Sukses

Juara MMA Eropa Tolak Tawaran UFC, Pilih Gabung ONE Championship

Soldic sendiri yang mengumumkan resmi bergabung dengan ONE Championship pada Selasa (2/8/2022).

Liputan6.com, Jakarta- Salah satu petarung MMA terbaik di Eropa Roberto Soldic membuat keputusan berani. Dia memilih menandatangani kontrak dengan ONE Championship meski juga sempat mendapat tawaran dari UFC.

Soldic sendiri yang mengumumkan resmi bergabung dengan ONE Championship pada Selasa (2/8/2022). Pria asal Kroasia itu mengungkapkan keputusannya dalam acara The MMA Hour yang dipandu Ariel Helwani.

Segudang prestasi yang dimiliki Soldic membuatnya diincar banyak pihak saat berstatus sebagai petarung bebas agen. Dalam sesi wawancara tersebut, ia menjelaskan mengapa memilih untuk bergabung dengan organisasi seni bela diri terbesar di dunia.

“Bagi saya ini adalah kesempatan yang lebih baik. ONE adalah organisasi [seni bela diri] terbesar di dunia. Anda tahu sendiri apa yang terjadi saat para bintang UFC pergi ke ONE. Mereka kalah, tak bisa memenangi sabuk ONE Championship,” ungkap Roberto Soldic.

“Hal ini membuat saya ingin menjadi petarung yang berbeda. Saya ingin mencoba dan merebut sabuk yang gagal diraih para petarung UFC. Mereka tidak mampu [bersaing] di sana. Saat saya menyaksikan ajang ONE secara langsung, saya melihat pertarungan striking dan grappling yang berbeda,” lanjutnya.

Ia merujuk pada fakta bahwa para mantan juara UFC seperti Eddie Alvarez dan Demetrious Johnson mendapat kesulitan berarti saat berkompetisi melawan para atlet ONE Championship.

Contohnya, sebagai mantan pemilik gelar UFC dan Bellator, Eddie Alvarez baru bisa meraih satu kemenangan dalam empat laga di ONE. Bahkan, ia harus menerima kekalahan TKO telak pada ronde pertama dalam debutnya dengan muka penuh luka.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tertantang

Soldic merasa jika tantangan di ONE berada pada level tertinggi yang bisa menguji kualitasnya untuk menjadi petarung terhebat di dunia.

Sebelum bergabung dengan ONE, petarung berjuluk “Robocop” ini adalah pemilik sabuk juara divisi welterweight dan middleweight di Konfrontacja Sztuk Walki (KSW), salah satu organisasi MMA terbesar di Eropa.

Saat ini, ia menyandang rekor 20-3 dengan tingkat penyelesaian 90 persen. Artinya, hanya dua kemenangan yang ia raih lewat putusan juri.

Selain itu, sebelum terjun ke dalam MMA, ia juga mencatatkan rekor 4-0 dalam tinju. Banyaknya disiplin yang ditawarkan ONE Championship seperti Muay Thai dan Kickboxing juga menjadi daya tarik sendiri bagi petarung berusia 27 tahun ini.

3 dari 3 halaman

Kesempatan

“Saya juga telah menghadiri banyak ajang UFC, dan ONE adalah hal yang spesial dan juga berbeda. Seni bela diri sejati. Jadi, saya ingin mencoba organisasi ini dan saya akan coba merebut semua sabuk,” ujarnya.

“Hanya Chatri Sityodtong (CEO ONE Championship) yang memberi saya kesempatan untuk menjadi seorang juara sejati dalam seni bela diri,” ungkapnya.

Belum ada kepastian kapan Soldic akan menjalani debut di ONE, tetapi nama-nama besar pemilik sabuk telah menantinya seperti Reinier de Ridder, Kiamrian Abbasov, hingga Ok Rae Yoon.

Terdekat, ONE akan menggelar ONE 160 pada Jumat (26/8/2022) yang mempertemukan Ok Rae Yoon dengan Christian Lee. Dua nama ini bisa menjadi lawan potensial bagi Soldic di waktu mendatang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.