Sukses

Skuad Mengerikan Timnas Portugal di Piala Dunia 2022, Bukan Cuma Ronaldo

Ronaldo memang menjadi sosok sentral di mana pun ia bermain. Namun, pemain bintang Timnas Portugal di Piala Dunia 2022 bukan hanya Ronaldo saja.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Portugal lolos ke Piala Dunia 2022 usai mengalahkan Makedonia Utara di final Play-off Jalur C Kualifikasi.

Bermain di Estadio do Dragao, (30/3/2022), Cristiano Ronaldo dan kolega menang dengan skor 2-0. Gol kemenangan Portugal diborong Bruno Fernandes pada kedua babak (32', 65').

Di Piala Dunia 2022 Qatar, Portugal tergabung di Grup H. Tim berjuluk Seleccao das Quinas itu bakal bersaing dengan Ghana, Uruguay, dan Korea Selatan.

Meski tidak pernah menjadi juara, Potugal merupakan salah satu tim yang disegani dan diperhitungkan di Piala Dunia. Apalagi ada sosok sang megabintang, Cristiano Ronaldo.

Ronaldo telah mencapai kesuksesan di level klub. Tim-tim raksasa Eropa seperti Real Madrid, Juventus dan Manchester United pernah dibawanya berprestasi.

Di Real Madrid, Ronaldo berhasil membantu meraih 15 trofi. Di antaranya empat Liga Champions, dua gelar LaLiga, 3 Piala Super Eropa dan lainnya.

Sementara MU berhasil dibawanya meraih 10 gelar. Rinciannya adalah tiga titel juara Premier League, dua titel juara Piala Liga Inggris, dua kali Community Shield, sekali Piala FA, sekali juara Liga Champions, dan sekali Piala Dunia Antarklub.

Di Juventus, Ronaldo berhasil meraih dua gelar juara Liga Italia dan juga dua trofi Piala Super Italia, ditambah satu Coppa Italia.

Segudang penghargaan individu juga telah ia raih. Dan yang paling fantastis adalah pemain berusia 37 tahun itu menorehkan lima gelar Ballon d'Or.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Piala Dunia Kelima dan Terakhir Ronalo

Lolosnya Portugal ke Qatar, akan membuat Ronaldo tampil di Piala Dunia untuk kelima kalinya secara beruntun sejak edisi 2006 silam.

Sebelumnya, Ronaldo sudah tampil dalam empat Piala Dunia beruntun, yakni 2006, 2010, 2014 dan 2018.

Dalam sepanjang mengikuti Piala Dunia, Ronaldo sudah memainkan 17 pertandingan. Dia berhasil mencetak tujuh gol dari penampilannya tersebut.

Secara total, Portugal menang enam kali, kalah lima kali dan seri enam kali di Piala Dunia dengan Ronaldo ada di tim.

Mungkin ini akan menjadi Piala Dunia terakhir bagi Ronaldo, mengingat usianya saat ini sudah menginjak 37 tahun.

3 dari 5 halaman

Bukan Cuma Ronaldo

Ronaldo memang menjadi sosok sentral di mana pun ia bermain. Namun, pemain bintang Portugal bukan hanya Ronaldo saja.

Pelatih Fernando Santos masih memiliki pemain-pemain seperti Bruno Fernandez, Bernardo Silva, Joao Felix, Diogo Jota.

Para pemain tersebut merupakan sosok penting di klubnya masing-masing. Bruno Fernandez bahu membahu dengan Ronaldo di MU.

Musim lalu dia menjadi andalan di lini tengah MU. Fernandes mencatatkan 46 penampilan di semua kompetisi dengan mencatatkan 10 gol dan 14 assist.

Di lini pertahanan ada bek veteran Pepe. Selain tangguh, dia juga dikenal ganas pada sama jayanya. Pepe beberapa sering melakukan pelanggaran-pelanggaran keras yang membuatnya disegani oleh lawan.

Pepe bakal berduet dengan tembok Manchester City, Ruben Dias. Bek 25 tahun ini menjadi jawaban kebutuhan Pep Guardiola akan bek tangguh sepeninggal Vincent Kompany.

Total dia telah mencatatkan 40 penampilan untuk City dengan sumbangan dua gol da empat assist.

 

4 dari 5 halaman

Bernardo Silva dan Diogo Jota

Bernardo Silva bukan penghangat bangku cadang untuk Manchester City. Kontribusinya sangat besar dan sangat diandalkan manajer, Pep Guardiola.

Sejak membela Manchester City pada 2017/2018, Silva telah mencatatkan 251 penampilan di segala ajang. Dia menyumbangkan 48 gol dan 51 assist.

Silva juga membantu City meraih empat gelar Liga Inggris, 1 Piala FA. 4 Piala Liga Inggris, dan 2 Community Shield

Begitu juga dengan Jota. semenjak kedatangannya pada awal musim 2021/2022, Jota langsung tampil mengerikan.

Catatan golnya pun menawan. Pemain berusia 25 tahun itu sudah mencetak 34 gol untuk Liverpool sekitar 1,5 musim.

Catatan gol tersebut nyaris melampaui torehan selama 3,5 musimnya di Wolverhampton sebanyak 44 gol. Tak heran, Jota kini percaya diri untuk bisa tampil lebih ganas di musim depan bersama Liverpool.

Musim lalu di seluruh ajang, Diogo Jota mampu mencetak total 21 gol. Ia berada sebagai pencetak gol terbanyak ketiga di skuad The Reds.

Torehan tersebut juga berjarak sepuluh gol saja dari Mohamed Salah sebagai top scorer klub yang mencetak total 31 gol di semua ajang untuk Liverpool.

5 dari 5 halaman

Jadwal Portugal di Piala Dunia 2022

Kamis, 24 November 2022

Portugal vs GhanaUruguay vs Korea Selatan

Senin, 28 November 2022

Portugal vs UruguayKorea Selatan vs Ghana

Jumat, 2 Desember 2022

Korea Selatan vs PortugalGhana vs Uruguay

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.