Sukses

Pulang Kampung ke Uruguay, Lionel Messi Pinjamkan Pesawatnya kepada Luis Suarez

Luis Suarez akhirnya pulang kampung setelah 16 tahun bertualang di sepak bola Eropa.

Liputan6.com, Jakarta Setelah 16 tahun, Luis Suarez akhirnya menyudahi petualangannya di Eropa. Pemain yang pernah memperkuat tim-tim elite seperti Liverpool hingga Barcelona tersebut memilih pulang ke Uruguay.

Mulai musim ini, Suarez akan memperkuat klub pertamanya, yakni Nacional. Klub yang berlaga di Liga Utama Uruguay itu mendapatkan Suarez secara gratis usai menyelesaikan kontrak di Atletico Madrid.

Kepulangan Suarez mendapat sambutan hangat dari para pendukung Nacional. Ratusan suporter telah menanti kedatangan pemain berusia 35 tahun itu bersama keluarga di bandara. Selain itu, Suarez juga mendapat sambutan yang tak kalah hangat dari penduduk saat mobil yang ditumpangi melintasi kota. 

Lionel Messi yang selama ini dikenal sangat dekat dengan Suarez juga mendukung langkah ini. Dia bahkan bersedia meminjamkan pesawat pribadinya demi memperlancar kepulangan Suarez ke Uruguay. Seperti dilansir dari Cgtn, pemain PSG itu juga mendoakan yang terbaik untuk Suarez. 

"Hei Gordo," ujar Messi melalui kiriman video singkat kepada Suarez.

"Kamu sudah sampai di sana sekarang. Saya ingin mengirimmu pelukan besar dan berdoa yang terbaik bagi babak baru dalam hidupmu," beber La Pulga menambahkan. 

"Saya tahu betapa berartinya kepulangan ini untukmu. Setelah penantian yang sangat panjang, Anda akhirnya kembali ke Nacional dan mempersiapkan diri untuk Piala Dunia," beber Messi.

Pada kesempatan itu, Messi mengaku akan selalu mendukung Suarez. Dia akan mengikuti perkembangannya di Nacional dari jauh. "Sekarang, saya jadi fans baru Nacional," katanya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Teman Dekat

Luis Suarez dan Lionel Messi selama ini memang dikenal sangat dekat. Hubungan mereka semakin akrab saat keduanya sama-sama bermain untuk Barcelona. Bersama Neymar, Messi dan Suarez yang mendapat julukan trio MSN merupakan barisan penyerang yang sangat ditakuti oleh lawan. 

Penampilan apik ketiga striker tersebut membuat Barca sukses merebut berbagai gelar. 

Namun trio ini akhirnya bubar setelah Neymar memutuskan pindah ke Paris Saint Germain, 2017 lalu. Messi kemudian mengikuti jejak pemain Brasil itu 4 tahun kemudian. Sementara Suarez sudah lebih dulu hengkang setelah didepak oleh pelatih asal Belanda, Ronald Koeman saat menangani Barcelona. 

3 dari 4 halaman

Liburan Bersama

Messi dan Suarez tidak hanya dekat di dalam lapangan saja. Persahabatan mereka juga awet hingga ke luar lapangan. Keduanya merupakan teman bertukar pikiran untuk berbagai masalah yang dihadapi. 

Tidak hanya itu, Messi dan Suarez kerap bepergian bersama. Tahun lalu, keduanya masih liburan bersama. Mereka menghabiskan waktu jeda kompetisi dengan mengunjungi Florida, Amerika Serikat. 

Keluarga kedua pemain juga ikut dalam perjalanan ini. Momen-momen bahagia itu beberapa kali sempat diunggah oleh Suarez maupun Messi melalui akun media sosial mereka masing-masing. 

4 dari 4 halaman

Karier Suarez

Luis Suarez bergabung dengan Atletico Madrid pada musim panas 2020 dengan durasi kontrak dua tahun setelah tenaganya tidak lagi digunakan Barcelona. Dalam debutnya bersama skuad racikan Diego Simeone itu, dia memenangkan trofi La Liga Spanyol.

Suarez sebelumnya bermain selama enam musim untuk Barcelona, yaitu 2014 sampai 2020. Dia mencetak 198 gol dalam 283 penampilan bersama tim Catalan di seua kompetisi.

Bersama Barcelona, Suarez pernah meraih empat gelar juara La Liga Spanyol. Dia juga memenangkan trofi Liga Champions, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Antarklub masing-masing satu kali.

Suarez juga pernah memenangkan gelar pichichi atau top skorer Liga Spanyol 2015-2016. Dia mencetak 40 gol dalam 35 pertandingan, unggul lima gol atas bintang Real Madrid Cristiano Ronaldo.

Sebelum memperkuat Barcelona, Suarez pernah bermain untuk Liverpool selama tiga setengah musim. Pemain timnas Uruguay itu didatangkan dari Ajax pada Januari 2011. Dengan The Reds, dia hanya memenangkan trofi Piala Liga Inggris.

Sementara bersama Ajax, Suarez memenangkan trofi Eredivisie dan KNVB Cup masing-masing sekali. Dia juga pernah dinobatkan sebagai Ajax Player of the Year pada 2008-09. Dia juga memenangkan Dutch Footballer of the Year pada tahun berikutnya.

Selain Ajax, pemilik nama lengkap Luis Alberto Suarez Diaz tersebut juga pernah bergabung dengan Nacional (2005-2006) dan Groningen (2006-2007).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.