Sukses

Ingin Jadi Juara Umum, Indonesia Bidik 104 Emas di ASEAN Para Games 2022

Indonesia tidak hanya membidik kesuksesan selaku penyelenggara saat menggelar ASEAN Para Games 2022 di Solo. Kontingen Garuda juga membidik titel juara umum.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia tidak hanya membidik kesuksesan selaku penyelenggara saat menggelar ASEAN Para Games 2022 di Solo. Kontingen Garuda juga membidik titel juara umum.

Dengan kekuatan 324 atlet, Indonesia membidik 104 medali emas untuk mengamankan gelar tersebut.

Para atlet mengikuti 14 cabor yang dipertandingkan yakni para atletik, renang, tenis meja, bulu tangkis, blind judo, catur, sitting volleyball, sepak bola CP, angkat berat, panahan, boccia, goalball, basket kursi roda, dan tenis kursi roda.

Cabor atletik dan renang menyediakan medali emas terbanyak. Atlet Indonesia diharap dapat menunjukan kemampuan terbaiknya. Lumbung emas juga diharap dapat digali dari tenis meja dan bulu tangkis yang menjadi andalan kontingen Indonesia.

Ketua NPC Indonesia Senny Marbun yakin atlet Indonesia bisa mencapai target. Dia bicara ASEAN Para Games 2017 di Malaysia. Kontingen Indonesia keluar sebagai juara umum dengan meraih 251 medali (126 emas, 75 perak, dan 50 perunggu).

Tambang emas itu mayoritas didulang dari atletik (40 emas) dan renang (39 emas). Kemudian menyusul tenis meja (14 emas), bulu tangkis (8 emas) serta angkat besi (7 emas).

"Jelas kami sudah melakukan persiapan yang matang. Bukan hanya di dua cabor tersebut tapi seluruhnya. Belum lagi dukungan dari pemerintah atau Presiden Jokowi yang selalu memberikan perhatian," terang ketua NPC Indonesia Senny Marbun dilansir situs Kemenpora.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pengukuhan Atlet

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali sebelumnya mengukuhkan kontingen Indonesia di Pendapa Balai Kota Surakarta, Senin (25/7/2022). Hadir pula Menteri Sosial Tri Rismaharini.

Menpora Amali mengaku senang melihat motivasi para atlet begitu bergelora. Mereka bertekad berjuang dan menggapai medali yang didambakan.

"Target sudah jelas, yakni juara umum. Kami percaya dan berharap apa yang sudah diikrarkan, akan terealisasi. Karena kita di peringkat 43 dunia (hasil dari Paralimpiade 2020 Tokyo). Saya sepakat dengan hasil tangan dingin CdM (Andi Herman), yang membawa peringkat kontingen Indonesia meroket di Paralimpiade Tokyo,” kata Menpora Amali.

Zainudin Amali juga mengakui arahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) memang selalu diberikan. Dia berharap semua program yang dirancang untuk kesuksesan APG 2022 bisa berjalan sesuai yang diharapkan.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

 

3 dari 3 halaman

Pesaing Terbesar

Kepada atlet, Menpora Amali menyampaikan Indonesia menjadi tuan rumah dalam situasi yang serba mendadak. Karena seharusnya bukan kita. Tahun 2019 harusnya kita ikut di Filipina, terapi batal. Tahun 2022 harusnya di Vietnam, tetapi Vietnam tidak sanggup.

Oleh karena semua atlet harus berterima kasih kepada Pak Senny Marbun yang sudah berjuang agar Indonesia menjadi tuan rumah. "Atas perjuangan Ketua Umum NPC dan restu dari Presiden Jokowi, kita bisa menjadi tuan rumah dan memberi kesempatan atlet bisa bertanding. Oleh karenanya, saya berharap para atlet, pelatih dan tenaga pendamping berkonsentrasi penuh menghadapi pertandingan," ujar Menpora Amali.

Sementara itu CdM Kontingen Indonesia untuk Asean Para Games Solo 2022, Andi Herman menyampaikan kepada Menpora Amali bahwa, kondisi atlet saat ini dalam keadaan sehat dan siap untuk bertanding.

"Kita menargetkan bisa menjadi juara umum di Asean Para Games Solo 2022 dengan minimal memperoleh 104 medali emas. Saingan terdekat kita yakni, Thailand," kata Andi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.