Sukses

Pagar JIS Jebol saat Konser Musik Jelang Laga Persija Vs Chonburi FC

Pagar pembatas tribun di Jakarta International Stadium (JIS) roboh pada hari peresmian, Minggu (24/7/2022). Hal ini menyusul tingginya antusiasme suporter Persija Jakarta dalam perhelatan tersebut.

Liputan6.com, Jakarta Jakarta International Stadium (JIS) baru dibuka pada Minggu (24/7/2022). Akan tetapi, pagar pembatas tribun utara stadion sudah jebol oleh massa jelang laga pershabatan antara Persija Jakarta melawan Chonburi FC.

Seperti diketahui, acara grand launching JIS diawali dengan konser dari musisi-musisi ternama Tanah Air, mulai dari Kotak, Virzha, Dewa 19, hingga Setia Band. Tak lama setelah penampilan Dewa 19, pagar pembatas di tribun sebelah utara JIS mendadak jebol.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com di lokasi kejadian, bagian utara tribun sejak awal memang nampak lebih ramai dibanding sisi lainnya. Suporter yang memadati area itu bersemangat membentangkan spanduk untuk mendukung Macan Kemayoran.

Malang, antusiasme Jakmania berujung pada jebolnya pagar pembatas tribun. Seorang penonton yang jatuh saat kejadian tersebut lantas dibopong petugas ke area dalam.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan turut mengomentari insiden jatuhnya pagar dalam acara grand launching JIS pada Minggu (24/7/2022). Anies menilai kejadian itu tergolong wajar di tengah ramainya Jakmania yang berpartisipasi mendukung tim kesayangannya.

"Saya rasa tadi semangatnya sangat tinggi. (Insiden) ini (merupalan) proses belajar karena (kita) bertemu dengan segala macam tantangan. Ada istilah growing pain," kata Anies selepas acara pda Minggu (24/7/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hasil Persija vs Chonburi

Laga persahabatan antara Persija Jakarta melawan Chonburi FC menjadi partai puncak grand launching JIS. Pertandingan tersebut berakhir imbang, meski Macan Kemayoran tidak dilengkapi kekuatan penuh.

Kedua tim tampil cukup agresif sejak awal babak pertama. Kendati demikian, belum satu pun dari antara mereka yang mampu menciptakan gol. Kebuntuan baru terpecah pada menit ke-13. Taufik Hidayat mencatatkan namanya di papan skor sekaligus membuka angka pertama bagi tuan rumah.

Tak ingin tinggal diam, Chonburi FC balas mengoyak gawang Macan Kemayoran di menit ke-17 lewat lesakan Yoo Byung-soo. Pesepak bola asal Korea Selatan itu tak henti-hentinya membayangi lini belakang tuan rumah, hingga mencetak gol kedua di menit ke-27.

Persija Jakarta baru berhasil menyamakan skor ketika pertandingan sudah berjalan selama 40 menit. Tembakan Riko Simanjuntak mulus menembus gawang yang dikawal Sae Ear. Tak ada lagi gol yang tercipta setelahnya. Skor imbang 2-2 bertahan hingga turun minum.

Chonburi FC menambah satu angka di paruh kedua pertandingan. Macan Kemayoran pun ogah mengalah. Rico Simanjuntak menjadi bintang yang menyelamatkan muka tim tuan rumah. Pemain berusia 30 tahun itu mencetak gol ketiga, sehingga pertandingan berakhir seri 3-3.

3 dari 4 halaman

Homebase Baru

Sebagai informasi, Jakarta International Stadium (JIS) kabarnya bakal menjadi homebase baru bagi Persija Jakarta. Pihak terkait saat ini tengah mengurus proses administrasi ke PSSI.

"Ada masalah administratif yang harus diselesaikan. Kalau saya lihat, masalah itu bukan sesuatu yang tidak bisa ditangani oleh JakPro," ungkap Dirut Persija Ambono Janurianto mengenai pemindahan homebase Macan Kemayoran ke JIS, di Balai Kota Jakarta pada Sabtu (23/7/2022).

Dirut JakPro, Widi Amansto, menegaskan urusan administrasi yang tengah dikerjakan pihaknya bukan terkait bisnis. Hal itu betul-betul berkenaan dengan pengajuan izin JIS untuk menjadi homebase baru Persija.

"Beberapa administrasi yang memang harus kami selesaikan bukan masalah bisnis, tetapi administrasi biasa. Jadi ambil ini saja, bahwa kondisi sekarang bahwa pemain (Persija) itu harus steril dari para penonton tidak boleh nyampur karena berbahaya bagi pemain," pungkasnya.

4 dari 4 halaman

Tak Dihadiri Jokowi

Meski berlangsung meriah, acara peresmian Jakarta International Stadium (JIS) pada Minggu (24/7/2022) tak dihadiri oleh presiden Joko Widodo. Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono mengatakan Presiden Jokowi telah memiliki agenda lain di hari yang sama.

“Sudah ada kegiatan lain yang terjadwal sebelumnya,” jelas Heru saat dikonfirmasi awak media. Meski demikian, Heru membenarkan bahwa Istana sudah mendapat pemberitahuan mengenai acara tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.