Sukses

Hasil Piala AFF U-16 2022: Timnas Indonesia Hajar Filipina, Bima Sakti Kurang Puas

Timnas Indonesia seharusnya bisa menang lebih dari dua gol atas Filipina pada laga perdana Grup A Piala AFF U-16 2022 jika mampu memaksimalkan peluang di babak kedua.

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia mengalahkan Filipina 2-0 pada laga Grup A Piala AFF U-16 2022 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Minggu (31/7) malam WIB. Kedua gol skuat berjuluk Garuda Asia tercipta akibat bunuh diri kapten Filipina Jared Pena dan sumbangan dari penyerang Arkhan Kaka Purwanto.

Meski menang, pelatih Timnas Indonesia U-16 Bima Sakti mengaku kurang puas. Menurutnya, Arkhan Kaka dan kawan-kawan seharusnya bisa mencetak gol lebih banyak jika mampu mamanfaatkan peluang di babak kedua.

Setelah jeda, Timnas Indonesia U-16 setidak-tidaknya mempunyai dua kesempatan emas, yakni dari Arkhan Kaka dan Ji Da-bin. Arkhan tak bisa memasukkan bola meski tinggal berhadapan dengan gawang kosong di menit ke-56 setelah menerima bola pantul yang mengenai tiang.

Sementara Ji Da-bin gagal memanfaatkan bola liar pada menit ke-68 yang sebelumnya juga membentur tiang gawang, "Peluang-peluang itu seharusnya dimanfaatkan, tak terbuang sia-sia," kata Bima Sakti usai pertandingan seperti dikutip dari Antara.

"Sayang kami hanya bisa mencetak dua gol. Namun, yang penting kami menang," imbuhnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cepat kehilangan bola

Bima Sakti menilai anak-anak asuhnya memang terlalu cepat kehilangan bola terutama setelah turun minum.Arkhan Kaka dan kawan-kawan terlihat tidak tenang sehingga tidak mampu memaksimalkan kesempatan.

Hal itu pun membuat Filipina sempat memiliki kesempatan-kesempatan yang berbahaya. Tapi, dia memaklumi situasi tersebut karena pertandingan menghadapi Filipina adalah laga internasional perdana bagi semua pemainnya.

"Semua pemain ini baru pertama kali bermain di level internasional. Namun, kami tentu harus mengevaluasi hal ini. Masih ada jeda dua hari sebelum laga kedua," tutur pemain timnas Indonesia era 1990-an itu.

Dengan hasil ini, Timnas Indonesia menduduki posisi kedua klasemen sementara Grup A Piala AFF U-16 2022. Meski sama-sama mengantongi tiga poin, Indonesia kalah produktivitas gol dari Vietnam yang menang 5-1 atas Singapura di hari yang sama.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 3 halaman

Lawan berikutnya

Timnas Indonesia selanjutnya akan menghadapi Singapura pada laga kedua Grup A Piala AFF U-16 2022. Laga ini akan dimainkan di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, pukul 20:00 WIB.

Pada hari yang sama, mulai pukul 15.00 WIB, Filipina akan menghadapi Vietnam di di Stadion Sultan Agung, Bantul.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini