Sukses

Profil Jesse Lingard: Terbuang dari MU, Berlabuh di Nottingham Forest

Jesse Lingard resmi menjadi pemain Nottingham Forest usai menandatangani kontrak satu tahun. Dia bergabung dengan status bebas transfer setelah kontraknya di MU berakhir Juni 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Jesse Lingard resmi bergabung dengan Nottingham Forest. Pemain berusia 29 tahun itu datang dengan status bebas transfer setelah kontraknya berakhir dengan Manchester United pada Juni 2022.

Dia dikontrak Nottingham Forest dengan durasi setahun. Klub yang kembali promosi ke Liga Inggris tersebut mengalahkan West Ham United yang juga ingin kembali menggunakan jasa Lingard.

Lingard pernah dipinjamkan MU ke West Ham pada paruh kedua musim 2020-21. Dia mencetak sembilan gol dalam 16 pertandingan untuk The Hammers di Liga Inggris.

Kembali ke Old Trafford, Lingard jarang dimainkan di bawah asuhan Ole Gunnar Solskjaer dan Ralf Rangnick musim lalu. Dia hanya memulai dua penampilan untuk Manchester United di Liga Inggris.

Setelah 22 tahun, Lingard akhirnya memutuskan berpisah dengan klub yang membesarkan namanya. Dalam kurun waktu itu, Lingard membuat 230 penampilan untuk Setan Merah dan mencetak 35 gol.

Lingard turut andil dalam membantu Man Utd memenangkan Piala FA dan Community Shield pada 2016. Dia juga membawa MU mengangkat trofi Piala Liga dan Liga Europa pada 2017.

Setelah Nottingham Forest mendapatkan tanda tangannya, berikut perjalanan karier Jesse Lingard hingga saat ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Akademi Manchester United

Lahir di Warrington, Inggris, 15 Desember 1992, Jesse Lingard bergabung dengan Akademi Manchester United pada 2000. Sebelumnya, dia bergabung dengan tim muda lokal Fletcher Moss Rangers dan Penketh United.

Lingard berkembang melalui kelompok umur dan merupakan bagian penting dari tim pemenang FA Youth Cup United pada 2010/11 bersama mantan gelandang MU Pual Pogba. Pemain yang berposisi gelandang serang itu kemudian menandatangani kontrak profesional pertamanya di akhir musim itu.

Manajer MU saat itu Sir Alex Ferguson memasukkan Lingard ke dalam skuat matchday untuk pertama kalinya pada November 2011 dalam laga Piala Liga melawan Crystal Palace di Old Trafford. Dia kemudian dipinjamkan ke Leicester City di musim berikutnya dengan membuat lima penampilan selama sebulan untuk The Foxes dan debut seniornya datang melawan Bolton Wanderers pada November 2012.

Lingard kemudian bergabung dengan Birmingham City untuk masa pinjaman lebih lanjut. Dia mencetak empat gol fenomenal pada debutnya melawan Sheffield Wednesday selama musim 2013-14.

Musim berikutnya Lingard dipinjamkan ke Brighton & Hove Albion. Dia menyumbang gol di empat kesempatan untuk membantu The Seagulls melaju ke play-off Championship.

Kembali ke Manchester United untuk musim 2014/15, gelandang serang ini menjalani debutnya di Liga Inggris untuk Setan Merah. Manajer MU saat itu Louis Van Gaal memasukkannya ke dalam starting XI untuk pertama kalinya melawan Swansea City pada hari pembukaan musim.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Kontrak jangka panjang

Musim terobosan Jesse Lingard untuk Manchester United datang pada 2015/16. Dia mencetak gol pertamanya untuk menghadapi West Brom pada November 2015. Dia kemudian tampil reguler 40 kali di semua kompetisi, termasuk saat mencetak gol kemenangan melawan Crystal Palace pada final Piala FA di Wembley.

Lingard kembali menjadi pencetak gol beberapa bulan kemudian di Wembley saat Setan Merah mengangkat trofi Community Shield menyusul kemenangan 2-1 melawan Leicester City. Dia kembali mencetak gol dalam kemenangan 3-2 melawan Southampton di Piala Liga Inggris pada Februari 2017.

Hanya beberapa bulan sebelum itu, tepatnya Oktober 2016, Lingard melakukan debut seniornya di timnas Inggris dalam kualifikasi Piala Dunia melawan Malta. Sebelumnya, dia mewakili negaranya hingga level U-21 dan terlibat banyak saat MU merebut trofi Liga Europa di akhir musim 2016/17 bersama Community Shield dan Piala Liga Inggris.

Sebuah kontrak jangka panjang baru didapat Lingard dan menjadi pemain reguler untuk MU. Karier di klub juga berimbas ke timnas Inggris dengan dipanggil untuk mewakili The Three Lions sebanyak 32 kali hingga memainkan peran kunci dalam perjalanan ke semifinal Piala Dunia di 2018.

Lingard membuat enam penampilan selama Piala Dunia. Dia mencetak satu gol dan mencatatkan dua assist.

 

4 dari 4 halaman

Setelah 22 Tahun

Selama musim 2018/19, Jesse Lingard menjadi pemain reguler di bawah asuhan manajer baru Manchester UnitedOle Gunnar Solskjær. Dia mencetak gol di akhir musim 2019/20 yang mengamankan tempat Man Utd dalam Liga Champions musim berikutnya.

Pada Januari 2021, Lingard bergabung dengan mantan manajer Manchester United David Moyes di West Ham United. Dia memainkan peran penting bagi The Hammers di paruh kedua musim itu, mencetak 9 gol dalam 16 penampilan sambil mencatatkan lima assist. Lingard meraih penghargaan Pemain Terbaik dan Gol Terbaik Liga Inggris pada edisi April.

Kembali ke Old Trafford, Lingard meninggalkan Setan Merah setelah 22 tahun bergabung dengan klub musim panas ini. Dia memilih Nottingham Forest sebagai klub barunya. Petualangan baru pun dibuat gelandang serang Inggris tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini