Sukses

BRI Liga 1 Resmi Bergulir, PSSI Imbau Penonton Tanpa Tiket Tidak Hadir di Stadion

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengimbau agar penonton tanpa tiket tidak hadir ke stadion selama pelaksanaan BRI Liga 1 2022/2023. Hal ini disampaikan langsung dalam konferensi pers sekaligus launching BRI Liga 1 musim ini yang dihelat pada Sabtu (23/7/2022).

Liputan6.com, Jakarta - Kompetisi sepak bola kasta tertinggi Tanah Air, BRI Liga 1 2022/2023, resmi bergulir Sabtu (23/7/2022). Laga PSIS Semarang vs Rans Nusantara FC menjadi pertandingan pertama yang mengawali ajang tersebut.

Sebagai informasi, BRI Liga 1 2022/2023 merupakan kali kedua Liga Indonesia diselenggarakan di tengah pandemi. Kompetisi ini sempat vakum selama lebih dari satu tahun, sebelum kembali diadakan pada periode 2021/2022.

Bali United sukses keluar sebagai kampiun BRI Liga 1 musim lalu usai merajai klasemen akhir dengan torehan 75 poin. Sementara itu, Persija Jakarta yang menyandang predikat sebagai tim tersukses dalam sejarah Liga Indonesia hanya mampu finis di urutan kedelapan.

Berbeda dari tahun sebelumnya, BRI Liga 1 musim ini bakal diramaikan dengan kehadiran penonton. Pemerintah telah memberi lampu hijau bagi pihak penyelenggara untuk membuka stadion bagi para pecinta sepak bola Tanah Air.

Kendati demikian, PSSI tetap mengimbau masyarakat tanpa tiket untuk tak hadir di lokasi pertandingan. Pasalnya, PSSI bersama PT LIB masih akan menerapkan peraturan ketat terhadap supporter yang menyaksikan laga secara langsung di stadion.

“Saya sampaikan kepada suporter, sekarang kita sudah bisa menonton (langsung) tim kesayangan dengan (kapasitas) minimal 75 persen sesuai dengan level PPKM di daerah tersebut. Bisa 100 persen kalau (daerah yang menjadi lokasi pertandingan menerapkan PPKM) level 1.”

“Saya berharap kepada suporter, tidak usah datang ke stadion kalau tidak ada tiket, karena nanti (kami akan bersikap) selektif berkaitan dengan siapa yang bisa duduk di stadion. (Suporter tanpa tiket) menonton saja dari rumah, kan semua ada tayangannya,” ujar Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dalam konferensi pers BRI Liga 1, Sabtu (23/7/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Antusiasme Penonton

PSSI dan LIB tak menampik bahwa antusiasme penonton jelang perhelatan BRI Liga 1 memang sangat tinggi. Trennya bahkan sudah terlihat sejak pelaksanaan Piala Presiden 2022. Kondisi ini tak lepas dari adanya kerinduan pecinta sepak bola Tanah Air untuk menyaksikan tim kebanggaannya.

“Dari Piala Presiden kemarin, sangat terlihat bahwa antusiasme penonton sudah tertahan lama, satu tahun lebih (penonton tidak menyaksikan kompetisi sepak bola Indonesia),” ungkap Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Akhmad Hadian Lukita.

“Saat (stadion) dibuka untuk penonton, itu sangat membludak. Bisa dibilang, semua pertandingan, terutama di kota besar dengan fans cukup besar, itu yang hadir atau yang berminat mungkin dua sampai tiga kali lipat (dari jumlah normal). Ini menjadi tantangan tersendiri buat kami.”

Kendati demikian, Akhmad Hadian Lukita menilai kehadiran penonton dalam BRI Liga 1 musim ini harus tetap ditata dengan baik. Antusiasme suporter tidak boleh ditahan. Namun, penyelenggara juga harus bisa mencegah terjadinya hal-hal yang tak diinginkan.

“Nanti di BRI Liga 1, itu juga harus ditata betul, karena antusiasme ini kalau ditahan bisa menjadi hal yang berisiko. Memang penataan di lapangan itu penting, kami juga (berupaya) mengamankan agar jangan ada hal-hal yang tidak diinginkan,” pungkasnya.

3 dari 4 halaman

Dukungan Polri

Polri juga menyatakan dukungannya terhadap pelaksanaan Liga 1 musim 2022/2023. Izin keramaian dan pengamanan pun siap diberikan demi memastikan kelancaran kompetisi.

“Polri menyatakan dukungannya terhadap pelaksanaan Liga 1 musim 2022/2023. Izin keramaian dan pengamanan siap dilakukan demi kelancaran kompetisi,” ujar Kabag Jianling Biro Jianstra Sops Polri Kombes Umar Surya Fana.

“Pengamanannya akan disesuaikan berdasarkan wiayah masing-masing. Semua Polres yang tempatnya menjadi lokasi pelaksanaan siap mengamankan kegiatan,” pungkasnya.

4 dari 4 halaman

Jadwal Hari Pertama Liga 1

Sejumlah klub papan atas Tanah Air akan melakoni laga perdana pada akhir pekan ini. Berikut adalah jadwal lengkap pertandingan Liga 1 musim ini, khusus Sabtu (23/7/2022).

15.00 WIB: PSIS Semarang vs RANS Nusantara FC

18.15 WIB: PSS Sleman vs PSM Makassar

18.15 WIB: Madura United vs Barito Putera

20.00 WIB: Bali United vs Persija Jakarta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.