Alasan Pemerintah Bangun Pusat Latihan Sepak Bola di IKN

Oleh Harley Ikhsan pada 03 Agu 2022, 19:28 WIB
Diperbarui 03 Agu 2022, 19:28 WIB
Presiden Jokowi
Perbesar
Presiden Joko Widodo berencana membangun pusat pelatihan sepak bola untuk mendukung perkembangan Timnas Indonesia di Ibu Kota Negara (IKN). (dok.Biro Pers Sekretariat Presiden)

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah berencana membangun pusat pelatihan sepak bola (training center) di Ibu Kota Nusantara (IKN). Selain itu, pemerintah juga berencana mendirikan berbagai fasilitas olahraga lainnya. 

Presiden RI Joko Widodo mengungkapkan rencana tersebut saat menerima Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali dan Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Mochamad Iriawan di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (3/8/2022).

“Bapak Presiden setelah melihat perkembangan sepak bola nasional makin baik, maka beliau memberikan arahan kepada saya dan Ketua Umum PSSI segera akan membangunkan training camp sepak bola kita, di situ semuanya sudah lengkap, dan akan dilakukan di Ibu Kota Nusantara, ibu kota negara yang baru,” ujar Menpora dalam keterangan dilansir Sekretariat Kabinet RI.

Selain sepak bola, pemerintah juga memikirkan cabang olahraga lain. Maka berbagai fasilitas olahraga, baik utama maupun pendukung, akan dibangun di IKN. Hal ini juga berkaitan dengan rencana pengajuan Indonesia sebagai tuan rumah Olimpiade 2036.

“Sekaligus beliau beberapa waktu yang lalu sudah memberikan arahan kepada saya untuk kita bidding menjadi tuan rumah Olimpiade 2036, tetapi proposal itu sudah mencantumkan pelaksanaannya ada di IKN,” imbuhnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Sementara di UPI

Presiden Jokowi meninjau pembangunan dasar yang sudah dimulai di Ibu Kota Nusantara (IKN) didampingi para menteri dan Ketua DPR Puan Maharani
Perbesar
Presiden Jokowi meninjau pembangunan dasar yang sudah dimulai di Ibu Kota Nusantara (IKN) didampingi para menteri dan Ketua DPR Puan Maharani. (Biro Pers Sekretariat Presiden)

Dalam kesempatan sama, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan gembira dengan gagasan Presiden Jokowi yang ingin membangun pusat pelatihan sepak bola di IKN. Menurutnya hal tersebut merupakan hal yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat di tanah air.

“Ini yang ditunggu-tunggu oleh publik. Sekali lagi, terima kasih Pak Presiden atas atensi kepada sepak bola dan insyaallah sepak bola Indonesia akan terus baik dan maju,” ungkapnya. 

Ketersediaan lapangan kerap menghambat proses latihan timnas Indonesia. Saat ini pemerintah menyiapkan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) di Bandung sebagai lokasi pemusatan latihan.

"Pemerintah ingin membantu PSSI. Ini sebagai solusi jangka pendek. Kenapa kami memilih di sana? Karena lingkungannya sangat cocok," kata Menpora.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Sampai Dirasa Cukup

Foto: Shin Tae-yong Buka Hari Pertama TC Timnas Indonesia U-19 dengan Latihan Fisik, Disambangi Juga oleh Ketum PSSI dan Kemenpora
Perbesar
Timnas Indonesia tengah melakukan pemusatan latihan. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Sebagai perguruan tinggi pendidikan yang memiliki spesialisasi keolahragaan, UPI mempunyai infrastruktur lengkap untuk Tim Garuda. Selain lapangan sepak bola, tersedia pusat kesehatan dan sains olahraga. Selain itu, situasi lingkungan kampus nyaman untuk berlatih.

Para pemain timnas nantinya juga bisa tinggal di hotel yang berada di sekitar UPI. "Ini penting untuk sepak bola Indonesia. Timnas bisa berlatih 24 jam, tidak perlu menyesuaikan waktu tertentu seperti kalau menumpang tempat lain," tutur Zainudin Amali.

Menpora memastikan PSSI bisa menggunakan fasilitas UPI Bandung kapan saja sampai federasi merasa cukup. Zainudin secara pribadi menjamin hal tersebut dan mengatakan Rektor UPI Solehudin sudah memberi izin.

Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya