Sukses

Cari Penerus Lindswell, Wushu Sumut Genjot Pembinaan Usia Dini

Sumut selama ini dikenal sebagai salah satu provinsi penyumbang atlet wushu Indonesia. Regenerasi terus dilakukan.

Liputan6.com, Jakarta Sumatera Utara terkenal sebagai salah satu provinsi penyumbang atlet wushu untuk Indonesia. Pengurus Provinsi Persatuan Wushu Indonesia Sumatera Utara (Pengprov WI Sumut) pun terus mengadakan pembinaan agar bisa mencetak bibit atlet wushu berbakat lagi.

Wushu Sumut akan menggelar 1st Indonesia Taijiquan Championships 2022 Master Supandi Kusuma Cup. Event ini rencananya digelar 22-28 Oktober 2022 di GOR Mini Futsal Dispora Sumut.

Ketua Umum Pengprov WI Sumut Darsen Song kepada wartawan di Medan, Kamis (28/7/2022) menjelaskan, pelaksanaan 1 st Indonesia Taijiquan Championships 2022 memperebutkan Piala Master Supandi Kusuma memang menjadi salah satu program kerja pihaknya.

Event ini, kata Darsen yang didampingi Ketua Panitia Harianto, berbeda dengan pelaksanaan kejuaraan atau event turnamen wushu yang selama ini digelar, karena khusus memperlombakan nomor Taiji, yang merupakan salah satu aliran dalam wuhsu. “Ini merupakan event wushu taiji pertama yang digelar di Tanah Air,” kata Darsen.

Pelaksanaan kejuaraan ini, jelas Darsen bersifat nasional. Artinya, peserta tidak hanya dari Sumut tapi diharapkan diikuti peserta dari berbagai provinsi. Kejuaraan ini selain untuk lebih memperkenalkan taiji kepada masyarakat, juga sebagai wadah pecinta taiji di tanah air berkompetisi.

Darsen mengaku terpanggil menggelar event ini, karena taiji yang boleh disebut sebagai rohnya wushu, sesungguhnya bagian yang tidak dapat terpisahkan dari wushu Sumut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Master Supandi

Hal ini karena pediri wushu Sumut yang juga salah satu pionir berdirinya Wushu di tanah air, yakni Master Supandi Kusuma adalah sosok yang tidak dapat dipisahkan dari wushu.

Master Supandi adalah putra asal Sumut yang totalitas berdarah taiji. Ia juga merupakan insan wushu yang paripurna, karena dirinya pernah menjadi atlet, wasit, pelatih taiji hingga membina wushu secara keseluruhan. Bahkan ia juga adalah penyandang gelar DAN VIII Wushu Internasional.

Master Supandi Kusuma jugalah sosok yang berhasil melahirkan jago-jago taiji nasional asal Sumut seperti Zainab, Dwi Arimbi, Lindswell Kwok, Fredy Wijaya dan Nicholas.

Totalitas Master Supandi Kusuma di wushu (taiji) itu pulalah yang membuat PB WI pimpinan Airlangga Hartarto menobatkan beliau sebagai Bapak Taiji Indonesia.

“Ditabalkannya titel event ini Master Supandi Kusuma Cup, juga adalah wujud apresiasi terhadap beliau atas jasa dan pengabdiannya membina wushu secara umum, khususnya taiji. Kami sudah bertemu dengan Master Supandi Kusuma menyampaikan maksud dan tujuan mengelar event ini. Kami bersyukur, beliau sangat mensuport dan mendukung. Ia berpesan, semangat wushu (taiji) tidak boleh padam, tapi harus terus dikobarkan,” tambah Darsen.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 3 halaman

Seluruh Indonesia

Ketua Panpel Harianto menambahkan, pihaknya kini terus melakukan persiapan demi sukses dan lancarnya pelaksanaan event ini.Dijelaskan, panitia bersama Pengprov WI Sumut, melalui PB WI juga sudah mengedarkan undangan serta memberi informasi ke seluruh Pengprov Pengprov WI se-Indonesia tentang rencana pelaskanaan kejuaraan ini.

Kejuaraan ini mempertandingkan wushu modern dan tradisional dengan berbagai jurus lomba dan kategori usia peserta putra dan putri (mulai usia di bawah 15 tahun hingga kelompok veteran).

Pendaftaran pesertanya sudah dibuka dengan cara mengirimkan email ke indotaiji2022@gmail.com atau langsung ke Sekretariat Panitia Yayasan Kusuma Wushu Indonesia Jalan Wushu Medan via Linda atau Young.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.