Robert Lewandowski Buru-buru Terbang ke Munich Usai Tur Pramusim Barcelona, Ada Apa?

Oleh Marco Tampubolon pada 02 Agu 2022, 19:30 WIB
Diperbarui 02 Agu 2022, 19:30 WIB
Robert Lewandowski Resmi Diperkenalkan Barcelona
Perbesar
Robert Lewandowski dan Presiden Barcelona Joan Laporta mengadakan konferensi pers saat diperkenalkan sebagai pemain baru Barcelona di Fort Lauderdale, Florida, Rabu (20/7/2022). Presiden Barcelona Joan Laporta adalah salah satu tokoh penting di balik kedatangan Robert Lewandowski ke Blaugrana.(Marco BELLO / AFP)

Liputan6.com, Jakarta Robert Lewandowski membuat berang para petinggi Bayern Munchen. Untuk meluruskan permasalahan ini, pemain asal Polandia tersebut sampai terbang ke Jerman usai mengikuti pramusim Barcelona.

Sebelumnya, dalam wawancara dengan salah satu media di Amerika Serikat, Lewandwoski yang telah berseragam Barcelona sempat menjelek-jelekkan manajamen Bayern Munchen. Pada kesempatan tersebut, Lewandowski membeberkan FC Hollywood yang menurutnya sangat sarat aroma politik.

Kepada ESPN TV, Lewandowski juga mengaku apa yang dihadapinya dalam beberapa pekan terakhir sebelum pindah juga tidak lepas dari politik. Saat itu, manajemen menurutnya tengah berusaha mencari pembenaran terkait penjualan dirinya kepada Barcelona agar bisa diterima suporter. 

"Apa yang terjadi pada minggu-minggu terakhir sebelum saya meninggalkan Barcelona juga bersifat politis. Klub mencoba mencari cara untuk membenarkan penjualan saya karena mungkin sulit untuk menjelaskannya kepada fans," beber pria berusia 33 tahun itu seperti dilansir dari Marca. 

Dia juga mengatakan, terlalu banyak kebohongan yang diampaikan Bayern Munchen soal kepindahannya. Meski demikian, Lewandowski mengaku tetap akan mendukung tim asal Jerman itu. 

Pernyataan ini tentu saja membuat berang para petinggi Bayern Munchen, termasuk Direktur Olahraga, Hasan Salihamidzic. Dia tidak habis pikir dengan apa yang telah disampaikan Lewandowski. 

Dan menurut laporan Bild, mantan pemain Borussia Dortmund itu pun berusaha meluruskan masalah ini. Dia segera terbang ke Jerman, tidak lama setelah menyelesaikan tur pramusim dengan Barcelona.

"Saya sedang berada di Munich dan dia tentu saja akan datang ke sini," kata Salihamidzic.

"Saya belum bisa memahami apa yang dikatakannya dalam beberapa hari terakhir," bebernya. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Pindah ke Barcelona

Foto: Gol Tunggal Raphinha Bawa Barcelona Menang atas Real Madrid di Laga El Clasico Pertama Musim 2022 / 2023
Perbesar
Pemain Barcelona, Robert Lewandowski (kiri) berusaha menembakkan bola melewati pemain Real Madrid, Eder Militao saat pertandingan persahabatan antara Real Madrid melawan Barcelona di Stadion Allegiant, Las Vegas, Amerika Serikat, Minggu (24/07/2022) pagi WIB. (AFP/Frederic J. Brown)

Setelah 8 musim memperkuat Bayern Munchen, Lewandowski memutuskan pindah ke Barcelona. Lewandowski diboyong ke Camp Nou dengan harga yang diperkirakan mencapai 45 juta euro.

Selama 8 musim di Bayern, Lewandowski menjadi ujung tombak yang mematikan. Dia telah membantu FC Hollywood memenangkan berbagai gelar domestik dan satu trofi Liga Champions.  

Tidak mudah bagi Lewandowski pindah ke Barcelona. Negosiasi sempat berlangsung alot sebelum manajemen Bayern Munchen akhirnya memberikan lampu hijau kepadanya untuk hengkang. 

 

 


Debut Bersama Barcelona

Foto: Polandia Bukan Cuma Lewandowski, Ini Dia Daftar 5 Striker Polandia yang Kini Merumput di Kompetisi Eropa
Perbesar
Striker asal Polandia, Robert Lewandowski baru saja berpindah klub dari Bayern Munchen menuju Barcelona di bursa transfer musim panas 2022/2023. Selain Robert Lewandowski, Polandia juga tercatat menyumbang 5 strikernya merumput bersama klub-klub Eropa menjelang bergulirnya musim 2022/2023, meski levelnya masih di bawah Lewandowski. Berikut kelima striker tersebut. (AFP/Getty Images/Eric Espada)

Lewandowski resmi diumumkan sebagai pemain baru Barcelona pada 20 Juli lalu. Pria berpostur 185 cm itu dikontrak empat tahun dengan nilai pelepasan kontrak yang mencapai harga 500 juta euro.  

Setelah mendapat lampu hijau, Lewandowski langsung bergabung dengan Barcelona menjalani tur pramusim di Amerika Serikat. Dia kemudian menjalani debut tak resminya bersama Blaugrana pada laga uji coba melawan musuh bebuyutan, Real Madrid di Las Vegas, AS, Minggu (24/7/2022). 

Lewandowski tidak mencetak gol dalam laga ini. Hanya saja, dia tampil cukup nyaman bersama Barcelona dan beberapa kali mampu melepas tendangan keras yang merepotkan kiper Los Blancos. 

 


Mudah Beradaptasi

Foto: Daftar 5 Penjualan Pemain Termahal dari Klub Liga Jerman Sepanjang Sejarah, Robert Lewandowski Tak Masuk Hitungan
Perbesar
Robert Lewandowski baru saja dilepas Bayern Munchen di bursa transfer musim panas 2022/2023 menuju Barcelona. Nilai transfernya sebesar 45 juta euro merupakan yang tertinggi dalam deretan penjualan pemain dari Liga Jerman musim 2022/2023, namun tidak termasuk dalam 5 penjualan termahal Liga Jerman sepanjang sejarah berikut ini. (AFP/Frederic J. Brown)

Usai laga, Lewandowski mengaku sudah langsung beradaptasi dengan Barcelona. Dia mengaku tidak terlalu bingung dengan gaya bermain Blaugrana dan seperti sudah lama bermain untuk tim tersebut.   

 

"Saya sangat senang ada di sini dan menjadi bagian tim ini. Saya tak merasa sudah di sini untuk beberapa hari. Saya merasa sudah berbulan-bulan di sini. Saya merasa didukung oleh rekan-rekan saya dan staf," ujar Lewandowski kepada Barcelona TV. 

Lewandowski meyakini adaptasinya dengan Barcelona bakal mudah. Soalnya gaya main Barca sudah sesuai dengan gaya main dirinya.

"Saya berkembang secara perlahan, saya merasa senang ada dalam tim karena saya melihat rekan-rekan saya juga senang saya di sini," katanya.

"Adaptasi saya bakal mudah karena Barcelona itu tim yang selalu main menyerang dan cetak banyak gol."


Merasa Senang

Lewandowski juga merasa senang lakoni debut di El Clasico. Meski pramusim, dia senang Barcelona bisa menang 1-0 atas Madrid di Las Vegas.

"Meski ini laga persahabatan, Clasico tetaplah clasico. Ini selalu berbeda dan spesial. Kami senang dengan kualitas dan intensitas yang kami tunjukkan," kata Lewandowski.

"Kami selalu berpikir soal menang. Kami punya kesempatan untuk menatap ke depan dan saya pikir ini bakal jadi musim yang hebat."

 

Infografis Stadion Piala Dunia 2022
Perbesar
Infografis Stadion Piala Dunia 2022. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya