Sukses

Ribuan Pesepeda International Serbu Bali, Ikut Balapan GFNY

Ribuan pesepeda dari dalam dan luar negeri mengikuti balap sepeda Gran Fondo New York.

Liputan6.com, Jakarta- Event balap sepeda bergengsi Gran Fondo New York alias GFNY kembali mampir di Indonesia. Bali dipilih lagi sebagai tuan rumah GFNY Championship Asia pada 7 Agustus 2022.

GFNY sudah tujuh kali digelar di Indonesia, sedangkan Bali kini sudah empat kali jadi tuan rumah. Ajang olah raga internasional road bike ini dilaksanakan mulai dari yang pertama pada tahun 2016 & 2017 di Lombok dan 2018 di Samosir.

Seri Maraton olahraga sepeda berskala Internasional ini diadakan di 19 negara. Total peserta 30.000 pesepeda per tahun yang terbagi menjadi kejuaraan regional di beberapa negara berbeda dan kejuaraan dunia di New York. 

GFNY Indonesia merupakan bagian dari GFNY World Series yang sudah terselenggara sejak tahun 2016. Jumlah peserta bertambah setiap tahunnya dari 700 menjadi 1.700 peserta baik lokal maupun Internasional. 

GNFY di Indonesia sempat absen tahun lalu karena pandemi virus corona Covid-19. Kini Bali kembali menjadi tuan rumah GFNY Championship Asia dengan target 2.000 peserta dari dalam dan luar negeri yang rencananya akan diadakan pada tanggal 7 Agustus di Gianyar, Bali.

Peserta terbaik di GFNY Bali bakal diberangkatkan ke New York, Amerika Serikat untuk mengikuti kejuaraan dunia tahun 2023 mendatang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bantu Bali

Perhelatan internasional ini tentunya diharapkan dapat menggerakan kembali perekonomian Bali yang sempat terpuruk akibat Covid-19. Pasalnya bakal hadir peserta dari seluruh Indonesia dan mancanegara seperti Malaysia, Singapura, Thailand, Hongkong, Inggris, Perancis, Italia, Amerika dan beberapa negara lainnya.

Dampak ekonomi yang dapat dihasilkan dengan melibatkan banyak sektor terkait mulai dari penerbangan, industri perhotelan, Usaha Mikro Kecil Menengah lokal termasuk restoran, cinderamata dan UMKM lainnya. 

“Saya memilih Bali karena Bali adalah pulau yang Indah serta memiliki masyarakat dan budaya yang ramah. Saat ini peserta yang sudah terdaftar 1526 orang dan 97-nya orang Asing dari 19 Negara, Ujar Axel Moeller selaku Founder GFNY Indonesia. 

 

3 dari 3 halaman

Rute

Rute GFNY Bali terbagi menjadi dua, yaitu long dengan jarak 137km dan medium (102km) melewati pesisir pantai dan area gunung. Untuk menambah semaraknya acara akan digelar juga Bike Expo pada tanggal 5-7 Agustus di Gianyar dimana akan ada booth-booth dari bebagai macam industri.

Guna menyukseskan GFNY 2022, Polda Bali akan menerjunkan total 876 personel guna mengamankan rute sepanjang 139 km. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.