Sukses

Tour of Kemala Belitong Diikuti Pembalap Luar Negeri, Peserta Dibatasi 600 Orang

Balap sepeda Tour of Kemala Belitong hanya bisa diikuti 600 peserta. Pendaftaran dibuka sejak 3 Agustus 2022.

Liputan6.com, Jakarta- Yayasan Kemala Bhayangkari akan menggelar balap sepeda bertajuk Tour of Kemala Belitong pada 17-18 September mendatang. Ajang ini akan diikuti peserta dari luar negeri juga.

Tour of Kemala Belitong dilangsungkan di Kepulauan Belitung. Penggunaan nama Belitong sengaja dilakukan karena ingin mengangkat bahasa lokal di Belitung.

Pendaftaran peserta Tour of Kemala Belitong sudah dibuka sejak Rabu 3 Agustus 2022. Panitia hanya menyediakan tempat bagi 600 pembalap sepeda di Tour of Kemala Belitong.

Rinciannya 300 untuk kelas 125km yang diperuntukan bagi peserta profesional, baik nasional dan internasional. Slot 300 sisanya untuk kelas Bicycle Tour 56km yang dapat diikuti peserta non profesional.

Tour Of Kemala rencananya akan didaftarkan ke induk organisasi internasional olahraga sepeda UCI (Union Cycliste Internationale), sebagai bagian dari UCI Grandfondo.

"Mohon pengertiannya untuk para pecinta balap sepeda kami membatasi peserta hanya 600 orang saja karena melihat lokasi di Belitung dan demi kenyamanan para peserta jadi Tour Of Kemala Belitong tidak bisa diikuti ribuan peserta. Jadi peserta akan menikmati gowes yang sesungguhnya," Ketua Pengurus Pusat Yayasan Kemala Bhayangkari sekaligus Ketua Pelaksana Tour Of Kemala, Winny Agung Budi Maryoto.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Promosi

Tour of Kemala Belitong juga merupakan ajang mempromosikan keindahan alam Indonesia melalui kompetisi bersepeda bertaraf internasional di berbagai kota di Indonesia, merangsang aktivitas perekonomian pelaku UMKM di daerah-daerah sekaligus menjadi wadah bagi kegiatan bakti sosial.

Kegiatan ini direncanakan akan digelar setahun sekali dengan dukungan dari Pengurus Besar Ikatan Sepeda Sport Indonesia (PB ISSI). Jika tahun 2022 berlangsung di Belitung, Tour of Kemala berikutnya tak menutup kemungkinan akan diadakan di daerah wisata lain.

“Acara ini menjadi salah satu bagian dari olahraga pariwisata, yang dimaksudkan untuk mengangkat destinasi atau pun wisata yang ada di Kepulauan Belitung. Selain itu, untuk mendorong bangkitnya kembali semangat masyarakat setelah dunia pariwisata menghadapi banyak tantangan selama pandemi Covid 19,” kata Winny di Jakarta, Rabu (3/8/2022).

3 dari 4 halaman

Dari Luar Negeri

"Kita ingin masyarakat juga mengenal tempat wisata lain di Indonesia tak hanya Bali, Yogyakarta, Bandung saja. Nantinya Tour of Kemala bisa diadakan di daerah wisata lain yang belum terlalu terkenal," tutur Winny.

Peserta Tour of Kemala Belitong ini tak hanya dari dalam negeri. Sekjen ISSI Parama Nugroho mengaku sudah ada atlet dari Malaysia, Australia dan Filipina yang menyatakan akan ikut serta.

 

4 dari 4 halaman

Test Ride

Test Ride Tour of Kemala telah diadakan diarea Pantai Tanjung Tinggi, Belitong, Jumat (29/7/2022) mulai pukul 06:30 WIB. Ajang ini diikuti Ketua Umum Bhayangkari Juliati Sigit Prabowo, Ketua Pelaksana Tour of Kemala Winny Agung Budi Maryoto, perwakilan komunitas sepeda dengan menempuh rute sepanjang 56KM.

Test ride Tour of Kemala sebagai selebrasi awal untuk membangkitkan semangat warga Belitong, menyatukan para pegiat olahraga sepeda dari beberapa komunitas sepeda nasional seperti untuk melakukan tes rute dan pemanasan sebelum acara puncak pada September.

Wakil Sekjen PB ISSI Adex Yudiswan menyatakan pihaknya siap memberikan dukungan untuk kompetisi sepeda bertaraf internasional ini. "Kami sangat mengapresiasi semangat Kemala Bhayangkari untuk menyelenggarakan Tour of Kemala dan memberikan dukungan 100% demi kesuksesan kompetisi sepeda ini," katanya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.