Sukses

Sebastian Vettel Pensiun dari F1, Tinggalkan Balapan Jet Darat Demi Keluarga

Balapan Formula 1 2022 bakal jadi penampilan terakhir Sebastian Vettel di ajang Formula 1 atau F1.

Liputan6.com, Jakarta Juara dunia empat kali Sebastian Vettel memutuskan pensiun dari ajang Formula 1 atau F1. Pembalap asal Jerman tersebut meninggalkan balapan jet darat agar memilih fokus pada keluarga.

Pengumuman ini disampaikan Vettel melalui akun Instagram-nya, Kamis (28/7/2022). Dalam penyataan tersebut, Vettel mengaku bahwa tujuan hidupnya kini beralih dari lintasan balap ke rumah.

"Dengan ini saya mengumumkan pengunduran diri saya dari F1 setelah musim 2022," ujarnya. 

"Saya mencintai olahraga ini, yang saya ingat ini adalah pusat hidupku selama ini," bebernya. 

"Namun seberapa besarnya kehidupan saya di atas lintasan, saya juga punya kehidupan di luar itu dan menjadi pembalap bukanlah identitasku satu-satunya," kata pria berusia 35 tahun itu menambahkan.

Sebastian Vettel telah menjadi pembalap Formula 1 sejak 2007 lalu. Sepanjang kariernya, Vettel berhasil memenangkan empat gelar juara dunia pada rentang waktu tahun 2010 hingga 2013.

Musim ini, Vettel memperkuat tim Aston Martin. Namun prestasinya tidak terlalu baik. Mantan pembalap Ferrari dan Red Bull tersebut hanya berada di urutan ke-14 klasemen pembalap F1.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fokus kepada Keluarga

Vettel menikahi teman masa kecilnya, Hanna Prater pada acara tertutup 2019 lalu. Hingga saat ini, keduanya telah dikaruniai tiga orang anak. Vettel pun ingin mencurahkan perhatiannya kepada mereka.

"Di samping balap, saya telah membentuk sebuah keluarga dan saya senang berada di sekitar mereka. Saya telah menumbuhkan minat lain di luar Formula Satu," kata Vettel menambahkan.

"Meneruskan nilai-nilai saya, membantu mereka ketika mereka jatuh, mendengarkan mereka ketika mereka membutuhkan saya, tidak harus mengucapkan selamat tinggal dan, yang paling penting, bisa belajar dari mereka dan membiarkan mereka menginspirasi saya," ujar Vettel menambahkan.

 

3 dari 4 halaman

Pemerhati Lingkungan

Di luar lintasan, Vettel dikenal sebagai sosok yang vokal menyuarakan isu-isu lingkungan dan kemanusiaan. Vettel ikut bergabung dalam gerakan pengumpulan sampah usai balapan. Pada bulan Mei lalu, dia sempat mengatakan  bahwa perubahan iklim membuatnya mempertanyakan profesinya.

Saat itu, dia ditanya apakah sikapnya terhadap lingkungan dan pemanasan global membuatnya seperti munafik, mengingat dia terbang keliling dunia untuk tim yang disponsori oleh raksasa minyak Saudi Aramco. "Ada pertanyaan yang saya tanyakan pada diri sendiri setiap hari dan saya bukan orang suci."

 

4 dari 4 halaman

Respons Pembalap F1

Keputusan Vettel meninggalkan balapan F1 tentu bakal meninggalkan kerinduan bagi para pencinta adu kebut jet darat tersebut. Vettel seperti diketahui menempati urutan ketiga dalam daftar pemenang sepanjang masa, di belakang juara tujuh kali Lewis Hamilton (103) dan Michael Schumacher (91), dengan 53 kemenangan. Kemenangan terakhirnya adalah bersama Ferrari di Monza pada 2019.

Rasa kehilangan juga dirasakan oleh sesama pembalap F1 lainnya. 

"Saya sangat sedih Anda pergi, tetapi pada saat yang sama bersemangat untuk Anda dan babak baru dalam hidup Anda," kata Mick Schumacher, seorang pengemudi Haas dan putra Michael Schumacher.

"Kamu telah dan masih menjadi orang yang penting bagiku dan aku berterima kasih atas persahabatan kita. Terima kasih atas semua yang telah Anda sumbangkan untuk olahraga yang kita berdua cintai, aku tidak sabar menunggu balapan terakhir kita bersama. Terima kasih, Seb — kamu adalah inspirasi."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.