Sukses

Tour Of Kemala 2022, Kompetisi Sepeda Bertaraf Internasional Akan Digelar di Belitong

Tour of Kemala 2022 digelar di Beliton dan jadi salah satu kompetisi sepeda bertaraf internasional.

Liputan6.com, Jakarta Edisi perdana kejuaraan balap sepeda bertajuk Tour of Kemala 2022 akan digelar di Belitong pada September 2022. Kompetisi bertaraf internasional ini diproyeksikan menjadi agenda tahunan dan digelar di berbagai wilayah Indonesia.

Yayasan Kemala Bhayangkari mempersembahkan Tour of Kemala. Kompetisi balap sepeda bertaraf internasional ini didukung penuh oleh Pengurus Besar Ikatan Sepeda Indonesia (PB ISSI) dan diproyeksikan menjadi agenda kegiatan tahunan dan dilaksanakan di berbagai wilayah Indonesia.

Tour of Kemala akan diadakan pertama kali di Belitung pada September 2022 dengan tajuk Tour of Kemala Belitong 2022. Ajang ini diawali dengan sederet kegiatan bakti sosial bagi warga masyarakat Belitung juga sesi Test Ride bersama komunitas sepeda pada Jumat, 29 Juli 2022.

"Tour of Kemala, kompetisi sepeda bertaraf internasional kami hadirkan pertama kali di Belitung dengan mengusung tema ‘Bersinergi untuk Negeri’. Tidak hanya untuk meningkatkan kecintaan pada olahraga sepeda dan mencari bibit atlet sepeda nasional, namun juga tujuan lebih luas yakni menarik pandangan mata Indonesia dan dunia ke Belitung, salah satu pulau terindah Indonesia dengan potensi wisata luar biasa serta produk UMKM lokal yang unggul, " kata Ketua Umum Bhayangkari Juliati Sigit Prabowo di Belitong, Jumat (28/7/2022).

"Harapan kami sangat besar, Tour of Kemala dapat membawa manfaat berlapis dan multisektor, tidak hanya bagi pecinta olahraga sepeda, namun juga masyarakat Belitung, " tambah wanita yang juga Ketua Pembina Yayasan Kemala Bhayangkari itu.

Ketua Pelaksana Tour of Kemala Winny Agung Budi Maryoto mengatakan: "Tour of Kemala dirancang hadir dengan standar internasional yang sepenuhnya mendapatkan dukungan PB ISSI dan dapat diikuti oleh peserta dari seluruh Indonesia maupun global."

"Kami memberikan perhatian penuh demi kesuksesan Tour of Kemala yang memiliki sederet rangkaian dari awal hingga akhir, seperti Test Ride, Mini Road gowes bareng di beberapa kota, serta didukung penyebaran informasi digital yang akan melibatkan audience media sosial sehingga dapat turut serta mempromosikan kegiatan ini secara intensif, " ujar wanita yang juga Ketua Pengurus Pusat Yayasan Kemala Bhayangkari itu melanjutkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Test Ride Tour of Kemala

 

Test Ride Tour of Kemala diadakan diarea Pantai Tanjung Tinggi, Belitong, Jumat (29/7/2022) mulai pukul 06:30 WIB. Ajang ini diikuti Ketua Umum Bhayangkari Juliati Sigit Prabowo, Ketua Pelaksana Tour of Kemala Winny Agung Budi Maryoto, perwakilan komunitas sepeda dengan menempuh rute sepanjang 56KM.

Test ride Tour of Kemala sebagai selebrasi awal untuk membangkitkan semangat warga Belitong, menyatukan para pegiat olahraga sepeda dari beberapa komunitas sepeda nasional seperti untuk melakukan tes rute dan pemanasan sebelum acara puncak pada September.

Wakil Sekjen PB ISSI Adex Yudiswan menyatakan pihaknya siap memberikan dukungan untuk kompetisi sepeda bertaraf internasional ini. "Kami sangat mengapresiasi semangat Kemala Bhayangkari untuk menyelenggarakan Tour of Kemala dan memberikan dukungan 100% demi kesuksesan kompetisi sepeda ini," katanya.

 

3 dari 3 halaman

Pre Event

 

Rangkaian kegiatan diawali Pre-Event Tour of Kemala pada akhir Juli 2022, dengan sederet acara bakti sosial yang lekat dengan karakter Yayasa Kemala Bhayangkari. Baktisosial dilakukan di berbagai titik lokasi, seperti operasi katarak, khitan masal, bantuan kelengkapan furnitur dan peralatan makan Panti Asuhan, vaksinasi, pengobatan gratis, pemberian makanan bergizi bagi keluarga anak penderita stunting dan pembagian sembako hingga peresmian MCK.

"Nantinya akan terdapat dua kategori yakni Bicycle Race 125km untuk peserta profesional nasional dan internasional, serta Bicylce Tour 56km yang dapat diikuti peserta non profesional dengan melakukan pendaftaran melalui website www.tourofkemala.com yang akan resmi dibuka pada 3 Agustus 2022."

"Untuk itu, kami melakukan sesi test ride demi persiapan maksimal bagi seluruh peserta yang akan hadir dan meramaikan Tour of Kemala Belitung," ucap Adex.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.