Sukses

Profil 6 Venue Piala Dunia U-20, Dari SUGBK hingga I Wayan Dipta

Sebanyak 6 venue Piala Dunia U-20 sudah ditetapkan oleh FIFA. PSSI terus menggenjot persiapan agar ajang ini sukses dihelat 2023 mendatang.

Liputan6.com, Jakarta Venue Piala Dunia U-20 sudah dipastikan menggunakan enam stadion. Keputusan ini bahkan sudah tertuang dalam Keppres Nomor 8 2020 tentang Dukungan Penyelenggaraan FIFA U-20 World Cup 2021.

Hanya, akibat pandemi yang melanda dunia sejak 2020, event yang sejatinya digelar 2021 digeser. Alhasil, FIFA menetapkan ajang Piala Dunia U-20 digelar pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023.

PSSI selaku panitia pelasana, terus mengebut persiapan untuk kelayakan venue Piala Dunia U-20. Baru-baru ini, federasi bahkan mengantongi beberapa catatan dari FIFA yang melakukan

"Mudah-mudahan stadion sesuai harapan kami yakni enam venue tersebut," kata Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, pekan lalu.

Adapun, enam venue Piala Dunia U-20 yang sudah ditetapkan adalah Stadion Utama Gelora Bung Karno alias SUGBK (Jakarta), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), Stadion Jakabaring (Palembang), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya) dan Stadion I Wayan Dipta (Gianyar, Bali).

Usai menyambut kedatangan FIFA, PSSI nyatanya mengantongi sejumlah catatan dari tim verifikasi. Beberapa di antaranya perlu ada perbaikan yang signifikan.

"Stadion Si Jalak Harupat perlu diperbaiki, Jakabaring juga perlu renovasi sedikit, stadion di Bali pun demikian," kata Iriawan di Solo.

"Kalau Stadion Manahan bagus sekali, seperti SUGBK. Yang lain dalam kategori oke, ya," tuturnya menambahkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Profil Stadion Piala Dunia U-20

Berikut profil venue Piala Dunia U-20 2023:

Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK)

Stadion Utama Gelora Bung Karno menjadi satu venue utama yang dipilih PSSI untuk jadi venue Piala Dunia. Stadion ini berkapasitas 77,193 kursi tempat duduk dan bisa mencapai 100 ribu.

Fasilitas penunjang SUGBK bisa terbilang yang terbaik. Sebab, stadion yang sudah ada sejak 1962 ini sudah terverifikasi untuk sejumlah event olahraga selain sepak bola.

Beberapa event yang pernah digelar di SUGBK adalah Asian Games 2018 dan Kualufikasi Piala Dunia 2022.

Stadion Si Jalak Harupat (Bandung)

Stadion Si Jalak Harupat alias SJH jadi venue selanjutnya yang akan menjadi venue Piala Dunia U-20. Berlokasi di Bandung, Jawa Barat, venue ini sudah mendapat verifikasi oleh AFC.

Terkait infrastruktur, SJH terbilang stadion dengan akses yang ramah dijangkau. Terletak di Cibodas, Bandung, stadion ini bisa menampung 40 hingga 45ribu penonton yang hadir.

3 dari 5 halaman

Stadion Manahan dan Jakabaring

Stadion Manahan (Solo)

Stadion Manahan menjadi venue ketiga untuk Piala Dunia U-20. Terletak di Solo, stadion yang diresmikan 20 Februari 1998 ini sudah mendapat lampu hijau dari FIFA.

Berkapasitas 20 ribu kursi tempat duduk, Stadion Manahan juga sudah pernah menyelenggarakan event olahraga dunia. Pada 2011 silam, Asian Games pernah dihelat di stadion ini.

Stadion Jakabaring (Palembang)

Stadion Jakabaring sudah mendapapat predikat sebagai stadion bertaraf internasional. Sebab, beberapa event sepak bola dan olahraga lain pernah diselenggarakan.

Sebut saja Asian Games 2018. Pada ajang ini, beberapa cabang olahraga digelar di stadion yang terletak di Palembang Sumatera Selatan ini.

Berkapasitas 45 kursi tempat duduk, Stadion Jakabaring juga pernah melaksanakan event nasional sekelas PON pada 2004 silam.

4 dari 5 halaman

Venue GBT dan I Wayan Dipta

Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya)

Terletak di Surabaya Sport Centre, stadion dengan nama GBT ini menjadi salah satu venue dengan kapasitas tempat duduk yang mumpuni. Tercatat,ada 66 ribu kursi yang ada di stadion yang dijadikan markas klub Persebaya Surabaya ini.

Untuk fasilitas, GBT sudah memenuhi standar verifikasi penyelenggaraan pertandingan. Bebrapa di antaranya, lampu dengan 2.400 liks, rumput jenis zoysia japonica, dan punya lintasan lari atletik sepanjang 400 meter.

Setelah direnovasi selama masa pandemi 2021 lalu, GBT siap untuk menyelenggarakan pertandingan. Sejauh ini, tak ada catatan negatif dari PSSI.

Stadion I Wayan Dipta (Bali)

Venue terakhir yang menjadi lokasi Piala Dunia U-20 adalah I Wayan Dipta. Stadion milik Bali United ini juga masuk stadion dengan taraf internasional.

Sejumlah pertandingan kelas internasional sudah tersaji di kandang milik Bali United ini. Kualifikasi Piala Dunia, Piala AFC, dan Liga Champions Asia, sudah dimainkan di sini.

 

 

 

5 dari 5 halaman

Siaran Langsung Piala Dunia U-20

Emtek Group mendapat kesempatan untuk menyiarkan secara langsung pertandingan Piala Dunia U-20. Kejuaraan kelompok umur ini bakal berlangsung di Indonesia dan diikuti oleh timnas Indonesia pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023 mendatang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.