Sukses

Incar Gelar Liga 1 2022/23, Persib Siap Tancap Gas Sejak Laga Perdana

Persib Bandung tidak ingin berkompromi dengan target musim ini. Maung Bandung mengincar gelar juara Liga 1 2022/2023.

Liputan6.com, Jakarta Persib Bandung memasang target tinggi pada Liga 1 2022/2023. Setelah gagal di Piala Presiden 2022, Maung Bandung bertekad untuk keluar sebagai juara pada kompetisi sepak bola tertinggi di Tanah Air. 

Tekad ini kembali disampaikan kepada seluruh anggota tim pada pertemuan Senin (18/7/2022), Pelatih Persib Robert Alberts memaparkan rencana sampai hasil yang harus diraih pada akhir musim nanti.

Seperti dilansir dari situs Liga Indonesia Baru, Persib sepertinya tidak ingin berkompromi. Target mereka sudah jelas, yakni juara Liga 1 2022/2023 yang musim lalu gagal dicapai. Misi ini sudah akan dimulai pada pertandingan pembuka melawan Bhayangkara FC, Minggu (24/7).

"Liga dimulai hari Minggu dan penting bagi kami untuk mempresentasikan ide dalam menghadapi liga kepada tim. Target kami cukup jelas, setelah berbicara dan berdiskusi, kami tidak berkompromi dan ingin menjadi juara, itu target utama kami,” ungkap Robert.

Meski musim lalu tercatat sebagai tim dengan jumlah kebobolan paling sedikit, Persib harus puas finish di posisi kedua di bawah Bali United FC. Musim ini, dengan mempertahankan mayoritas skuat inti, Robert merasa timnya akan mampu merealisasikan target juara.

“Kami berada di posisi kedua musim lalu dan menjadi tim dengan pertahanan terbaik. Itu tolok ukur kami (musim baru ini menargetkan lagi juara),” kata Robert.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kondisi Fisik Prima

Persiapan tim jelang kick off pertandingan pertama, Persib telah menggelar tes kebugaran, sampai uji coba. Dari hasil tes kebugaran bisa didapat level kekuatan fisik pemain cukup menggembirakan, disamping banyak pemainnya juga yang harus menepi karena cedera.

“Hasil dari kondisi fisik para pemain sangat bagus. Pemain berada dalam level yang bagus. Pemain tahu dimana tingkat kebugarannya dan dibandingkan musim lalu ini lebih bagus. Ada peningkatan dari jarak lari dari mereka di masa pra musim dibandingkan musim lalu,” bebernya.

3 dari 4 halaman

Kick Off Liga 1

Sementara itu, PT Liga Indonesai Baru atau PT LIB selaku operator kompetisi sepak bola Indonesia telah menggelar manager meeting klub-klub Liga 1 2022/2023, Senin lalu (4/07/2022).

Agenda yang berlangsung virtual tersebut juga dihadiri Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, Waketum PSSI, Iwan Budianto, Sekjen Yunus Nusi.

Rapat tersebut membahas beberapa hal, terutama aspek teknis dari pelaksanaan kompetisi Liga 1 2022/2023. Mulai dari jumlah pertandingan, pendaftaran pemain, sampai dengan ketentuan-ketentuan dalam pelaksanaan pertandingan.

Dalam rapat itu juga disepakati pelaksanaan kick off Liga 1 2022/2023 berlangsung pada 23 Juli. Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan penentuan tanggal kick off diputuskan dengan mempertimbangkan banyak hal.

Mulai dari mempertimbangkan aspek teknis kompetisi hingga hasil koordinasi dengan pemerintah pusat, seperti Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kementerian Kesehatan, Satgas Covid, serta Mabes Pori.

"Kami harus mempertimbangan banyak agenda timnas dan agenda lain selama bergulirnya kompetisi musim 20222/2023," kata Iriawan.

"Hasilnya kick off pada 23 Juli 2022 merupakan waktu yang paling ideal untuk semua tim Liga 1. Kami juga sudah melakukan koordinasi langsung dengan pemerintah. Baik itu Kemenpora, Kemenkes, Satgas Covid, dan juga Mabes Polri," imbuhnya.

4 dari 4 halaman

Koordinasi dengan Kepolisian

Untuk memperlancar bergulirnya Liga 1, PSSI dan PT LIB terus melakukan koordinasi dengan pihak kepolisian. Seperti dilansir dari situs resmi PSSI, pada Selasa siang (19/07) dilakukan rapat koordinasi (rakor) antara PSSI, PT LIB dan Mabes Polri di Jakarta.

Hadir dalam agenda tersebut ASOPS Kapolri Irjen Irjen Pol. Agung Setya Imam Effendi beserta jajarannya. Sedangkan dari PSSI hadir Ketua Umum Mochammad Iriawan dan Sekjen Yunus Nusi. Sementara itu, dari PT LIB hadir Direktur Utama PT LIB Akhmad Hadian Lukita dan Direktur Operasional Sudjarno.

Untuk memaksimalkan komunikasi dengan seluruh jajarannya, oleh Mabes Polri, agenda rakor tersebut juga dilakukan secara virtual yang diikuti 19 Polda di seluruh Indonesia dan Polres atau Polresta yang di setiap kotanya ada klub Liga 1 atau Liga 2. Hadir pula manajer, perwakilan semua klub atau Ketua LOC dari klub-klub Liga 1 dan Liga 2 2022/2023.

Dalam penyampaian presentasinya, Mabes Polri menginformasikan terkait rencana proses pengamanan dan tata cara perizinan keramaian kompetisi. 

"Terima kasih kepada Mabes Polri atas perhatian dan kepeduliannya. Semoga semua perhelatan kompetisi Liga 1 musim 2022/2023 bisa bergulir dengan lancar. Sukses selalu buat Polri” jelas Iriawan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.