Sukses

Jejak Keren Abdulla Yusuf Helal Sebelum ke Persija, Main Lawan Inter Milan dan Dortmund

Abdulla Yusuf Helal tampil saat Slavia menghadapi Inter Milan pada plaga perdana Grup F di Stadion Giuseppe Meazza, (17/9/2019).

Liputan6.com, Jakarta Persija Jakarta sudah melengkapi kuota pemain asing untuk mengarungi Liga 1 2022/2023. Teranyar, tim berjuluk Macan Kemayoran itu memboyong Abdulla Yusuf Helal. Dia pernah bermain melawan Inter Milan dan Borussia Dortmund.

Pemain asal Bahrain itu didaftarkan ke dalam skuad Persija untuk mengisi slot regional Asia. Dia diikat kontrak berdurasi tiga tahun, sama seperti tiga pemain asing lainnya.

Sebelumnya, Persija lebih dulu merekrut Ondrej Kudela, Michael Krmencik, dan Hanno Behrens.

Manariknya adalah, dua nama pertama di atas sama seperti Yusuf, bermain terakhir di Slavia Praha sebelum diangkut Persija.

"Saya senang akhirnya tim ini sudah komplet. Dia seorang pemain yang memiliki mentalitas tinggi," kata pelatih Persija, Thomas Doll soal kedatangan Yusuf.

Dengan pengalaman di Eropa, Thomas Doll berharap Yusuf bisa memberikan kontribusi maksimal di lini serang Persija. "Saya harap dia bisa menambah variasi serangan tim," katanya.

Sementara Yusuf menganggap keputusannya hijrah ke Indonesia sebagai kesempatan untuk mendapatkan tantangan dan level baru dalam karir sepak bolanya.

Yusuf meyakini dirinya bakal mendapatkan karier manis bersama Persija. Dia akan berusaha menunjukkan kemampuannya di hadapan pelatih Thomas Doll.

“Saya mendapatkan kenangan indah tentang Republik Ceko. Saya mengunjungi beberapa klub, dan bertemu banyak pemain dan pelatih yang baik. Saya berharap tetap berhubungan dengan beberapa pemain. Saya suka Republik Ceko,” ujar Yusuf, dilansir laman resmi tim.

“Ini (Persija) akan menjadi tantangan baru. Saya akan mengenal liga baru dan level sepakbola baru. Mungkin akan lebih mudah bagi saya, karena saya akan bertemu dua pemain dari Republik Ceko," ucapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Lawan Inter Milan dan Borussia Dortmund

Yusuf merupakan pemain Bahrain dan negara-negara Teluk pertama yang berpartisipasi di ajang Liga Champions.

Momen itu ia jalani saat memperkuat Slavia Praha di Liga Champions 2019/2020. Yusuf tampil saat Slavia menghadapi Inter Milan pada plaga perdana Grup F di Stadion Giuseppe Meazza, (17/9/2019).

Yusuf dimainkan pada 11 menit terakhir pertandingan. Sayangnya, keunggulan Slavia pada menit ke-63 melalui Peter Olayonka pupus pada masa injury time.

Inter Milan menyamakan kedudukan menjelang laga usai melalui Nicolo Barella. Laga pun berkesudahan 1-1.

Kemudian, Yusuf absen dalam empat laga fase grup selanjutnya karena cedera, termasuk kedua pertemuan kontra Barcelona dan laga pertama lawan Borussia Dortmund.

Ia baru merumput lagi di ajang Liga Champions ketika Slavia Praha kalah 1-2 saat bertandang ke markas Borussia Dortmund pada laga terakhir grup.

3 dari 5 halaman

Lewati Laga Vs Leicester City dan Arsenal

Berada di urutan ketiga babak grup, mebuat Slavia Prague terjun ke Liga Europa. Meski tak memulai dari babak kualifikasi, lawan-lawan yang dihadapi sejatinya cukup menantang.

Sebut saja Leicester City dan Rangers. Bahkan, usai mengalahkan dua klub tersebut klub yang dibela Yusuf Helal sukses mencapai quarter final dan bersua Arsenal.

Hanya, cedera yang menggerogotinya, membuat ia melewatkan enam rangkaian pertandingan.

 

4 dari 5 halaman

Main di Liga Europa

Semusim kemudian, Yusuf dipinjaman Slavia ke Slovan Liberec. Bergabung dengan klub Republik Ceko itu membuat Yusuf dapat merasakan bermain di Liga Europa.

Bahkan Yusuf mencetak gol pada debutnya di ajang tersebut, yakni laga Grup L kontra Gent.

Total, ia bermain dalam lima dari enam laga Liberec di kompetisi kasta kedua Eropa tersebut dengan hanya absen pada pertemuan pertama kontra Hoffenheim karena terpapar virus corona.

5 dari 5 halaman

Langganan Timnas Bahrain

Kenyang pengalaman di Eropa membuat Yusuf menjadi salah satu pilar kunci Timnas Bahrain. Tercatat, ia memulai karier di tim nasional sejak 2012.

Adapun, Yusuf Helal menjalani debut pada 15 Agustus 2012. Saat itu Bahrain menghadapi Azerbaijan takluk 0-3.

Sejak saat itu, namanya keluar masuk Timnas Bahrain. Sepanjang keikutsertaannya, Yusuf Helal sudah bermain di empat kompetisi elite seperti babak penyisihan Piala Dunia (9 kali), kualifikasi Piala Asia (6 kali), Piala Asia (5 kali), dan uji coba internasional (10 kali). Secara keseluruhan, Yusuf hela sudah bermain di 30 laga dan mencetak empat gol dan tiga assist.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.