Terungkap, Ini Alasan Erik ten Hag Cadangkan Ronaldo di Laga MU vs Brighton

Oleh Theresia Melinda Indrasari pada 08 Agu 2022, 19:00 WIB
Diperbarui 08 Agu 2022, 19:00 WIB
Foto: Kejadian Menarik Dibalik Kekalahan Manchester United Dari Brighton di Liga Inggris, Adu Jotos Sesama Fans MU Hingga Muka Ngenyek CR7
Perbesar
Ekpresi ngenyek pemain Manchester United, Cristiano Ronaldo, saat berada di bangku cadangan kala MU tertinggal dua gol dari Brighton and Hove Albion pada laga Liga Inggris di Stadion Old Trafford, Minggu (07/08/2022). (Ian Hodgson/PA via AP)

Liputan6.com, Jakarta - Erik ten Hag gagal menciptakan debut gemilang di Liga Inggris 2022/2203. Eks pelatih Ajax Amsterdam harus menyaksikan anak-anak asuhnya tampil tak berdaya kala menghadapi Brighton and Hove Albion dalam laga pembuka.

Bermain di hadapan publik sendiri, Minggu (7/8/2022), Manchester United takluk 1–2 oleh tim tamu lewat brace dari Pascal Gross pada menit ke-30 dan 39. Sementara itu, satu-satunya angka MU didapat berkat gol bunuh diri Alexis Mac Allister (’68).

Kekalahan Setan Merah dalam laga perdana diwarnai dengan kehadiran Cristiano Ronaldo di bangku cadangan. Absen dari tur pramusim MU di Thailand, Australia, dan Norwegia, CR7 tak ditunjuk sebagai starter ketika skuadnya menjamu Brighton.

Megabintang asal Protugal itu baru mendapat kesempatan unjuk gigi pasca turun minum. Ia masuk untuk menggantikan Fred yang ditarik keluar pada menit ke-53.

Dilansir dari Metro, Erik ten Hag mengungkap alasan dirinya ogah memasukkan Ronaldo sebagai starting XI dalam pertandingan kontra Brighton. Ketidaksertaan CR7 di sejumlah laga pramusim membuat staminanya sedikit diragukan.

“Ya, ini adalah pramusim yang singkat (untuk Ronaldo). Dia baru mulai berlatih minggu lalu dan hanya tampil 45 menit di lapangan. Dia tidak berada pada level stamina yang sama dengan anggota lain,” ujar Ten Hag sebelum menghadapi The Seagulls.

“Kami lihat (pertandingan) di Liga Premier pada akhir pekan ini benar-benar sulit. Laga-laganya berintesitas tinggi, menekan dari depan. Jadi, Anda harus fit untuk melakukan itu (tampil di Liga Inggris),” sambung juru taktik asal Belanda, seperti dikutip dari Metro.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

Butuh Waktu

Foto: Viral Ekspresi Manyun Cristiano Ronaldo saat Duduk di Bangku Cadangan MU
Perbesar
Meskipun permainan lebih berkembang dengan masuknya Ronaldo ke lapangan namun hasil pahit harus dirasakan Manchester United di laga perdana mereka. (AP Photo/Dave Thompson)

Lebih lanjut, Erik ten Hag menuturkan Ronaldo bakal butuh waktu untuk kembali menjadi starter di pertandingan Liga Inggris bersama Setan Merah. Keputusan sang pelatih bergantung pada seberapa cepat CR7 bisa balik ke puncak kebugarannya.

“Dia (Ronaldo) bekerja sangat keras untuk mencapai tingkat kebugaran yang tepat. Hal ini akan memakan waktu, dan itu wajar,” ungkap Ten Hag terkait kondisi Ronaldo.

“Kita harus melihatnya. Saya tidak bisa mengatakan (kapan ia akan kembali) karena itu bergantung pada seberapa cepat ia berkembang. Kami akan melakukan segalanya untuk membawa skuad kembali bugar sesegera mungkin,” pungkas manajer anyar MU.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Lawan Rayo Vallecano

Foto: 45 Menit Penampilan Perdana Cristiano Ronaldo di Laga Pramusim Manchester United
Perbesar
Cristiano Ronaldo untuk pertama kalinya tampil pada laga pramusim Manchester United melawan Rayo Vallecao yang berlangsung di Old Trafford, Minggu (31/07/2022). Sebelumnya, sang pemain diisukan akan hengkang dari Setan Merah pada bursa transfer musim panas 2022/2023. Pada laga ini, Ronaldo diturunkan sebagai starter oleh pelatih Erik ten Haag namun kemudian digantikan oleh Amad Diallo pada 45 menit babak pertama. Sementara itu, laga berakhir dengan skor 1-1. (AFP/Nigel Roddis)

Seperti diketahui, Ronaldo hanya membuat satu penampilan di sesi pramusim Setan Merah beberapa waktu lalu. Peraih Ballon d’Or lima kali itu turun ketika MU ah melakoni laga persahabatan melawan Rayo Vallecano pada Minggu (31/7/2022).

Sayangnya, CR7 cuma dibiarkan merumput selama 45 menit. Pelatih Manchester United, Erik ten Hag, mengirim Amad Diallo untuk menggantikan eks bintang Real Madrid pasca turun minum.

Kehadiran Ronaldo di laga tersebut menuai cibiran dari para penggemar MU. Pasalnya, sang pemain memutuskan pulang duluan sebelum laga di Old Trafford benar-benar berakhir. Suporter yang memergoki aksi CR7 lantas membagikan momen ini di media sosial.

Perilaku Ronaldo seolah mempertegas kabar kepindahannya dari Setan Merah. Pesepak bola berusia 37 tahun itu memang diketahui ingin berpisah dengan MU, usai timnya gagal tembus ke Liga Champions musim ini.


Dianggap Egois

Foto: Viral Ekspresi Manyun Cristiano Ronaldo saat Duduk di Bangku Cadangan MU
Perbesar
Usai buntu dan kalah terlebih dahulu 0-2 di babak pertama, akhirnya Cristiano Ronaldo dimainkan untuk menembus barisan pertahanan Brighton. (AP Photo/Dave Thompson)

Tak hanya menjadi bulan-bulanan fans, Ronaldo juga sempat mendapat respons negatif dari mantan rekan setimnya. Eks pemain MU Louis Saha tak bisa menerima perlakuan CR7. Ia menilai Ronaldo bertingkah egois dan ingin menang sendiri.

“Dari sudut pandang Cristiano Ronaldo, agak tidak realistis untuk meminta klub sebesar itu cocok dengannya dan impiannya. Sebagai penggemar MU, saya merasa dia belum menunjukkan apapun dan hanya memikirkan dirinya sendiri,” ujar Saha kepada Sky Bet, dilansir dari AS

Saha tidak pernah meragukan kehebatan Ronaldo, begitu juga profesionalismenya. Hanya saja, kejadian seperti ini bukan kali pertama terjadi. Sebelumnya, Ronaldo juga disebut pernah bertingkah serupa. Ia merasa lebih besar dari klub dan berusaha memaksakan kehendaknya kepada manajemen


Mendinginkan Rumor

Di tengah saga transfer yang kian memanas, Ronaldo justru membagikan foto dirinya berada di tempat latihan pada Kamis (4/8/2022) lalu. Dalam gambar tersebut, CR7 terlihat ikut berlatih regular dengan anggota skuad MU lainnya.

Ia menulis keterangan foto berbunyi ‘langkah demi langkah’ dengan tagar ‘kerja keras’ untuk menunjukkan bahwa bintang asal Portugal itu perlahan-lahan berupaya mengembalikan kebugarannya setelah melewatkan sebagian besar laga pramusim MU.

Dilansir dari Liputan6.com, sikap Ronaldo bisa dipandang sebagai upaya untuk mendinginkan rumor kepergiannya dari Old Trafford. Unggahan itu juga menjadi bentuk penolakan CR7 atas klaim yang menyebut dirinya tidak peduli lagi dengan klub.

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya