Kandidat-Kandidat Juara Piala Dunia 2022: Waktunya Inggris Akhiri Kutukan?

Oleh Jefry Hutabarat pada 05 Agu 2022, 15:00 WIB
Diperbarui 05 Agu 2022, 15:00 WIB
Foto: 5 Pemain Asia dengan Penampilan Terbaik di Piala Dunia, termasuk Saeed Owairan dengan Gol Solo Run sejauh 69 Meter
Perbesar
Bagi kalian yang ingin menyaksikan tontonan menarik sepanjang Piala Dunia 2022, EMTEK Group melalui Surya Citra Media Tbk, yang menjadi pemegang hak siar Piala Dunia 2022.

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 32 tim bakal bersaing demi meraih satu gelar Piala Dunia 2022. Tak sampai lima bulan lagi, ajang paling bergengsi di bumi ini akan berlangsung di Qatar.

Piala Dunia Qatar 2022 dijadwalkan bergulir pada 21 November hingga 18 Desember. Ini akan menjadi Piala Dunia pertama yang berlangsung pada musim dingin. 

Piala Dunia 2022 Qatar adalah edisi turnamen yang ke-22 dan pertama kalinya dihelat oleh negara dari kawasan Timur Tengah. Terakhir, Kosta Rika melengkapi 32 tim peserta Piala Dunia 2022 Qatar yang berlangsung November-Desember nanti.

Saat ini, Prancis berstatus sebagai juara bertahan. Mereka akan menjadi salah satu favorit untuk mempertahankan gelar mereka di Qatar.

Dengan skuad menterang dari belakang hingga ke depan, agak cukup memalukan jika Prancis gagal melangkah ke fase knockout pada Piala Dunia 2022 Qatar nanti.

Les Blues, julukan Timnas Prancis, merupakan pengoleksi gelar terbanyak ketiga bersama Argentina dengan dua gelar juara. Mereka telah memenangkan Piala Dunia dua kali pada 1998 dan 2018. Prancis juga penah menjadi runner-up pada 2006.

Piala Dunia kali ini menjadi pembuktian bagi Prancis kalau mereka harus bisa mematahkan "juara bertahan" kutukan tersebut. Karena sejak 2002, belum ada tim yang berhasil lolos grup usai menjadi juara di edisi sebelumnya.

Setelah Prancis, ada Italia lalu Spanyol dan Jerman yang juga gagal lolos grup usai menjadi juara Piala Dunia di edisi sebelumnya.

Untuk juara back to back, baru ada Italia dan Brasil yang berhasil melakukan. Sekarang, dengan skuat mentereng apakah Prancis bisa menjadi juara saat Piala Dunia di Qatar nanti.

Lantas negara mana sajakah yang paling banyak menjadi digadang-gadang menjadi juara Piala Dunia kali ini? Berikut ini rangkumannya dari Liputan6.com, Kamis (4/8/2022):

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Prancis

Foto: 5 Kontestan Piala Dunia 2022 dengan Nilai Skuat Termahal, Timnas Inggris di Peringkat Pertama
Perbesar
Prancis. Timnas Prancis sebagai peringkat ke-3 FIFA lolos ke Piala Dunia 2022 Qatar dengan nilai skuat mencapai 978,80 juta euro atau setara sekitar Rp15,7 triliun. Di antara para pemain berusia emas, Kylian Mbappe menjadi yang paling tinggi nilainya mencapai 160 juta euro. (AFP/Franck Fife)

Timnas Prancis merupakan juara bertahan Piala Dunia, setelah tahun 2018 di Rusia, mereka berhasil mengalahkan Krosia di partai puncak. Dengan menyandang predikat juara bertahan, Prancis dijagokan dapat mempertahankan gelarnya tahun ini.

Dengan skuad menterang dari belakang hingga ke depan, Prancis diperkirakan akan berbuat banyak pada Piala Dunia 2022 Qatar nanti.

Les Blues julukan dari timnas Prancis merupakan pengoleksi gelar terbanyak ketiga bersama Argentina dengan dua gelar juara. Mereka telah memenangkan Piala Dunia dua kali pada 1998 dan 2018. Sementara mereka juga penah menjadi runner-up pada 2006.

Prancis datang ke Piala Dunia melalui kualifikasi yang tidak begitu sulit. Mereka tergabung di Grup D pada Kualifikasi Piala Dunia zona Eropa bersama Ukraina, Finlandia, Bosnia & Herzegovina, dan Kazakhstan.

Dari delapan pertandingan yang mereka jalani, Prancis berhasil memenangkan lima diantaranya, sementara sisanya berkahir dengan tiga imbang.

Prancis mengakhiri kualifikasi dengan menempati urutan teratas dan mengoleksi 18 poin. Selama kualifikasi Prancis juga tampil cukup subur. Mereka mencetak 18 gol dan hanya kemasukan tiga gol.

Piala Dunia kali ini menjadi pembuktian bagi Prancis kalau mereka harus bisa mematahkan "juara bertahan" kutukan tersebut. Karena sejak 2002, belum ada tim yang berhasil lolos grup usai menjadi juara di edisi sebelumnya.

Setelah Prancis, ada Italia lalu Spanyol dan Jerman yang juga gagal lolos grup usai menjadi juara Piala Dunia di edisi sebelumnya.

Untuk juara back to back, baru ada Italia dan Brasil yang berhasil melakukan. Dengan nama-nama semisal Kylan Mbappe, Paul Pogba, Ousmane Dembele hingga Nkolo Kante menjadi tumpuan Prancis untuk mempertahankan gelar juara.

Jika berhasil, maka Prancis menyamai pencapaian dari Brasil dan Italia yang menjadi juara back to back di Piala Dunia.


Argentina

Lionel Messi
Perbesar
Lionel Messi menyumbangkan satu gol saat Timnas Argentina menang 3-1 atas Venezuela pada laga ke-17 kualifikasi Piala Dunia 2022 zona CONMEBOL di Estadio Alberto J. Armando, Sabtu (26/3/2022) pagi WIB. (AP Photo/Natacha Pisarenko)

Perjalanan Argentina ke putaran final Piala Dunia 2022 tidak terlalu mulus, tapi juga tidak terlalu berat. Lionel Messi dan kolega finis sebagai runner up pada babak kualifikasi, mereka terpaut enam angka dengan Brasil.

Meski demikian, capaian mereka cukup apik karena tanpa kekalahan. Mereka menang 11 kali dan seri enam kali. Argentina akan menjadi salah satu favorit untuk memenangkan Piala Dunia Qatar 2022. Ini karena mereka adalah pemenang Copa America 2021.

Belum lagi, mereka sempat mengalahkan Italia di Finallisima 2022, ini membuktikan betapa menakutkannya tim ini. Pada Piala Dunia Qatar 2022, mereka berada di Grup C bersama Arab Saudi, Meksiko, dan Polandia. Di atas kertas, tentu saja Argentina diunggulkan sebagai juara grup.

Arab Saudi tak punya catatan terlalu apik di Piala Dunia. Hanya Meksiko dan Polandia yang mungkin akan memberi Argentina batu sandungan. Walaupun, Polandia akan diperkuat dengan Robert Lewandowski yang terbukti masih jadi mesin gol tertajam di Eropa tapi masih kurang kuat untuk melawan Argentina.

Dengan skuat mewah, Argentina memiliki deretan pemain muda sebut saja pemain anyar dari Manchester United, Lisandro Martinez yang membuat mereka kandidat kuat menjadi juara Piala Dunia kali ini.

Belum lagi, Messi memiliki ambisi sangat kuat untuk menjadi juara dan melengkapi gelar individunya dengan Piala Dunia. Apakah bisa Argentina membantu ambisi Messi? Tunggu di bulan November nanti.


Inggris

Timnas Inggris
Perbesar
Kapten Timnas Inggris, Bobby Moore, mengangkat trofi Piala Dunia 1966. (AFP)

Timnas Inggris memang menjadi salah satu unggulan juara di Piala Dunia Qatar yang berlangsung pada 21 November hingga 18 Desember. Pasukan Gareth Southgate lolos ke Piala Dunia dengan perkasa. Mereka sama sekali tak menelan kekalahan dari 10 pertandingan yang dimainkan di fase kualifikasi.

Hanya Polandia dan Hungaria yang mampu memberi perlawanan kepada timnas Inggris untuk tidak menyapu bersih semua laga kualifikasi. Kemenangan terbesar The Three Lions sepanjang babak kualifikasi adalah sepuluh gol tanpa balas atas San Marino pada 15 November 2021 lalu.

Selain itu, mereka memang sering menang dengan jumlah gol besar seperti 5-0 lawan Andorra dan Albania. Inggris memuncaki Grup I dalam kualifikasi Piala Dunia 2022 Qatar dengan poin 26, unggul enam poin dari timnas Polandia yang finis sebagai runner-up.

Kapten West Ham United, Declan Rice mengungkapkan, Inggris juga punya skuad yang mewah untuk tampil di Piala Dunia. Dari posisi belakang hingga depan diisi oleh pemain-pemain top dunia. Banyak pihak memprediksi Inggris lolos Group Stage B Piala Dunia 2022 termasuk Declan.

"Dengan skuad yang kami miliki, dan para pemain yang datang, kami harus menargetkan untuk memenangkan Piala Dunia 2022. Jelas, kami sangat dekat di musim panas," kata Rice.

Inggris tergabung di Grup B bersama Wales, Amerika Serikat, serta wakil dari Asia, yaitu Iran. Di atas kertas, pasukan Gareth Southgate diprediksi dapat melenggang ke babak berikutnya. Sebab, mereka memiliki segudang pemain yang tampil di salah satu kompetisi tertinggi, yaitu Liga Inggris.

Sebut saja nama mulai dari Harry Kane, Trent Alexander Arnold, Marcus Rashford, Jordan Sancho, Harry Maguire, hingga seorang Phil Foden. Jika melihat komposisi Inggris dari mulai gelaran Piala Eropa 2020 hingga saat ini, mereka sangat bergantung dengan para pemain dari Liga Inggris. Praktis hanya nama Jude Bellingham yang bermain di luar Inggris yaitu di Borussia Dortmund.

Boleh dibilang pada Piala Dunia kali, Inggris berharap tuah dari para pemain klub Liga Inggris semisal Manchester United, Manchester City, Liverpool, Arsenal, Chelsea hingga Tottenham Hotspurs.

Dengan skuat mentereng, Inggris bisa lolos terus hingga perempat final. Pasalnya di babak 16 besar dengan catatan menjadi juara grup B, lawan Inggris nantinya memiliki skuat yang jauh jika melihat komposisi grup A mulai dari Belanda, Senegal, Ekuador, hingga tuan rumah Qatar.

Namun semua bisa terjadi di lapangan hijau, akankah Inggris bisa menjadi juara di tahun ini? Atau hanya sampai semifinalis seperti tahun 2018 di Rusia?

Tapi diatas itu semua, layak menempatkan Inggris menjadi kandidat juara saat Piala Dunia 2022 nantinya.


Brasil

Neymar dan Lionel Messi
Perbesar
Duel antara Neymar dan Lionel Messi saat Timnas Brasil bersua Argentina di final Copa America 2021 hari Minggu (11/07/2021) pagi WIB. (NELSON ALMEIDA / AFP)

Siapa tim yang paling sering menjuarai Piala Dunia? Jawabannya tentu saja adalah Brasil.

Brasil pertama kali memenangkan Piala Dunia pada edisi 1958. Timnas Samba saat itu diperkuat Edvaldo Jizidio Neto (Vava) dan Edson Arantes do Nascimento, atau yang lebih masyur disebut Pele.

Brasil berhasil menjadi juara di tahun 1958, 1962, 1970, 1994, dan 2002.   Statistik telah menunjukkan bahwa Tim Samba tak terkalahkan dalam Kualifikasi Piala Dunia Zona Amerika Selatan.

Brasil meraup 45 poin dengan catatan 14 kemenangan dan tiga hasil imbang dari 17 pertandingan. Brasil kali ini kini dihuni oleh bertabur pemain bintang, mulai dari Vinicius Junior, Alisson Becker, Philippe Coutinho hingga Neymar Jr.

Layak jika menempatkan Brasil menambah gelar juara lagi di Qatar nantinya.


Jerman

Timnas Inggris Vs Timnas Jerman
Perbesar
Pertandingan Timnas Wanita Inggris versus Timnas Wanita Jerman pada final Euro 2022 di Stadion Wembley, London, Senin (1/8/2022) dini hari WIB. (Lindsey Parnaby/AFP)

Juara Piala Dunia empat kali, timnas Jerman, masuk ke jajaran kandidat juara Piala Dunia 2022. Berganti pelatih dari Joachim Loew ke Hansi Flick, Der Panzer membawa semangat baru dari segi taktik dan pola permainan.

Meratanya kualitas pemain di setiap lini menjadi ancaman tersendiri bagi tim-tim lawan yang akan berhadapan dengan Jerman.

Juara Piala Dunia 2014 ini memiliki lini tengah yang kuat sebagai keunggulan pengatur permainan tim dengan dikomandoi oleh bintang Real Madrid, Toni Kross.

Leroy Sane dan Serge Gnabry memiliki kecepatan kilat. Lalu ada Joshua Kimmich yang mahir bertahan dan menyerang dengan sama bagus.

Di Qatar, Jerman berada satu grup dengan timnas Spanyol, timnas Jepang, dan timnas Kosta Rika.

Timnas Jerman memegang rekor penampilan final terbanyak dalam Piala Dunia yakni delapan kali pada 1954, 1966, 1974, 1982, 1986, 1990, 2002, dan 2014.

Jumlah penampilan final tersebut lebih banyak dari sejumlah negara seperti Brasil (7), Italia (6), Argentina (5), Belanda (3), Uruguay (2), Prancis (2), Republik Ceko (2), Hungaria (2), Inggris (1), Spanyol (1), dan Swedia (1).

Infografis Stadion Piala Dunia 2022
Perbesar
Infografis Stadion Piala Dunia 2022. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya