Sukses

FIBA Asia Cup 2022: Australia dan Selandia Baru Rebut Tiket Semifinal

Dua wakil Asia Timur tak berdaya di perempat final FIBA Asia Cup 2022 saat bersua Australia dan Selandia Baru.

Liputan6.com, Jakarta Tidak ada wakil Asia Timur di semifinal FIBA Asia Cup 2022. Jepang dan Korea Selatan menyusul China tersingkir di babak perempat final. Jepang dan Korea tak kuasa membendung Australia dan Selandia Baru pada Kamis (21/7/2022).

Pada laga yang digelar di Istora Senayan Jakarta itu, Jepang kesulitan mengimbangi Australia akibat cedera pemain andalan Yuta Watanabe. Pemain NBA dari Toronto Raptors itu absen akibat masalah di pergelangan kaki.

Tanpa Yuta, Jepang babak belur dan kalah 85-99. Jepang kesulitan mengimbangi bigman Australia yang diperkuat Thon Maker.

Laga ini jadi perang tembakan tiga angka. Kedua tim total melesakkan 36 tembakan tiga poin. Jepang membuat 20 kali. Namun Australia lebih baik di paint area sehingga memenangi duel ini.

Center eks Milwaukee Bucks Thon Maker jadi bintang kemenangan Australia dengan membuat double-double dahsyat 21 poin dan 13 rebound. Rhys Anthony Vague menyusul dengan 19 poin.

Di kubu Jepang, Keisei Tominaga yang tidak terlalu tinggi tampil sangat apik dalam urusan tembakan tiga angka. 8 kali tembakan jarak jauh diletakkan. Total Tominaga membuat 33 angka.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Korea

Sementara itu, Korea takluk 78-88 dari Selandia Baru. Pertemuan kedua tim sangat ketat hingga menit akhir kuarter keempat.

Selandia Baru merebut kuarter pertama dengan 26-23. Korea mengamuk di kuarter dua. Mereka bisa berbalik unggul enam angka saat jeda babak pertama.

Selandia Baru mengejar di kuarter tiga. Kedua tim sama kuat saat memulai kuarter empat. Di momen menentukan, Selandia Baru tampil apik.

Flynn Cameron menjadi pembeda di menit akhir. Dia membuat tujuh poin penentu lewat dunk, free throw dan tembakan tiga angka yang membuat Selandia Baru meninggalkan perolehan angka Korea hingga dua digit. 

 

3 dari 3 halaman

Cameron

Cameron finis dengan koleksi 22 poin disusul Takiula Fahrensohn dengan 16 angka. Di kubu Korea, pemain naturalisasi RA Guna menghasilkan 19 angka.

Selandia Baru dan Australia menyusul Lebanon dan Yordania yang sudah lebih dulu lolos ke babak semifinal FIBA Asia Cup 2022 sejak sehari sebelumnya. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.