Sukses

Anak Buah Shin Tae-yong Jadi Mata-Mata di Training Camp Bali United

Jejakkan kaki di kawasan Trainin Center Pantai Purnama, asisten pelatih timnas Yoo Jae-Hoon membawa misi penting dari Coach Shin Tae Yong. Apa itu?

Liputan6.com, Jakarta - Siapa yang tidak mengenal seorang Yoo Jae-hoon? Seluruh pecinta sepak bola Indonesia pasti mengetahui kiprahnya. Namanya begitu harum sebagai salah satu kiper asing legendaris di kancah kompetisi nasional.

Memulai kariernya di sepak bola Indonesia bersama Persipura Jayapura pada tahun 2010, Yoo Jae-hoon berhasil tampil apik. Kiper asal Korea Selatan itu sukses mempersembahkan sederet prestasi, mulai dari dua gelar juaraIndonesia Super League (ISL) pada tahun 2010 dan 2013, Inter Island Cup 2010, dan Indonesia Soccer Championship A 2016 selama lima tahun membela skuad Mutiara Hitam.

Tidak hanya itu, gelar individu juga berhasil mengisi lemarinya. Salah satunya adalah sebagai kiper terbaik di ISL tahun 2013. Melihat gemerlap gelar yang berhasil diperolehnya, maka tidaklah mengherankan jika ia dianggap sebagai salah satu kiper asing tersukses di Indonesia.

Sederet klub besar di liga Indonesia pun pernah pemain berpostur 186 cm itu bela, salah satunya adalah Bali United. Orang kepercayaan dari pelatih Indonesia, Shin Tae-Yong menjadi penggawa Serdadu Tridatu pada tahun 2015 silam.

Namun, Semeton tidak sempat lama menyaksikan aksi heroiknya di bawah mistar. Sebab, pembekuan ISL pada tahun tersebut membuat kompetisi dihentikan.

Setelah sekian tahun meninggalkan Bali United, akhirnya pada tahun 2022 ini Yoo Jae-hoon kembali terlihat bersama Serdadu Tridatu. Bukan sebagai pemain, sebab dirinya sudah memutuskan pensiun pada tahun 2019 silam. Lantas apa yang dilakukannya?

Yoo Jae-Hoon terlihat mengunjungi fasilitas Training Center Bali United FC di Pantai Purnama, Gianyar plalu bersamaan dengan seleksi “The Next Gen Bali” hari kedua. Pria berusia 39 tahun itu melontarkan pujian begitu melihat indahnya pemandangan yang tersaji di hadapannya.

Seolah tidak ingin melewatkan momen, sosok kelahiran Ulsan itu langsung mengabadikannya melalui ponsel pintarnya. Tidak lupa, Yoo Jae-hoon langsung mengunggahnya ke media sosial miliknya.

Ia merasa kawasan Training Center ini bisa menjadi contoh yang baik bagi seluruh klub di Liga 1.

"Tadi saya sudah posting di Instagram pribadi juga dan memang sangat luar biasa. Beberapa hari lalu saya sudah inspeksi training center ini, sangat luar biasa. Dulu saya sempat berbicara dengan Pak Pieter tentang training center di Indonesia terbilang kurang dan bahkan tidak ada yang dimiliki klub pribadi," ujarnya dikutip dari laman resmi klub Bali United, Minggu (24/7/2022).

"Jadi, saya sendiri melihat mungkin ini pertama kali dan sejarah. Sangat luar biasa, tetap saya respek dan apresiasi untuk Bali United, semoga ini bisa menjadi contoh yang baik untuk seluruh klub di Indonesia," tambah assisten pelatih timnas Indonesia itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bawa Misi Penting untuk Timnas

Bukan hanya ingin sekadar mengagumi indahnya Pantai Purnama, ternyata Yoo Jae-hoon membawa misi penting dari Shin Tae-yong. Dia juga memantau bakat-bakat kiper yang ada di Bali.

"Saya ingin melihat pemain di posisi kiper. Ada beberapa rekomendasi pemain dari pelatih lokal lain. Jadi saya ingin melihat kualitas pemain di sini," jelas Yoo Jae-hoon.

Yoo Jae-hoon sendiri telah mengantongi beberapa nama kiper yang hendak diamati secara langsung. Di antaranya ada nama Made Putra Kaicen dan Komang Aryantara. Namun, ia menjelaskan bahwa masih perlu waktu lebih lagi untuk memantau bakat dan kualitas keduanya.

3 dari 4 halaman

Banyak Potensi Kiper Muda untuk Timnas

Melihat banyaknya kiper muda berbakat yang mengikuti seleksi, ia pun merasa senang. Namun, Yoo Jae-hoon merasa masih ada beberapa hal yang dapat ditingkatkan lagi oleh para penjaga gawang potensial ini.

"Mereka semua punya kemampuan, tetapi sayangnya postur kiper Indonesia rata-rata pendek, itu yang agak disayangkan. Coach Shin sendiri suka dengan kiper berpostur tinggi. Jadi saya akan tetap mencari kiper dengan postur yang bagus dan punya kemampuan," jelas Yoo Jae-hoon.

Tidak lupa, Yoo Jae-hoon turut menyampaikan harapan serta nasihat terbaik untuk para kiper potensial yang ada di Indonesia, khususnya di Bali. Ia berharap bahwa suatu hari nanti akan ada kiper asal Pulau Dewata yang dapat tampil bersinar bersama Timnas Indonesia.

4 dari 4 halaman

Berharap Bali Sumbangkan Banyak Pemain bagi Timnas

Bali sendiri dikenal sebagai salah satu daerah produsen kiper-kiper tangguh dan berkualitas di kancah sepak bola nasional. Sebut saja nama penjaga gawang I Made Wirawan, Kadek Wardana, hingga legenda seperti I Gusti Putu Yasa serta I Komang Putra.

"Saya sudah cukup lama menetap di Bali dan pernah membela Bali United juga. Maka dari itu saya berharap banyak anak-anak muda Bali jadi pemain terbaik dan bisa menjadi pilihan di timnas," harap Yoo Jae-hoon.

Kini, penerus kiper berkualitas asli Bali terlihat jelas pada duo penjaga gawang belia yakni Komang Aryantara dan Made Kaicen. Namun, mereka tentu masih mempunyai waktu panjang untuk semakin mematangkan kemampuan teknik serta mental untuk menjelma menjadi pemain top.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.