Sukses

FIBA Asia Cup 2022: Bekuk Lebanon, Australia Pertahankan Gelar

Australia harus bekerja keras meredam Lebanon pada partai final FIBA Asia Cup 2022.

Liputan6.com, Jakarta- Australia keluar sebagai juara FIBA Asia Cup 2022. Boomers mempertahankan gelar usai menang tipis atas Lebanon 75-73 pada partai final di Istora Senayan Jakarta, Minggu (24/7/2022) malam WIB. 

Dengan demikian Australia selalu menjadi juara sejak ikut serta di Piala Asia 2017. Australia juga menjaga rekor 100 persen menang di Piala Asia menjadi 12 laga. 

Bagi Lebanon kekalahan ini membuat mereka menjadi spesialis runner-up di FIBA Asia Cup. Sudah empat kali Lebanon menelan kekalahan di final FIBA Asia Cup. Sebelumnya Lebanon kalah dari China pada 2001 dan 2005, serta Iran pada 2007.

Australia langsung tancap gas sejak kuarter pertama dimulai. Australia sudah unggul 10 angka di pertengahan kuarter dua lewat dunk dari Thon Maker.

Lebanon kesulitan mengimbangi Australia. Terlebih pemain andalan Wael Arakji mampu dimatikan Australia. Kuarter pertama berakhir 22-10 untuk Australia.

Di kuarter dua Lebanon sempat mengebrak dan memangkas jarak menjadi single digit lewat tembakan tiga angka Arakji. Lebanon mendekat saat Thon Maker disimpan di bangku cadangan.

Australia langsung memasukkan Thon Maker lagi. Hasilnya mereka kembali menjauh. Australia menutup kuarter dua dengan keunggulan 28-38.

 * Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Paruh Kedua

Di kuarter tiga, Australia langsung memperlebar keunggulan menjadi 15 angka melalui tembakan tiga angka Mitchell McCarron dan layup William McDowell-White.

Australia benar-benar tak memberi kesempatan Lebanon bangkit di kuarter tiga. Lebanon justru banyak melakukan kesalahan sendiri. Australia menutup kuarter tiga dengan 57-43.

Di kuarter terakhir, Lebanon mati-matian mengejar ketertinggalan lewat tembakan tiga angka. Namun setiap kali Lebanon mendekat, Australia sigap membalas juga dengan tembakan tiga angka. 

Usaha keras Lebanon baru membuahkan hasil di dua menit akhir. Mereka mampu mendekat menjadi tertinggal dua poin saja lewat aksi enerjik Arakji ketika laga tersisa 12 detik. 

Situasi semakin menegangkan. Australia menambah dua poin lewat free throw Tyrese Proctor. Lebanon makin mendekat menjadi hanya terpaut satu angka berkat tembakan tiga poin Arakji saat laga tersisa 8,7 detik. Namun Australia mampu mengamankan keunggulan dua poin berkat satu free throw Rhys Anthony Vague.

 * BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 3 halaman

Pemain Terbaik

Thon Maker kembali jadi bintang lapangan dengan membuat 14 poin. Dia juga dinobatkan sebagai MVP pertandingan final FIBA Asia Cup 2022. Kapten tim Mitchell McCarron menyusul dengan 12 angka.

Di kubu Lebanon, Wael Arakji jadi top skor dengan raihan 28 poin. Ali Haidar menyusul dengan sumbangsih 23 angka.

Meskipun kalah, pemain Lebanon Wael Arakji terpilih sebagai MVP FIBA Asia Cup 2022. Ia mengatakan, timnya telah berjuang keras menghadapi Australia yang merupakan salah satu tim tangguh dunia. Sebagai tim dari negara kecil yang kerap dilanda masalah, ia mengatakan timnya berjuang dan berhasil mencapai final meskipun akhirnya kalah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.