Setia pada Chelsea, Cesar Azpilicueta Bikin Barcelona Gigit Jari

Oleh Theresia Melinda Indrasari pada 05 Agu 2022, 23:00 WIB
Diperbarui 05 Agu 2022, 23:00 WIB
FOTO: Chelsea Ditahan Imbang Everton 1-1
Perbesar
Pemain Chelsea Cesar Azpilicueta (kiri) berebut bola dengan pemain Everton Alex Iwobi pada pertandingan sepak bola Liga Inggris di Stadion Stamford Bridge, London, Inggris, 16 Desember 2021. Pertandingan berakhir imbang 1-1. (AP Photo/Alastair Grant)

Liputan6.com, London - Cesar Azpilicueta kabarnya telah menandatangani kontrak baru di Stamford Bridge. Kesepakatan tersebut bakal membuatnya mengenakan seragam The Blues setidaknya hingga 2024.

Dilansir dari Metro, Azpilicueta sejatinya telah banyak dikaitkan dengan kepindahan ke Barcelona pada jendela transfer musim panas. Sang raksasa Catalan santer dirumorkan ingin memboyong bek berusia 32 tahun itu.

Namun, wacana transfer Azpilicueta nampaknya tidak direstui oleh pemilik baru Chelsea. Todd Boehly disebut masih ingin mempertahankan pemain timnas Spanyol itu. Alhasil, dia berupaya menghalangi kepindahan sang pemain ke Barcelona.

Chelsea memang butuh tenaga di lini pertahanan. Sebab, Andreas Christensen dan Antonio Rudiger sama-sama hijrah ke La Liga Spanyol. Christensen sudah menuntaskan kepindahan ke Barcelona, sementara Rudiger memilih berlabuh di Real Madrid.

Adapun Manajer Chelsea Thomas Tuchel baru memboyong Kalidou Koulibaly untuk memperkuat area tersebut. Tak heran jika pihak klub saat ini enggan berpisah dengan Azpilicueta.

Laporan ESPN mengklaim Azpilicueta sebenarnya sempat mencapai kesepakatan untuk bergabung dengan Barcelona beberapa bulan lalu. Akan tetapi, negosiasi antara kedua belah pihak terhenti dan Azpilicueta memilih bertahan di Stamford Bridge.

Mantan pemain Marseille itu pun diklaim sudah memberi tahu keputusannya kepada Barcelona. Ia mengaku senang bisa memperpanjang masa tinggalnya di klub yang sudah ia bela selama kurang lebih 10 tahun.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Komentar Azpilicueta

Foto: 5 Pemain Aktif Chelsea dengan Durasi Terlama Membela The Blues di Liga Inggris, Cesar Azpilicueta Paling Loyal
Perbesar
Cesar Azpilicueta. Bek kanan Spanyol berusia 32 tahun ini telah 10 musim memperkuat Chelsea sejak didatangkan dari Marseille pada awal musim 2012/2013. Total telah tampil 455 kali di semua ajang dengan torehan 14 gol dan 56 assist. (AFP/Glyn Kirk)

"Saya sangat senang bisa memperpanjang masa tinggal saya di Chelsea, di rumah saya. Sudah hampir 10 tahun sejak saya pertama kali tiba dan bergabung dengan klub. Saya sangat bersemangat untuk (menjalani) proyek baru yang kami miliki," kata Cesar Azpilicueta dalam situs resmi klub.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Todd dan Behdad yang sudah memberi saya kesempatan untuk mempertahankan karier saya di klub yang luar biasa ini. Saya menantikan waktu untuk melanjutkan petualangan kami,” sambungnya.

Menurut ESPN, Todd Boehly bukanlah satu-satunya pihak yang menentang kepindahan Azpilicueta. Juru taktik The Blues Thomas Tuchel juga tidak ingin melepas kapten timnya pada jendela transfer musim panas tahun ini.

Tuchel menilai Azpilicueta merupakan pemain kunci di ruang ganti. Kehadirannya dianggap bisa menciptakan stabilitas skuad di tengah gejolak yang dialami Chelsea selama beberapa bulan terakhir.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Dibutuhkan Barca

Liga Inggris Chelsea Vs Leicester City
Perbesar
Bek Chelsea Cesar Azpilicueta (tengah) berebut bola dengan bek Leicester City Luke Thomas (kanan) pada laga tunda pekan ke-27 Liga Inggris 2021-2022 di Stadion Stamford Bridge, Jumat (20/5/2022) dini hari WIB. Chelsea harus puas bermain imbang 1-1 ketika menjamu Leicester City. (Adrian DENNIS / AFP)

Di sisi lain, Azpilicueta juga merupakan sosok yang dibutuhkan Barcelona. Manajer Blaugrana Xavi Hernandez sudah pernah meminta pihak klub untuk memboyong bek berusia 32 tahun itu demi memperkuat opsi di lini pertahanan skuadnya.

Sayangnya, Barcelona lebih memprioritaskan pemain lain di jendela transfer musim panas tahun ini. Raksasa Catalan memilih menuntaskan kepindahan sejumlah penggawa, alih-alih berfokus mengejar kapten Chelsea.

Barca sejauh ini telah merekrut beberapa nama, mulai dari Franck Kessie, Pablo Torre, Andreas Christensen, Raphinha, Robert Lewandowski, hingga Jules Kounde.

Namun, klub La Liga masih berupaya mencari cara untuk mendaftarkan pemain anyarnya tanpa melampaui salary cap yang ditetapkan pihak Spanyol.


Bersitegang

Sebagai informasi, Chelsea dan Barcelona sempat berada dalam situasi tegang. Hal ini dikarenakan Barca sudah membajak pemain incaran Chelsea.

Sebelumnya, Jules Kounde dikabarkan sangat dekat dengan kepindahan ke Stamford Bridge. Chelsea bahkan telah menyiapkan mahar besar demi memastikan kepindahan Kounde ke markasnya.

Namun, Barcelona secara mengejutkan justru mengganggu rencana transfer The Blues. Sang raksasa Catalan sanggup membuat Kounde memilih Barca ketimbang Chelsea, usai mengiming-iminginya dengan kesempatan tampil di utama.

Media Spanyol Sport menyebut Chelsea marah dengan sikap Barcelona. Klub yang berada di bawah kendali Todd Boehly itu pun mencoba balas dendam dengan menghalangi kepindahan Azpilicueta dan Marcos Alonso ke Camp Nou.

Infografis  Barcelona
Perbesar
Infografis transfer pemain termahal di Barcelona (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya