Sukses

Tour of Kemala: Ini Alasan Belitong Dipilih Gelar Edisi Perdana Kompetisi Sepeda Bertaraf Internasional

Tour of Kemala Belitong 2022 akan digelar pada September. Selain mencari bibit-bibit baru, kompetisi sepeda bertaraf internasional ini diharapkan mampu mengangkat destinasi wisata di Belitong.

Liputan6.com, Belitong - Tour of Kemala, yang diinisiasi oleh Yayasan Kemala Bhayangkari ini, akan digelar September 2022. Belitong dipilih sebagai daerah yang menggelar kejuaraan sepeda bertaraf internasional untuk edisi perdana dengan tajuk Tour of Kemala Belitong 2022.

Ketua Pelaksana Tour of Kemala Winny Agung Budi Maryoto mengutarakan alasan kenapa daerah yang dikenal dengan Negeri Laskar Pelangi itu dipilih untuk menggelar edisi perdana kejuaraan sepeda ini.

"Kita melihat salah satu pulau yang memang mungkin terkena dampak Covid-19 yaitu Pulau Belitong. Kita juga sangat tahu keindahan pulau ini, jadi memang kami berencana untuk menyelenggarakan event perdana Tour of Kemala di Belitong," kata wanita yang juga menjabat ketua pengurus pusat Yayasan Kemala Bhayangkari itu.

"Selain itu, juga mengangkat destinasi atau pun wisata yang ada di Kepulauan Belitong. Karena, kita sudah tidak meragukan lagi keindahan alam di Belitong sehingga kami sepakat melaksanakan perdana di Belitong.

Rencananya, Tour of Kemala diproyeksikan menjadi agenda tahunan dan akan digelar di berbagai wilayah Indonesia. "Selain Belitong, kita akan berkomunikasi dengan PB ISSI sehingga bisa mengangkat salah satu wisata di Indonesia, yang mungkin bukan langganan tur tapi diangkat melalui event-event sepeda sehingga masyarakat tahu, Oh di sini bagus, 'indah'," ucap Winny.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tes jalan

Tour of Kemala telah melakukan tes ride pada 28-29 Juli 2022. Test ride dilakukan dengan menempuh jarak 125km dan 56km.

"Setelah kami melakukan test ride 125km dan 56km, Overall jalannya sangat baik serta kondisi jalan, baik itu lebar jalannya, masuk kriteria untuk melakukan race tingkat internasional," kata Wakil Sekjen PB ISSI Adex Yudiswan yang ikut dalam tes ride Tour of Kemala.

"Insya Allah nanti akan ada perbaikan-perbaikannya tentunya, sampai nanti menjelang September. Ssementara ini overall baik dan kami didukung oleh Pemda dan juga Polda dan beberapa instansi terkait," ujarnya menambahkan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 3 halaman

Keamanan dan perbaikan jalan

Terkait keamanan, Kapolda Kepulauan Bangka Belitung Irjen. Pol. Yan Sultra Indrajaya menyiapkan 650 personil agar kegiatan tersebut berjalan lancar. "Personil ini kita ambil dari Polres Belitung sama Belitung Timur, dan juga dari Bangka akan kami drop ke sini," katanya.

"Tentunya untuk rute-rute yang sudah ditentukan oleh panitia kita juga sudah survei juga mana simpang-simpang yang perlu diamankan."

Beberapa rua jalan, lanjut Yan Sultra Indrajaya, akan diperbaiki, dan pihaknya akan berkomunikasi dengan Pemerintah Daerah untuk memastikan perbaikan jalan selesai dilakukan sebelum ajang balap sepeda digelar.

"Akhir Agustus jalanan diharapkan semuanya sudah ready karena kita selain ini juga akan menghadapi G20. Jadi pengamanan itu tentunya kami sudah siap sebanyak 650 personil, tapi kalau panitia butuhkan lebih tentunya kami akan berkomunikasi," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini