Barcelona Gilas Pumas Unam 6-0, Pedri Takjub Permainan Mewah Robert Lewandowski

Oleh Marco Tampubolon pada 08 Agu 2022, 19:15 WIB
Diperbarui 08 Agu 2022, 19:15 WIB
Foto: Lewandowski Pecah Telur dan Sabet Gelar MVP saat Barcelona Lumat UNAM Pumas di Joan Gamper Trophy 2022
Perbesar
Berkat aksi gemilangnya tersebut Robert Lewandowski dinobatkan sebagai pemain terbaik (MVP) dalam laga eksibisi yang telah berlangsung sejak tahun 1966 untuk memberi penghormatan kepada pendiri, eks pemain dan Presiden Barcelona, Joan Gamper. (AP/Joan Monfort)

Liputan6.com, Jakarta Robert Lewandowski menjadi bintang pada pertandingan Barcelona Vs Pumas Unam di Camp Nou, Senin (8/8/2022). Pada perebutan trofi Joan Gamper tersebut skuad Blaugrana menang telak 6-0.

Lewandowski, pemain yang baru direkrut dari Bayern Munchen mengenakan nomor 9. Ini sekaligus menjadi penampilan perdana pamain asal Polandia tersebut sejak didatangkan oleh Blaugrana. 

Tidak butuh waktu lama bagi Lewandowski untuk merebut hati publik Camp Nou. Saat laga baru berjalan tiga menit, mantan pemain Borussia Dortmund itu sudah mencatatkan namanya di papan skor.

Berawal dari umpan terobosan Pedri, Lewandowski berhasil mengelabui kiper J Dinenno sebelum kemudian melepaskan tembakan terukur ke arah gawang lawan dan membawa Barcelona unggul 1-0.

Pedri kemudian memperlebar jarak dua menit kemudian. Selanjutnya Ousmane Dembele mengubah skor menjadi 3-0 pada menit ke-10. Pedri kembali membuat Camp Nou bergemuruh pada menit ke-19 sebelum mengakhiri babak pertama dengan keunggulan 4-0 untuk tuan rumah, Barcelona.  

Barca lalu menambah 2 gol lagi lewat Pierre Emerick Aubameyang (49), dan Frenkie de Jong (84').  

"Sebuah kemewahan bisa bermain dengan Lewandowski," puji Pedro kepada Barca TV usai laga. 

"Saya sangat menikmati melihat cara dia menembak dan bermain," bebernya menambahkan. 

Lewandowski sebenarnya bukan nama baru bagi sepak bola Eropa. Kehebatan pemain berusia 33 tahun itu sudah tidak perlu diragukan lagi. Di kompetisi Bundesliga, Lewandowski adalah langganan top scorer. Musim lalu, dia mampu mencetak 35 gol dalam 34 pertandingan bersama Bayern Munchen. 

Bulan lalu, dia kemudian diboyong ke Camp Nou dengan harga yang diperkirakan mencapai £42.5 juta.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Langsung Klop

Robert Lewandowski, Pedri, Barcelona
Perbesar
Gelandang Barcelona, Pedri (tengah), berselebrasi dengan Robert Lewandowski (kiri) dan Gavi pada pertandingan uji coba Joan Gamper Trophy, melawan Club Universidad Nacional Pumas di Camp Nou, Senin (8/8/2022) dini hari WIB. (Pau Barrena/AFP)

Meski baru pertama kali tampil Liga Spanyol, gaya bermain Lewandowski ternyata tidak menyulitkan pemain Barcelona. Pedri bahkan merasa beruntung bisa langsung klop dengan striker jangkung itu. 

"Sangat mudah bersama dengan pesepak bola seperti dia. Kami saling megisi selama pertandingan dan itu berjalan dengan baik," beber Pedri mengurai kekagumannya terhadap Lewandowski. 

Urusan mencetak gol sudah menjadi makanan Lewandowski selama ini. Sepanjang memperkuat Bayern Munchen, dia mampu mencatatkan 344 gol dalam 375 pertandingan di semua kompetisi.

 

Penampilan mengesankan kembali ditunjukkan Lewandowski bersama Barcelona saat bertemu Pumas. Tidak salah, dia akhirnya terpilih untuk mendapatkan gelar MvP dalam laga tersebut. Kemenangan ini sekaligus menjadi akhir dari persiapan pramusim Barca sebelum menghadapi kompetisi 2022/2023. 


Masalah Pendaftaran Pemain

Robert Lewandowski
Perbesar
Barcelona resmi memperkenalkan Robert Lewandowski ke publik Camp Nou pada Jumat (5/8/2022) (AFP)

Sementara itu, Barcelona bakal mengawali langkahnya pada La Liga 2022/2023 pada akhir pekan ini. Di laga perdana, skuad Blaugrana akan berhadapan dengan Rayo Vallecano, Sabtu (13/8/2022). 

Meski demikian, ada sejumlah keraguan yang menyelimput tim asal Catalonia tersebut terkait apakah  Lewandowski dan semua pemain baru lainnya bisa memenuhi syarat untuk bermain. Seperti diketahui, Barcelona telah jorjoran menghabiskan banyak uang musim panas ini untuk menambah amunisinya. 

Selain Lewandowski, Barcelona juga merekrut  Raphinha dan Jules Kounde.

Kehadiran mereka membuat neraca keuangan Barcelona berantakan. Pemasukan yang minim membuat Barcelona kesulitan untuk mendaftarkan seluruh pemain baru yang ada saat ini.

Sejumlah cara telah ditempuh Barcelona, tapi pekerjaan rumah belum juga usai. 

 

 


Ditolak La Liga

Sebelumnya, pada 5 Agustus, upaya Barcelona untuk mendaftarkan pemain baru serta kontrak baru untuk Ousmane Dembele, dan Sergi Roberto ditolak oleh La Liga Spanyol. Padahal, Presiden Barcelona telah mengumpulkan 767 juta euro musim panas ini dari menjual sepermpat hak TV mereka dan 25% saham di Barca Studios. Tak sampai di situ, 24,5% saham Barca Studio juga bakal dijual lagi.

Namun, hal itu belum cukup bagi Barcelona untuk mendaftarkan para pemain barunya buat kompetisi La Liga musim 2022/2023. Menurut The Mirror, Barcelona bakal dipaksa berpisah dengan delapan pemain tim utama selama beberapa minggu mendatang. Adapun La Liga Spanyol hanya mengizinkan raksasa Catalan mendaftarkan 25 pemain. Selain itu, dengan tagihan gaji saat ini mencapai 560 juta euro, Barcelona harus berusaha untuk mengurangi sebesar 160 juta euro.

Infografis Grup G Piala Dunia 2022
Perbesar
Infografis Grup G Piala Dunia 2022. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya