sebelumnya memang saya targetkan kalau dalam dua minggu terakhir tidak bisa ke lapangan dengan program full, maka kita tarik, karena mereka tidak siap untuk bertanding," kata Rionny di Pelatnas Cipayung, Senin (8/8/2022).

Dengan begitu, pasangan Adnan Maulana/Mychelle Crhystine Bandaso (ganda campuran), Putri Syaikah/Nita Violina Marwah (ganda putri), dan Shesar Hiren Rhustavito (tunggal putra) batal membela Skuad Garuda di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis.

Mychelle telah menjalani terapi demi memulihkan cedera dan membuahkan hasil. Dia juga mencoba untuk latihan di Pelatnas Cipayung. Namun, Mychelle belum bisa bergerak normal.

"Jadi dia harus terapi lagi, tapi saya rasa itu sudah maksimal. Kalau dalam sepuluh hari mereka tidak bisa ikut program yang full, saya anggap mereka tidak siap. Juga saya tanya kembali ke pemain, Mychelle menyebut memang tidak siap bertanding. Jadi kita tarik dari Kejuaraan Dunia 2022," jelas Rionny.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tak Mungkin Dipaksa

Setali tiga uang dengan Putri Syaikah. Selama dua bulan ini, cedera lutut pemain yang akrab disapa Chika ini sudah membaik. Dia juga sudah mencoba untuk joging dan berlatih kembali. Hasilnya juga menggembirakan.

Melihat perkembangan ini, Rionny dan pelatih sebisa mungkin berusaha untuk mempertahankan. "Tetapi ternyata sama saja. Untuk level pertandingan internasional atau Kejuaraan Dunia, dengan persiapan hanya dua minggu, meski kita paksakan saya rasa tidak mungkin," papar Rionny.

"Atletnya pun sudah menyerah karena tidak sanggup. Jadi kita ambil keputusan untuk menarik Chika dari Kejuaraan Dunia."

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 3 halaman

Vito Juga Mundur

Sementara Vito juga belum maksimal akibat cedera yang diderita. Mengalami cedera betis, sosok yang baru saja melepas status lajang ini coba melakukan penguatan dengan bersepeda.

"Tetapi dalam dua minggu terakhir hingga pekan lalu, dia tidak bisa masuk lapangan untuk latihan. Walaupun hanya untuk mencoba, dia tetap tidak bisa. Jadi kita menilai Vito tidak siap bertanding. Ketika ditanya, atletnya pun merasa tidak siap. Maka kita tarik mundur juga," pungkas Rionny.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.