Sukses

Tour of Kemala Belitong 2022: Bersepeda Sambil Berbagi di Negeri Laskar Pelangi

Tour of Kemala Belitong 2022 yang digagas Yayasan Kemala Bhayangkari tidak hanya diisi dengan bersepeda, tetapi juga menggelar kegiataan kemanusiaan untuk masyarakat setempat.

Liputan6.com, Belitong - Tour of Kemala Belitong 2022 yang berlangsung di Negeri Laskar Pelangi tidak hanya diisi kegiatan bersepeda. Tetapi, ajang yang digagas oleh Yayasan Kemala Bhayangkari itu juga menggelar kegiatan kemanusiaan.

Seperti diketahui, setelah pandemi Covid-19 masyarakat masih sangat membutuhkan dukungan dari berbagai pihak untuk kembali bangkit. Mereka harus membenahi aktivitas hidup yang sempat terhenti kurang lebih dua tahun.

Karena itu, Yayasan Kemala Bhayangkari menghadirkan sejumlah kegiatan untuk mempromosikan keindahan alam Belitung sebagai destinasi wisata olahraga sepeda. Selain mencari bibit baru atlet sepeda, juga membantu kebangkitan ekonomi daerah.

Bakti Sosial Bhayangkari Peduli di Belitong juga dalam rangka Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari ke-70. Agenda sosial dilakukan Kamis, 28 Juli, atau sehari sebelum pelaksanaan Test Ride Tour of Kemala.

Bakti sosial itu di antaranya operasi katarak bagi 20 warga Belitong di RSUD Belitong. Selain itu, khitan massal 184 anak di Panti Asuhan Muhammadiyah Putra Anda dan bantuan kelengkapan furnitur serta peralatan makan.

Yayasan Kemala Bhayangkari juga menggelar vaksinasi, pengobatan gratis, pemberian bantuan kursi roda, dan pembagian sembako untuk masyarakat. Kemudian ada pembagian paket makanan bergizi bagi keluarga 10 anak penderita stunting.

Juliati Sigit Prabowo, sebagai Ketua Umum Bhayangkari sekaligus Ketua Pembina, memberikan langsung bantuan. Dia juga menghadiri langsung peresmian fasilitas MCK dan pemberian bubung kepiting untuk warga Juru Seberang serta pemberian bantuan peralatan maupun perlengkapan Posyandu Kemala.

Bakti sosial ini juga dilakukan dalam rangka mendukung strategi nasional percepatan penurunan stunting dan untuk mempercepat tercapainya target nasional. Sekadar informasi, target nasional menurunkan prevalensi stunting hingga 14% pada 2024 dari prevalensi stunting sebesar 27,67% pada 2019.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Test Ride Tour of Kemala Belitong

Setelah acara bakti sosial, kegiatan Yayasan Kemala Bhayangkari akan dilanjutkan dengan sesi Test Ride Tour of Kemala Belitong. Acara yang akan berlangsung pada Sabtu, 29 Juli.

Ajang ini dihadiri para pegiat olahraga sepeda dari beberapa komunitas sepeda nasional. Salah satunya adalah atlet para balap sepeda Muhammad Fadli Imammuddin.

"Sudah sering mengikuti event tapi jarang yang bakti sosial dipadukan dengan kegiatan balap sepeda. Mungkin ini bisa menjadi contoh buat penyelenggara acara balap sepeda yang lain nantinya," kata wakil Indonesia di cabang olahraga paracycling pada Paralimpiade Tokyo 2020 itu.

Kehadiran Fadli serta komunitas sepeda nasional diharapkan bisa memberikan angin segar maupun secercah kegembiraan bagi masyarakat Belitung. "Sehingga masyarakat ikut merasakan bahwa event ini adalah event bersama bukan event bagi pesepeda saja. Tapi, event bagi orang-orang penduduk sekitar ikut merasakan acara ini," ujar peraih satu emas, satu perak, dan satu perunggu dalam Asian Para Games 2018 itu.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.