Profil Timnas Curacao, Calon Lawan Timnas Indonesia di FIFA Matchday September 2022

Oleh Theresia Melinda Indrasari pada 21 Jul 2022, 19:00 WIB
Diperbarui 21 Jul 2022, 19:00 WIB
Foto: Pratama Arhan Jadi Bintang Comeback Timnas Indonesia atas Timor Leste dalam Laga Uji Coba Pertama FIFA Matchday
Perbesar
Timnas Indonesia meraih kemenangan telak 4-1 atas Timor Leste usai tertinggal 0-1 terlebih dahulu dalam pertemuan pertama laga uji coba FIFA Matchday di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Bali, Kamis (27/1/2022). (Bola.com/Maheswara Putra)

Liputan6.com, Jakarta PSSI telah mengumumgkan tiga negara yang berpotensi menjadi lawan Timnas Indonesia di FIFA Matchday September 2022. Menurut laporan di situs resminya, PSSI tengah menjajaki kemungkinan untuk melakukan uji coba dengan Curacao, India, atau Hong Kong.

Dibanding dua nama terakhir, Curacao nampaknya masih asing di telinga masyarakat Indonesia. Pasalnya, timnas dari negara tersebut masuk dalam CONCACAF–konfederasi sepak bola wilayah Amerika Utara, Tengah, dan Karibia–sehingga jarang bersinggungan dengan skuad Garuda.

Curacao saat ini ditukangi oleh pelatih asal Belanda, Art Langeler. Tim berjuluk La Familia Azul itu sebelumnya pernah berada di bawah kendali eks manajer interim Chelsea Guus Hiddink dan mantan juru taktik akademi Ajax (Ajax Youth Academy) Patrick Kluivert.

Meski tak terlalu dikenal, Timnas Curacao punya catatan mentereng yang tak bisa dianggap remeh oleh publik sepak bola Tanah Air. Mereka sempat mencatatkan namanya sebagai juara Piala Karibia 2017 serta menjadi perempatfinalis Piala Emas CONCACAF edisi 2019.

Dilansir dari situs resmi FIFA hingga 23 Juni 2022, Curacao menempat peringkat 84, unggul dari Yordania dan Haiti. Timnas Curacao juga berada di posisi yang lebih tinggi dibanding dua calon lawan Indonesia lainnya, yakni India dan Hong Kong, yang masing-masing hanya bertengger di urutan 104 serta 145.

Kehadiran Timnas Curacao sebagai lawan Indonesia di FIFA Matchday September 2022 tak pelak bakal memberi peluang bagi Skuad Garuda untuk mendongkrak ranking FIFA. Apalagi, kedua tim saat ini berselisih cukup jauh dalam tabel peringkat. Skuad asuhan Shin Tae-yong diketahui hanya duduk di urutan ke-155.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Kendala

Timnas Curacao (AFP)
Perbesar
Timnas Curacao kemungkinan bakal sulit didatangkan ke Indonesia. Pasalnya sejmlah pemain dan ofisial belum menerima vaksin (AFP)

Sayangnya, Timnas Indonesia bakal menemui kendala untuk memboyong skuad Curacao ke Tanah Air. Sebabnya, beberapa pemain dari negara tersebut belum melakukan vaksin yang menjadi syarat untuk memasuki wilayah Indonesia.

“PSSI terus melakukan komunikasi dengan tiga negara itu (Curacao, India, dan Hong Kong),” ujar Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri, seperti dilansir Liputan6.com dari situs resmi induk sepak bola Tanah Air pada Kamis (21/7/2022).

“Akan tetapi untuk Curacao ada kendala sebab sebagian pemain dan ofisial belum melakukan vaksin. Padahal, salah satu syarat untuk masuk Indonesia (adalah) harus sudah vaksin,” sambung sosok yang pernah menjadi juru taktik Timnas Indonesia itu.


Jadwal FIFA Matchday

Foto: Gagal Bongkar Pertahanan Bangladesh, Timnas Indonesia Diimbangi Tanpa Gol dalam Laga Uji Coba FIFA Matchday
Perbesar
Starting line-up Timnas Indonesia berfoto sebelum dimulainya laga uji coba FIFA Matchday antara Timnas Indonesia menghadapi Bangladesh di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Rabu (1/6/2022) malam WIB. (Bola.com/M. Iqbal Ichsan)

Sebagai informasi, FIFA telah mengagendakan sejumlah laga uji coba bertajuk FIFA International Match Calendar. Adapun jadwal terdekat bakal berlangsung pada 19–27 September 2022, dengan frekuensi pertandingan maksimal dua kali untuk tiap-tiap tim.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan sebelumnya pernah berceletuk bahwa Skuad Garuda bakal menghadapi negara dari Amerika Latin di FIFA International Match Calendar mendatang. Lawan Tanah Air juga diharapkan berada di peringkat 80–100.

Menurut laporan, Timnas Indonesia dijadwalkan bermain di kandang dalam FIFA Matchday September 2022. Artinya, terlepas dari siapa pun lawannya, penggawa Merah Putih kemungkinan akan menjadi tuan rumah untuk perhelatan tersebut.


Timnas U-19

Selain FIFA Matchday September 2022, PSSI juga tengah menaruh perhatian pada Timnas Indonesia U-19. Shin Tae-yong menilai Garuda Muda saat ini butuh bantuan dari pemain naturalisasi sebagai persiapan menghadapi Piala Dunia U-20.

“Khusus untuk tim U-19, (kami) membutuhkan pemain baru, termasuk (dari) program naturalisasi. Ini harus dilakukan karena persaingan di Piala Dunia U-20 akan berjalan keras, ketat, dan berat, sehingga dubutuhkan pemain yang benar-benar siap dari sisi mana pun.”

“Saat tampil di Piala Dunia U-20, kita akan menghadapi tim dengan (pemain yang memiliki) postur tinggi dan kekar. Jadi, tentu di ti mini butuh pemain baru, termasuk pemain naturalisasi,” ujar pelatih asal Korea Selatan itu, seperti dilansir dari situs PSSI.

Infografis Shin Tae-yong Pelatih Baru Timnas Indonesia
Perbesar
Infografis Shin Tae-yong Pelatih Baru Timnas Indonesia (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya