Intip Kekuatan Tim Pendatang Baru Persis Solo Liga 1 2022/23

Oleh Marco Tampubolon pada 22 Jul 2022, 20:00 WIB
Diperbarui 22 Jul 2022, 21:24 WIB
CEO Persis Solo, Kaesan Pangarep
Perbesar
CEO Persis Solo, Kaesan Pangarep didampingi pelatih Jacksen F Tiago dalam acara peluncuran skuad Persis Solo. (dok Persis Solo)

Liputan6.com, Jakarta Tim promosi Persis Solo bersiap menghadapi ketatnya persaingan Liga 1 2022/2023. Sebagai pendatang baru, tim yang dijuluki Laskar Sambernyawa itu bertekad untuk tidak sekedar pelengkap di kompetisi ini. 

Persis seperti diketahui naik ke Liga 1 setelah menjuarai kompetisi Liga 2 musim 2021/22. Ini menjadi kali pertama, Persis Solo kembali ke kasta tertinggi sepak bola Tanah Air dalam kurun waktu 14 tahun terakhir.

Sebanyak 41 pemain telah dipersiapkan Persis menghadapi Liga 1. Penampilan skuad Laskar Sambernyawa bakal dipimpin oleh duet pelatih gaek, Jacksen F Tiago dan Eko Purdjiantoro. Jacksen seperti diketahui telah memiliki segudang prestasi di sepak bola Indonesia baik sebagai pemain maupun pelatih. 

Di level manajemen, trio Kaesang Pangarep, Erick Thohir, dan Kevin Nugroho, siap membawa Persis menjadi klub yang lebih profesional. Berbagai gebrakan telah dilakukan untuk membenahi pengelolaan klub yang bermarkas di Stadion Manahan Solo tersebut, termasuk studi banding ke UEA. 

Perkenalan armada tempur Persis resmi dilakukan pada Kamis (20/7/2022). Dalam acara ini Persis juga secara resmi memperlihatkan jersey terbaru mereka. Dengan mengusung konsep Sambernyawa Bangkit, desain jersey home & away ini disebut-sebut memiliki beberapa makna mendalam di balik desainnya.

Pattern batik kawung pada permukaan jersey yang dominan diambil dari motif kursi yang berada di Stadion Manahan. Ini adalah  bentuk selebrasi atas kembalinya suporter ke dalam stadion. Hal ini juga sejalan dengan kebangkitan Laskar Sambernyawa, yang kembali ke kasta tertinggi sepak bola Indonesia.

Motif ini diaplikasikan dengan teknik rajut pada kain, atau dikenal juga dengan teknik jacquard knit. Lalu pada bagian kerah, pola jacquard flat collar knitting ditujukan untuk menambah kesan klasik dan elegan, sedangkan pola “V” pada bagian depan sebagai simbol dari victory atau kemenangan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Tim yang Kompetitif

Seragam baru Persis Solo
Perbesar
Persis Solo meluncurkan jersey terbaru yang digunakan pada Liga 1 2022/23 (dok Persis)

Pada bagian logo juga terdapat outline berwarna emas, yang disimbolkan pada harapan akan kejayaan. Sementara untuk sponsor, Persis bakal didukung oleh lima produk perusahaan ternama, yakni Free Fire, Aladin, dan Gurih, Vidio dan ID Express. Logo-logo sponsor tersebut ikut menghiasi jersey baru Persis. 

Dalam rilis yang diterima Liputan6.com, Persis berharap bisa membentuk tim yang kompetitif untuk bersaing di kasta tertinggi sepak bola Indonesia, sekaligus bisa melakukan terobosan progresif dari aspek pengelolaan klub. Persis ingin menjadi klub modern yang jauh lebih profesional di kemudian hari.

Aspek pembinaan talenta dan keseriusan untuk mengelola akademi juga menjadi target yang diharapkan bisa berbuah manis di masa depan. Maka dari itu, diperlukan kerjasama dan sinergi darie kosistem sepak bola yang ada di kota Surakarta, untuk membawa taji Sambernyawa agar kembali pada era kejayaan.

 

 


Kompisisi Tim Persis Solo

Jersey baru Persis Solo
Perbesar
Persis Solo meluncurkan jersey terbaru yang akan digunakan pada Liga 1 2022/23. (dok Persis)

Goalkeeper

Muhamad Riyandi, Gianluca Claudio Pandeynuwu, Pancar Nur Widiastono, Erlangga Setyo

Defender

Muhammad Abduh Lestaluhu, Eky Taufik Febrianto, Fabiano Da Rosa Beltrame, Rian Miziar, Yulius Aldi Pamungkas, Alfath Faathier, Kevin Gomes De Oliveria, Gavin Kwan Adsit,Andri Ibo, Ikhwan Ciptady Muhammad, Jaimerson Da Silva Xavier, Evans Aaron Michael, Muhammad Faqih Maulana, Dika Kuswardani

Midfielder

Arapenta Lingka Poerba, Mohammad Kanu Helmiawan, Michamad Shulton Fajar, ChrystnaBhagascara, Taufiq Febriyanto, Hamsa M Lestaluhu, Sutanto, Fikri Adriansyah, Moh.Rezham Baskoro, Alexis Nahuel Messidoro, Zanadin Fariz, M. Valeroen, Hugo Samir, AuliaRamadhan Lubis

Forward

Irfan Jauhari, Ferdinan Alfred, Samsul Arif, Ilham Fathoni, Gerard Artigas Fonullet, Irfan Haarys Bachdim, Sunawan Rusni, Althaf Indie Alrizky, Nadhif Girasta Kosasih


Jadwal Persis Solo

Sementara itu, pekan pertama Liga 1 2022/2023 bakal dimulai pada Sabtu (23/7/2022). Di laga perdana, Persis Solo akan berhadapan dengan Dewa United di Stadion Manahan Solo dua hari setelah pembukaan.

 

Jadwal Persis Solo

Senin (25/7/2022)

16.00 WIB: Persis Solo vs Dewa United

Infografis Journal
Perbesar
Infografis Journal: Fakta Fenomena Remaja Citayam di Fashion Week Sudirman (Trie Yasni/Liputan6.com)
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya