Sukses

Lifter Muda Indonesia Rizki Juniansyah Kembali Cetak Rekor di Uzbekistan

Lifter muda Indonesia Rizki Juniansyah berhasil mempertajam rekor angkatan snatch nya saat ikuti kejuaraan dunia di Uzbekistan

Liputan6.com, Jakarta Lifter muda Indonesia Rizki Juniansyah mengukir prestasi gemilang di Uzbekistan. Dia mempertajam rekor dunia angkatan Snatch pada Asian Youth & Junior Weightlifting Championship 2022 di Tashkent, Uzbekistan, Kamis (21/7/2022) malam.

Rizki Juniansyah, atlet angkat besi kelas 73 kg asal Serang, Banten, sebagaimana data yang diterima media di Jakarta, Jumat melakukan angkatan Snatch pertama dengan 149 kg, kemudian 154 kg dan terakhir memecahkan rekor dunia baru dengan 157 kg.

Selanjutnya pada angkatan Clean & Jerk, ia mampu mengangkat 182 kg. Rizki sempat mencoba 195 kg pada dua percobaan berikutnya guna pecahkan rekor dunia, namun belum berhasil. Adapun total angkatan Rizki seberat 339 kg.

Rekor dunia angkatan Snatch sebelumnya dicetak oleh Rizki Juniansyah sendiri pada Kejuaraan Dunia Angkat Besi Junior 2022 di Heraklion, Yunani 6 Mei lalu. Kala itu ia mencatatkan rekor Snatch dengan berat 156 kg.

Begitu juga dengan rekor angkatan Clean & Jerk dengan berat 194 kg dan total angkatan 349 kg juga masih atas nama Rizki Juniansyah yang diraih di Uzbekistan 26 Mei 2021.

Pada Asian Youth & Junior Weightlifting Championship 2022 di Tashkent, Uzbekistan, sudah lima atlet angkat besi Indonesia yang unjuk kemampuan dan mempersembahkan enam emas, 4 perak dan 5 perunggu. Saat ini, menurut laporan Pengurus Besar Perkumpulan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PB PABSI) masih menyisakan satu atlet yang bertanding.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Disambut KONI

 

Atas prestasi tersebut, Ketua Umum (Ketum) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman menyampaikan selamat dan apresiasi.

"Selaku Ketua Umum KONI Pusat, saya menyampaikan selamat kepada Rizki Juniansyah yang berhasil membuat Indonesia bangga melalui prestasinya, menjadi juara sekaligus pecahkan kembali rekor dunia junior pada angkat besi kelas 73 kg putra. Saya juga sampaikan selamat kepada atlet lainnya yang telah berjuang dan meraih prestasi gemilang," katanya seperti dikutip antara.

Tidak lupa Marciano juga berterima kasih kepada jajaran PB. PABSI yang dipimpin oleh Rosan Roeslani dan Sekjen Mayjen TNI Mar Purn Djoko Pramono beserta jajarannya. Dia senang karena PABSI selalu berhasil mengantar atlet Indonesia mengibarkan Merah Putih disertai dikumandangkannya lagu Indonesia Raya pada setiap kejuaraan.

3 dari 4 halaman

Torehan Sebelumnya

Indonesia kembali mendapat kabar baik dari Kejuaraan Dunia Angkat Besi Junior 2022 atau IWF Junior World Championship yang berlangsung di Heraklios, Yunani. Pada Jumat (6/5/2022) dini hari WIB, lifter Rizki Juniansyah sukses menjadi juara dunia junior kelas 73 kg.

Rizki Juniansyah mampu menyabet tiga medali emas kelas 73 kg. Tak sekadar meraih gelar juara dunia angkat besi, lifter asal Banten itu juga berhasil mempertajam rekor dunia pada angkatan snatch atas namanya sendiri. Pada kejuaraan dunia junior tahun lalu di Uzbekistan angkatan snatch Rizki mencapai 155 kg, kini menjadi 156 kg.

Sementara di angkatan clean and jerk, Rizki juga berhasil mengungguli lawan-lawannya dengan angkatan tertinggi yakni 185 kg. Total angkatan Rizki adalah 341 kg. Dia unggul jauh dibanding rival-rivalnya.

4 dari 4 halaman

Sudah Diprediksi

Keberhasilan Rizki Juniansyah memecahkan rekor dunia pada angkatan snatch sudah diprediksi sebelum berangkat menuju Yunani. Dalam latihan di Pelatnas, angkatan snatch Rizki terbiasa mengangkat beban seberat itu.

"Saya memang hanya menaikkannya satu kilo saja. Karena saya tidak mau terlalu 'ngoyo'. Mengingat, jarak antara kejuaraan dunia dengan SEA Games cukup dekat. Jadi saya tidak mau menghabiskan peak performance saya di kejuaraan dunia, " ujar Rizki Juniansyah dalam keterangan tertulis PB PABSI.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.