Sukses

Ini Penyebab Xavi Hernandez Sulit Dapat Izin Masuk AS untuk Dampingi Barcelona

Xavi Hernandez sempat dilarang masuk Amerika Serikat untuk mendampingi tur pramusim Barcelona.

Liputan6.com, Jakarta Pelatih Barcelona, Xavi Hernandez akhirnya bisa bernapas lega. Pria berusia 42 tahun itu akhhirnya mendapat lampu hijau untuk mendampingi timnya menjalani tur pramusim di Amerika Serikat.

Sebelumnya, Xavi sempat dilarang masuk Negeri Paman Sam. Visanya ditolak. Dan seperti dilansir dari Football Espana, aktivitas perjalanan Xavi selama menukangi tim Al-Sadd SC ternyata jadi biang keroknya.

Xavi seperti diketahui cukup lama menangani Al-Sadd. Dia bergabung dengan tim asal Qatar itu pada tahun 2015 lalu.

Awalnya, Xavi datang sebagai pemain. Namun pada 29 Mei 2019, jabatannya naik dan dipercaya menjadi manajer tim asal Qatar tersebut.

Sederet prestasi berhasil ditorehkan Xavi bersama Al Sadd. Dan selama empat tahun di sana, Xavi tidak jarang melakukan perjalanan hingga ke Iran untuk bertanding.

Nah, hal ini lah yang berlakangan membuat perjalanan Xavi ke AS tersendat. Maklum kedua negara ini dikenal tidak akur. Saat skuad Barcelona dan delegasi yang berjumlah 167 orang terbang ke Miami, Xavi justru tertahan oleh pertanyaan menit-menit terakhir pada wawancara mengenai visanya.

Akibatnya Xavi tidak bisa mendampingi pasukannya berlatih di AS. Bahkan Xavi tidak hadir saat Barcelona bertemu Inter Miami 6-0. Pada pertandingan tersebut, Blaugrana yang ditangani asisten Xavi, Oscar Hernandez tampil dengan sejumlah pemain baru dan berhasil menang telak 6-0, Rabu (20/7/2022).

Enam gol Barca, masing-masing dicetak oleh Pierre-Emerick Aubameyang (19'), Raphinha (25'),  Ansu Fati (41'), Gavi (55'), Memphis Depay (69'), dan Ousmane Dembele (70'). 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Persoalan Selesai

Beruntung, persoalan visa Xavi akhirnya bisa diselesaikan. Sport seperti dilansir Football Espana menyatakan, Xavi telah mendapat lampu hijau dari pemerintah Amerika Serikat. Rencananya, Xavi bakal menyusul para pemainnya ke Miami, Rabu (20/7/2022).

Tur Barcelona ke AS dijadwalkan menghabiskan waktu 17 hari. Setelah bertemu Inter Miami, tim asal Catalunya itu selanjutnya akan bertemu musuh bebuyutan Real Madrid. Dan bila tidak ada kendala, Xavi kemungkinan sudah bisa hadir pada pertandingan ini.

3 dari 4 halaman

Jadwal Pramusim Barcelona

Berikut jadwal pramusim Barcelona di Amerika Serikat:

20 Juli 2022: Inter Miami Vs Barcelona : 0-6

23 Juli 2022: Barcelona Vs Real Madrid (Allegiant Stadium, Las Vegas, AS)

27 Juli 2022: Barcelona Vs Juventus (Rose Bowl Stadium, LA)

31 Juli 2022: New York Red Bulls Vs Barcelona (Red Bulls Arena, New Jersey)

4 dari 4 halaman

Raphinha Gemilang

Sementara itu, salah satu pemain baru Barcelona, Raphinha tampil memukau melawan Inter Miami. Dalam duel ini, dia mencetak satu gol dan dua assist hingga membuatnya optimistis menatap musim baru.

Tampil di DRV PNK Stadium, Miami, Florida, Barcelona tidak memberi ampun kepada tim tuan rumah. Unggul materi pemain, Blaugrana mampu menang dengan skor telak 6-0.

Raphinha mencetak gol pada menit ke-25. Sementara lima gol lainnya dipersembahkan Pierre-Emerick Aubameyang (19'), Ansu Fati (41'), Gavi (55'), Memphis Depay (69'), dan Ousmane Dembele (70'). Selain satu gol, Raphihna juga sukses mencetak 2 assist.

"Sangat senang bisa mencetak gol pertama saya. Itu laga yang menyenangkan. Saya berusaha tampil bagus. Saya senang dan semoga ini bisa berlanjut," katanya.

Raphihna menjadi salah satu pembelian Barcelona pada bursa transfer musim panas ini. Pemain asal Brasil itu diboyong dari Leeds United pada 15 Juli lalu. Selain Raphinha, Barcelona juga baru saja mendapatkan Robert Lewandowski. Hanya saja, nantan pemain Bayern Munchen tersebut belum bisa bermain saat Barcelona bertemu Inter Miami. (Berita selengkapnya bisa Anda simak pada tautan ini)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.