Sukses

Maskot FIBA World Cup 2023 JIP Resmi Diluncurkan, Langsung Dipamerkan

FIBA dan ketiga tuan rumah langsung memperkenalkan JIP ke hadapan publik. Di Indonesia, perkenalan dan peluncuran resmi JIP dilakukan di Sarinah.

Liputan6.com, Jakarta- JIP baru saja diumumkan sebagai maskot resmi FIBA World Cup 2023. Sang robot bola basket ini langsung dipamerkan ke publik di tiga negara tuan rumah yakni Indonesia, Filipina dan Jepang.

Pengumuman nama maskot resmi Piala Dunia Basket 2023 dilakukan FIBA pada Kamis (28/7/2022). JIP merupakan akronim dari ketiga negara tuan rumah FIBA World Cup 2023 dalam bahasa Inggris.

FIBA dan ketiga tuan rumah langsung memperkenalkan JIP ke hadapan publik. Di Indonesia, perkenalan dan peluncuran resmi JIP dilakukan di Sarinah, Jakarta Pusat pada Sabtu (30/7/2022) sore WIB.

Direktur Eksekutif FIBA World Cup 2023 David Crocker menjelaskan bila JIP menjadi nama maskot yang paling banyak dipilih dari lima opsi nama yang lain oleh 100 ribu penggemar yang ambil bagian dalam jajak pendapat pemilihan nama maskot.

"JIP adalah akronim dari Jepang, Indonesia dan Filipina, tiga negara tuan rumah FIBA World Cup 2023. Tiga anak muda dari masing-masing negara merancang maskot robot yang penuh dengan semangat basket bersama, yang juga bertujuan untuk mengajak serta anak muda," terang David dalam peluncuran maskot FIBA World Cup 2023.

"JIP diharapkan dapat membuat dunia lebih baik lewat basket. Ini juga menandai 391 hari menuju FIBA World Cup 2023 di sini di Indonesia, kami sangat bersemangat untuk itu," lanjut David.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Filipina

Tak cuma David, peluncuran JIP dihadiri Menteri BUMN yang juga anggota FIBA Board Member, Erick Thohir, Menteri Perumahan Rakyat Basuki Hadimulyono, Ketum Perbasi Danny Kosasih hingga artis Raffi Ahmad dan putranya Rafathar.

JIP kemudian dipamerkan di halaman Sarinah. Masyarakat dapat melihat langsung robot bola basket tersebut dan berfoto bersama. Maskot Piala Dunia FIBA 2023 juga akan diperkenalkan di Filipina.

3 dari 3 halaman

Jepang

Para penggemar bola basket dapat bertemu dengan JIP di Mall of Asia Central Atrium, Manila, pada Minggu (31/7) mulai pukul 10.00 waktu setempat diikuti serangkaian kegiatan menarik termasuk aksi eksibisi Hype Streetball PH serta penampilan dari Eric 'Eruption' Tai, DJ Patty Tiu dan band kenamaan setempat Sponge Cola sekira pukul 14.30 waktu setempat.

Bagi mereka yang di Jepang, JIP akan muncul sebagai bintang tamu dalam berbagai program televisi selama pekan-pekan mendatang serta menghadiri acara Hitung Mundur Setahun Piala Dunia FIBA 2023.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.