Sukses

Prabowo Subianto Beri Apresiasi atas Sukses Indonesia di Kejuaraan Dunia Pencak Silat

Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia (PB IPSI) Prabowo Subianto memberi apresiasi tinggi atas kesuksesan wakil Indonesia di Kejuaraan Dunia Pencak Silat. Pasalnya, skuad Merah Putih diketahui sukses menyabet predikat juara umum usai mengoleksi total 11 medali emas di ajang tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia (PB IPSI) Prabowo Subianto memberi apresiasi tinggi atas kesuksesan wakil Indonesia di Kejuaraan Dunia Pencak Silat.

Seperti diberitakan sebelumnya, penggawa Merah Putih berhasil menyabet predikat juara umum dalam 19th World Pencak Silat Championship yang berlangsung di Melaka International Trade Centre (MITC), Malaysia, pada 25–31 Juli 2022.

Hasil positif itu diperoleh usai tim pencak silat Indonesia dinobatkan sebagai peraih gelar terbanyak di ajang tersebut, dengan torehan total 28 medali, yang terdiri atas 11 medali emas, 9 medali perak, dan 8 medali perunggu.

“Saya mengucapkan rasa hormat saya kepada seluruh atlet yang sudah menyelesaikan kejuaraan ini dengan keberanian, sportivitas, dan semangat pendekar pencak silat. Selamat kepada para juara dalam kompetisi ini,” kata Prabowo saat memberikan sambutan penutupnya pada Minggu (31/7/2022), seperti dilansir dari rilis yang diterima Liputan6.com.

”Terima medali atau tidak, Anda semua pemenang karena pencak silat bukan hanya soal menang atau kalah, melainkan soal membela yang benar, membela yang baik, membela yang lemah. Pencak silat memegang nilai kemanusiaan,” sambungnya.

Prabowo menuturkan bahwa pencak silat pada dasarnya merupakan olahraga yang mengutamakan nilai persaudaraan, persahabatan, dan perdamaian. Oleh karena itu, ia menilai seluruh atlet yang tampil dalam Kejuaraan Dunia Pencak Silat layak disebut telah memberikan komitmen pada kemanusiaan.

“Anda semua di sini, dari berbagai belahan dunia, mengorbankan diri Anda, membuktikan komitmen Anda untuk kemanusiaan, perdamaian, dan persaudaraan. Ini adalah nilai sebenarnya dari pencak silat: persaudaraan, persahabatan, perdamaian,” tuturnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Negara Peserta

Sebagai informasi, Kejuaraan Dunia Pencak Silat ke-19 diikuti oleh sejumlah pesilat dari 22 negara, yang terdiri atas Indonesia, Malaysia, India, Vietnam, Bangladesh, Brunei Darussalam, Laos, Filipina, Singapura, dan Thailand.

Terdapat pula beberapa negara lain, termasuk mereka yang berasal dari luar Benua Asia seperti, Kanada, Jerman, Belanda, Inggris, dan Amerika Serikat serta Uzbekistan, Kazakhstan, Iran, Azerbaijan, Pakistan, Aljazair, dan Kyrgyzstan.

Indonesia merupakan negara kedua yang mengirim wakil terbanyak dalam The 19th World Pencak Silat Championship 2022. Kontingen Merah Putih tercatat diwakili oleh 37 pesilat.

Jumlah ini tertinggal satu angka dari Vietnam, yang mengirim 38 wakil. Sementara itu, Malaysia selaku tuan rumah hanya menurunkan 36 atlet, sama dengan India yang juga mengirim perwakilan dengan jumlah serupa serupa.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Hasil Kejuaraan Dunia Pencak Silat 2022

Berikut adalah daftar pesilat Indonesia yang sukses menyumbangkan medali dalam Kejuaraan Pencak Silat ke-19 di Malaysia.

Medali Emas

1. Puspa Arumsari (Tunggal Putri)

2. Syarief Hidayatullah (Solo Kreatif Putra)

3. Safira Dwi M (B Putri)

4. Jeny Elvis (C Putri)

5. Atifa Fismawati (D Putri)

6. Pipit Kamela (E Putri)

7. Bayu Lesmana (<45 Putra)

8. M. Yachser (C Putra)

9. Aji Bangkit (Open 2 Putra)

10. Suci Wulandari (<45 Putri)

11. Khoirudin Mustakim (A Putra)

4 dari 4 halaman

Selanjutnya

Medali Perak

1. Puspa Arumsari (Solo Kreatif Putri)

2. Ririn Rinasih dan Riska Hermawan (Ganda Putri)

3. Asep Yuldan Sani, Rano Slamet Nugraha, dan Anggi Faisal Mubarok (Regu Putra)

4. Fransiska Sandra (H Putri)

5. Nia Larasati (G Putri)

6. I Kadek Wahyu (G Putra)

7. Rangga Andika (J Putra)

8. Hanifan Y. K. (D Putra)

9. Iqbal Chandra P. (F Putra)

 

Medali Perunggu

1. Anom Wiraguna dan Nyeneng Jaya Wiguna (Ganda Putra)

2. Riva Hijriah, Riana Oktavia, dan Eny Tri Susilowati (Regu Putri)

3. Eko Febrianto (Open 1 Putra)

4. Syapik Abizenna (E Putra)

5. Abdul Malik (B Putra)

6. Fransiska Sandra Dewi (Open 1 Putri)

7. Dyah Purnama Sari (F Putri)

8. Dinda Nuraidha (A Putri)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.