Profil Tim Grup G Piala Dunia 2022: Cuma Sampai Fase Grup Lagi, Serbia?

Oleh Jefry Hutabarat pada 08 Agu 2022, 00:01 WIB
Diperbarui 08 Agu 2022, 00:01 WIB
Foto: 8 Pemain dengan Nilai Pasar Tertinggi di Tiap Grup Putaran Final Piala Dunia 2022 Qatar, Ronaldo dan Messi Tak Termasuk
Perbesar
Vinicius Junior. Pada putaran final Piala Dunia 2022, Grup G dihuni oleh Brasil, Serbia, Swiss dan Kamerun. Sayap kiri Brasil berusia 22 tahun, Vinicius Junior menjadi pemain dengan nilai pasar tertinggi dari seluruh pemain di Grup G dengan nilai 100 juta Euro atau setara Rp1,5 triliun. Bersama Timnas Brasil ia telah mengoleksi 14 caps dengan torehan 1 gol sejak melakukan debut pada 11 September 2019. (AFP/Douglas Magno)

Liputan6.com, Jakarta - Serbia berhasil mendapatkan tiket ke Piala Dunia Qatar 2022 setelah tampil impresif di kualifikasi. Mereka finis di posisi pertama Grup A dan memaksa tim favorit Portugal melalui babak play-off menuju Qatar.

Di Piala Dunia 2022, pasukan Dragan Stojkovic tergabung di Grup G bersama Brasil, Kamerun, dan Swiss. Jika melihat hasil laga internasional pada beberapa bulan terakhir, Serbia bisa dibilang belum mendapatkan hasil maksimal. Mereka dua kali menang, sekali imbang, dan sekali kalah dalam empat pertandingan di UEFA Nations League 2022-2023. 

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Serbia berhak tampil di putaran final Piala Dunia 2022 usai memimpin Grup A. Dusan Tadic dan kawan-kawan finis di posisi pertama setelah mengumpulkan 20 poin dari 8 pertandingan. 

Serbia mengamankan tiket otomatis usai Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan dengan skor 2-1 pada matchday terakhir. Mereka pun kembali hadir di Piala Dunia setelah pada edisi 2018 langsung terhenti di fase grup.

Timnas Serbia berpotensi beri kejutan untuk tiga pesaingnya karena memiliki sederet lini serang mematikan berbalut liga top Eropa. Setidaknya ada empat penyerang berkelas. Keempat penyerang tengah Serbia tersebut di antaranya adalah Aleksandar Mitrovic, Luka Jovic, dan Dusan Vlahovic.

Sosok Mitrovic tentu sudah tak asing lagi bagi pecinta Liga Inggris. Pasalnya penyerang berusia 27 tahun itu tercatat pernah mondar-mandir memperkuat dua tim di Liga Inggris, Newcastle United dan Fulham. Saat ini Mitrovic tercatat masih berkostum Fulham seelah bergabung tahun 2018.

Nama kedua ada eks bomber Real Madrid yang pernah jaya bersama Eintracht Frankfurt, Luka Jovic. Setidaknya ada empat tim besar di kasta tertinggi liga top Eropa yang pernah diperkuatnya.

Sementara untuk sosok ketiga yakni Dusan Vlahovic. Pemain yang tampil baik setelah didatangkan Juventus dari Fiorentina.

Lantas, apakah mampu Serbia berbicara banyak pada Piala Dunia Qatar? Atau justru hanya menjadi pelengkap saja seperti 2018?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Pemain Bintang - Aleksandar Mitrovic

Foto: Telah Cetak 33 Gol yang Jadi Rekor Baru Championship, Aleksandar Mitrovic Berpeluang Cetak 40 Gol dan Bawa Fulham Promosi
Perbesar
Dari total 33 gol, di antaranya dicetak melalui 3 kali hattrick dan 6 kali brace. (AFP/Pool/Richard Heathcote)

Sosok Aleksandar Mitrovic tentu sudah tak asing lagi bagi pecinta Liga Inggris. Pasalnya penyerang berusia 27 tahun itu tercatat pernah mondar-mandir memperkuat dua tim di Liga Inggris yakni Newcastle United dan Fulham.

Mitrovic salah satu pemain yang berperan penting dalam sukses Serbia tampil di Piala Dunia 2022. Dia mencetak gol penentu kemenangan timnya atas Portugal pada matchday terakhir kualifikasi pada 14 November 2021.

Selain itu, ia juga punya kontribusi besar dalam keberhasilan Fulham menjuarai Divisi Championship dan promosi ke kasta tertinggi Liga Inggris.

Bagaimana tidak, pemain 27 tahun itu menyarangkan 43 gol dari 44 pertandingan yang ia jalani di liga musim lalu.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Pelatih - Dragan Stojkovic

Deretan Pencetak Gol Termuda di Piala Eropa
Perbesar
Pemain Yugoslavia, Dragan Stojkovic mencetak gol saat berusia 19 tahun 107 hari di piala Eropa 1984 kala itu Yugoslavia kalah dari Prancis 2-3. (AFP/Omar Torres)

Dragan Stojkovic baru ditunjuk untuk menangani timnas Serbia tepat pada hari ulang tahunnya, yakni 3 Maret 2021 lalu. Sebelum timnas Serbia, Dragan Stojkovic tercatat hanya pernah menangani dua klub, yakni Nagoya Grampus dan Guangzhou City FC.

Prestasinya sebagai juru taktik sejauh ini adalah membawa Nagoya Grampus menjuarai J.League dan Piala Super Jepang. Dia juga pernah membela Yugoslavia dan mencetak gol saat berusia 19 tahun 107 hari di piala Eropa 1984 kala itu Yugoslavia kalah dari Prancis 2-3


Jadwal Serbia di Piala Dunia 2022

Portugal Lanjutkan Puasa Kemenangan
Perbesar
Bintang timnas Portugal, Cristiano Ronaldo dilanggar pada laga kedua kualifikasi Piala Eropa 2020 yang berlangsung di Stadion Da Luz, Lisbon, Senin (27/3). Portugal raih hasil imbang 1-1 kontra Serbia. (AFP/Patricia de Melo)

Jumat, 25 November 2022

02:00 WIB: Brasil vs Serbia 

Senin, 28 November 2022

23:00 WIB: Brasil vs Swiss 

Sabtu, 3 Desember 2022

02:00 WIB: Serbia vs Swiss 

Infografis Grup G Piala Dunia 2022
Perbesar
Infografis Grup G Piala Dunia 2022. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya