Sukses

Indonesia Diharapkan Juara Umum ASEAN Para Games 2022

APG 2022 sudah resmi dibuka oleh Wapres pada Sabtu (30/7/2022). Indonesia mengirim atlet terbanyak di APG 2022. Gelar juara umum diharapkan bisa diraih.

Liputan6.com, Jakarta- ASEAN Para Games 2022 telah resmi dibuka pada Sabtu (30/7/2022). Pembukaan dilakukan Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia KH Ma'aruf Amin di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah.

Upacara pembukaan ini dimeriahkan penampilan kesenian dan kebudayaan Jawa. Penampilan kesenian dan kebudayaan ini mampu memukau kontingen yang berasal dari 11 negara, serta seluruh penonton yang hadir menyaksikan langsung.

Uniknya, parade kontingen juga diiringi karakter wayang Indonesia. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pun turut hadir di pembukaan APG 2022, didampingi istrinya Siti Atiqoh.

Pada upacara pembukaan tersebut, Ganjar juga berkesempatan tampil bersama komedian Dodit Mulyanto dan musisi Endah Laras. Mereka menyuguhkan sandiwara komedi yang sukses membuat gemuruh tawa dari para penonton.

Kemudian, mereka melanjutkan penampilan dengan membawakan lagu Bengawan Solo milik maestro Gesang. Ganjar tampak menabuhkan gendang, sementara Dodit Mulyanto dan Endas Laras mengiringi dengan lantunan biola dan kentrung.

"Bagus. Upacara pembukaannya meriah sekali. Tadi dibawakan penampilan-penampilan kesenian dan kebudayaan kita menurut saya ini bagus," ujar Ganjar usai acara, Sabtu (30/7/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tema

Adapun perhelatan ASEAN Para Games 2022 kali ini mengusung tema Striving For Equality aau Berjuang Demi Kesetaraan. Pelaksanaannya dimulai pada hari ini hingga 6 Agustus mendatang dengan mempertandingkan 14 cabang olahraga.

Selaku tuan rumah, Indonesia mengirimkan atlet terbanyak dengan berkekuatan 324 atlet, diikuti Thailand 303 atlet, kemudian Vietnam 119 atlet, Kamboja 112 atlet, Filipina 144 atlet, Malaysia 70 atlet, Myanmar 69 atlet, Singapura 37 atlet, Laos 37 atlet, Timor Leste 15 atlet, dan Brunei Darussalam 13 atlet.

3 dari 3 halaman

Harapan

Ganjar mengharapkan, para atlet mampu memberikan hasil yang terbaik bagi bangsa dan negara. Sehingga, gelar juara umum yang diraih Indonesia pada ASEAN Para Games Malaysia 2017 mampu dipertahankan.

"Sukses selalu untuk semua yang bertanding besok terutama atlet-atlet Indonesia ya luar biasa persiapannya juga sudah oke, mudah-mudahan kita bisa juara lagi tahun ini," ucap Ganjar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.