Sukses

Hasil BRI Liga 1 2022/2023: Takluk dari PSM Makassar, Rekor Buruk Bali United dengan Juku Eja Kembali Berlanjut

Bali United kembali gagal menuai kemenangan atas PSM Makassar dalam laga pekan kedua BRI Liga 1 2022/2023. Skuad asuhan Teco takluk 0-2 dari Juku Eja. Hasil ini menambah panjang daftar kekalahan Serdadu Tridatu dari PSM Makassar.

Liputan6.com, Jakarta Bali United FC dan PSM Makassar telah melakoni laga pekan kedua BRI Liga 1 2022/2023 pada Jumat (29/7/2022) sore WIB. Bermain di Stadion Gelora BJ Habibie, Parepare, tim tuan rumah mampu menang atas Serdadu Tridatu dengan skor akhir 2–0.

PSM Makassar memang tampil menekan sejak awal pertandingan. Sejumlah peluang emas sanggup diciptakan oleh anak-anak asuh Bernardo Tavares. Akan tetapi, Juku Eja belum berhasil mengoyak gawang yang dikawal Nadeo Argawinata.

Di sisi lain, Bali United justru kesulitan mengembangkan pola permainan. Mereka tak kuasa menyeimbangkan kontrol dan dominasi PSM Makassar. Penggawa nya, Rizky Pellu, juga sarat akan peringatan dari wasit sepanjang laga.

Kebuntuan baru terpecah di menit ke-25. Tarikan Jajang Mulyana dalam kotak terlarang membuat Juku Eja mendapat hadiah tendangan penalti. Everton yang menjadi eksekutor sukses meloloskan bola dari penjagaan kiper Bali United. Alhasil PSM unggul sementara dengan 1–0.

Irfan Jaya nyaris mendapat peluang untuk menyamakan kedudukan pada menit ke-33. Sayangnya, pesepak bola berusia 26 tahun tersebut sudah berada dalam posisi offside.

Irfan tak berhenti membayangi gawang PSM Makassar semenit setelahnya. Ia kembali berkesempatan membuka angka pertama bagi Serdadu Tridatu, sebelum tembakannya membentur mistar gawang.

Bali United masih belum mampu memaksimalkan peluang mendekati akhir paruh pertama pertandingan. Skor 1–0 pun tak berubah hingga turun minum.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Babak Kedua

Serdadu Tridatu belum kunjung melesakkan bola ke ngawang Juku Eja di babak kedua. Meski sempat mengancam lini pertahanan PSM Makassar pasca turun minum, lesakan penggawa Bali United selalu mampu ditepis oleh Reza Arya Pratama.

Everton hampir menggandakan keunggulan Juku Eja pada menit ke-59. Beruntung upaya tersebut berhasil dinetralisir oleh Nadeo Argawinata. Kiper kelahiran 1997 itu dengan sigap mengamankan bola yang dilepas oleh anak asuh Bernardo Tavares.

PSM Makassar terus menciptakan peluang berbahaya di sekitar gawang Bali United. Pasukan Juku Eja akhirnya sanggup mencetak gol kedua di menit ke-90+3 lewat upaya Yakob Sayuri. Nadeo pun dibuat tak berdaya menyaksikan gawangnya jebol oleh PSM.

Tak ada lagi gol yang tercipta setelahnya. Pertandingan berakhir untuk keunggulan tim tuan rumah. Serdadu Tridatu lagi-lagi harus mengakui keunggulan Juku Eja atas skuadnya.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 5 halaman

Rekor Pertemuan

Anak-anak asuh Bernardo Tavares memang unggul dari segi head-to-head dalam lima laga terdahulu kontra Serdadu Tridatu. Meski berstatus sebagai juara bertahan Liga 1, Bali United jarang meraih kemenangan atas Juku Eja.

Pertemuan paling anyar mereka sebelum hari ini tersaji di Liga 1 musim lalu pada Senin (7/2/2022). Bali United kala itu hanya mampu bermain imbang 2–2, setelah sempat takluk 1–2 dari Juku Eja pada paruh kedua tahun 2021.

Catatan kurang memuaskan juga diraih Serdadu Tridatu di Liga 1 2019. Bali United, yang keluar sebagai juara kompetisi sepak bola kasta tertinggi Tanah Air, sempat dihadang dengan 0–1 oleh Juku Eja dalam pertandingan yang berlangsung pada Sabtu (23/11/2019).

Satu-satunya kemenangan Bali United atas PSM Makassar diraih pada Kamis (1/8/2019). Masihdalam kompetisi yang sama, Serdadu Tridatu unggul 1–0 atas PSM Makassar lewat gol Melvin Platje. Sayangnya pada 2018, Bali United pernah dibantai 0–4 oleh Juku Eja.

Hasil laga kali ini menambah panjang daftar kemenangan PSM Makassar atas Bali United. Serdadu Tridatu pun mau tak mau harus mencari cara untuk memutus catatan negatif ketika bersua kembali dengan Juku Eja.

4 dari 5 halaman

Susunan Pemain

Bali United: Nadeo Argawinata (PG), Ricky Fajrin, Willian Pacheco, Jajang Mulyana, I Made Andhika Wijaya, Rizky Pellu, Brwa Nouri, Eber Bessa, Irfan Jaya, Ilija Spasojevic, Privat Mbarga.

PSM Makassar: Muhammad Reza Arya Pratama (PG), Yance Sayuri, Yuran, Agung Mannan, Rizky Eka Pratama, Rasyid Bakri, Akbar Tanjung, Muhammad Arfan, Yakob Sayuri, Wiljan Pluim, Everton.

5 dari 5 halaman

Jadwal Pekan Kedua

Berikut adalah jadwal lengkap pertandingan pekan kedua BRI Liga 1 musim 2022/2023.

Jumat 29 Juli 2022

16.00 WIB: PSM Makassar vs Bali United FC

20.30 WIB: RANS Nusantara FC vs PSS Sleman

Sabtu 30 Juli 2022

15.30 WIB: Persib Bandung vs Madura United FC

18.15 WIB: Arema FC vs PSIS Semarang

18.15 WIB: Barito Putera vs Borneo FC

Minggu 31 Juli 2022

15.15 WIB: Persik Kediri vs Bhayangkara FC

15.30 WIB: Persija Jakarta vs Persis Solo

18.15 WIB: Dewa United FC vs Persikabo 1973

Senin 1 Agustus 2022

20.30 WIB: Persebaya Surabaya vs Persita Tangerang

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.