Sukses

Alasan Pemerintah Bangun Pusat Latihan Sepak Bola di IKN

Pemerintah berencana membangun pusat pelatihan sepak bola (training center) di Ibu Kota Nusantara (IKN). Selain itu, pemerintah juga berencana mendirikan berbagai fasilitas olahraga lainnya.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah berencana membangun pusat pelatihan sepak bola (training center) di Ibu Kota Nusantara (IKN). Selain itu, pemerintah juga berencana mendirikan berbagai fasilitas olahraga lainnya. 

Presiden RI Joko Widodo mengungkapkan rencana tersebut saat menerima Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali dan Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Mochamad Iriawan di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (3/8/2022).

“Bapak Presiden setelah melihat perkembangan sepak bola nasional makin baik, maka beliau memberikan arahan kepada saya dan Ketua Umum PSSI segera akan membangunkan training camp sepak bola kita, di situ semuanya sudah lengkap, dan akan dilakukan di Ibu Kota Nusantara, ibu kota negara yang baru,” ujar Menpora dalam keterangan dilansir Sekretariat Kabinet RI.

Selain sepak bola, pemerintah juga memikirkan cabang olahraga lain. Maka berbagai fasilitas olahraga, baik utama maupun pendukung, akan dibangun di IKN. Hal ini juga berkaitan dengan rencana pengajuan Indonesia sebagai tuan rumah Olimpiade 2036.

“Sekaligus beliau beberapa waktu yang lalu sudah memberikan arahan kepada saya untuk kita bidding menjadi tuan rumah Olimpiade 2036, tetapi proposal itu sudah mencantumkan pelaksanaannya ada di IKN,” imbuhnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sementara di UPI

Dalam kesempatan sama, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan gembira dengan gagasan Presiden Jokowi yang ingin membangun pusat pelatihan sepak bola di IKN. Menurutnya hal tersebut merupakan hal yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat di tanah air.

“Ini yang ditunggu-tunggu oleh publik. Sekali lagi, terima kasih Pak Presiden atas atensi kepada sepak bola dan insyaallah sepak bola Indonesia akan terus baik dan maju,” ungkapnya. 

Ketersediaan lapangan kerap menghambat proses latihan timnas Indonesia. Saat ini pemerintah menyiapkan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) di Bandung sebagai lokasi pemusatan latihan.

"Pemerintah ingin membantu PSSI. Ini sebagai solusi jangka pendek. Kenapa kami memilih di sana? Karena lingkungannya sangat cocok," kata Menpora.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 3 halaman

Sampai Dirasa Cukup

Sebagai perguruan tinggi pendidikan yang memiliki spesialisasi keolahragaan, UPI mempunyai infrastruktur lengkap untuk Tim Garuda. Selain lapangan sepak bola, tersedia pusat kesehatan dan sains olahraga. Selain itu, situasi lingkungan kampus nyaman untuk berlatih.

Para pemain timnas nantinya juga bisa tinggal di hotel yang berada di sekitar UPI. "Ini penting untuk sepak bola Indonesia. Timnas bisa berlatih 24 jam, tidak perlu menyesuaikan waktu tertentu seperti kalau menumpang tempat lain," tutur Zainudin Amali.

Menpora memastikan PSSI bisa menggunakan fasilitas UPI Bandung kapan saja sampai federasi merasa cukup. Zainudin secara pribadi menjamin hal tersebut dan mengatakan Rektor UPI Solehudin sudah memberi izin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Tim Nasional Indonesia merupakan hasil seleksi pemain-pemain sepakbola terbaik berkebangsaan Indonesia
    Tim Nasional Indonesia merupakan hasil seleksi pemain-pemain sepakbola terbaik berkebangsaan Indonesia

    Timnas Indonesia

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Presiden Joko Widodo sudah memberikan nama Nusantara, kepada ibu kota negara baru di Kabupaten Penajam Paser Utara di Kalimantan Timur.

    Ibu Kota Nusantara

  • IKN

  • PSSI