Sukses

Asnawi Mangkualam Dipuji Media Korea Selatan Usai Ansan Greeners Hajar Busan IPark

Asnawi Mangkualam tak lepas dari sorotan media Korea Selatan usai kemenangan Ansan Greeners. Asnawi dinilai kembali tampil apik setelah bermain di posisi aslinya sebagai wingback.

Liputan6.com, Jakarta - Pemain Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam kembali diturunkan saat Ansan Greeners menghadapi Busan Ipark pada laga lanjutan K-League 2. Dalam pertandingan yang berlangsung di Busan Asiad Stadium, Senin (18/7/2022) sore WIB, Ansan berhasil mempecundangi tuan rumah 1-0.

Ansan mendominasi jalannya pertandingan. Gol kemenangan mereka tercipta pada menit ke-83 melalui Kwon Young-ho.

Ansan sempat bermain dengan 10 orang setelah Kim Min-ho mendapatkan kartu kuning kedua pada injury time. Beruntung, hingga laga usai mereka mampu mempertahankan kemenangan.

Pada laga ini, Asnawi bermain sebagai starter. Pelatih Im Jeong Heon memasak eks pemain PSM Makassar tersebut sebagai wingback kanan dalam formasi 3-4-3.

Asnawi sempat diganjar kartu kuning saat pertandingan baru berjalan tujuh menit. Namun, pemain 22 tahun tersebut sempat melakukan penetrasi yang membuahkan beberapa peluang di babak pertama.

Sayang, penyelesaian akhir yang kurang maksimal membuat Ansan Greeners belum bisa memecahkan kebuntuan.

Di babak kedua, tepatnya pada menit ke-73, Asnawi memimpin serangan balik Ansan. Kembali penyelesaian akhir Thiago Henrique masih bisa diamankan kiper Busan.

Sepuluh menit kemudian, Ansan Greeners akhirnya memecah kebuntuan. Berawal dari sepak pojok, bola disambut dengan sundulan Kwon Yeong-ho.

Bola gagal diselamatkan kiper lawan. Skor 1-0 untuk kemenangan Ansan Greeners bertahan hingga akhir pertandingan.

Dengan kemenangan ini, Ansan berada posisi ke-10 klasemen K-League 2. Mereka mengoleksi 20 poin dari 25 laga. Ansan unggul dua poin atas Busan IPark yang menempati posisi paling buncit, ke-11.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Dipuji Media Korea Selatan

Usai kemenangan ini, Asnawi tak lepas dari sorotan media Korea Selatan. Sportal Korea menilai, Asnawi kembali tampil apik setelah kembali bermain di posisi aslinya sebagai wing back.

“Kembalinya Asnawi ke posisi wing back menjadi perubahan besar. Asnawi aktif bermain sebagai winger dan full back. Setelah kembali dari SEA Games bersama tim nasional, waktu bermainnya mulai meningkat," tulis pernyataan Sportal Korea.

"Asnawi, yang jadi starter melawan Bucheon, memainkan peran penting selama 66 menit di lapangan. Dia memberikan tim hadiah penalti berkat umpan silangnya. Sangat layak menantikan performanya melawan Busan,” sambung pernyataan itu.

3 dari 5 halaman

Kemenangan Penting

Kemenangan atas Busan IPark sangat penting bagi Ansan. Pasalnya, mereka berhasil memutuskan rentetan hasil minor dalam beberapa laga terakhir.

Bahkan, tiga kekalahan berutun sebelumnya, masing-masing dari Chingnam Asan, FC Anyang, Daejeon Hana Citizen, memaksa pelatih Jo MIn-guk mundur dari jabatannya.

Pengunduran diri Min-guk membuat Ansan menunjuk Lim Jong-heon sebagai pelatih karteker jelang laga melawan Bucheon FC 1995 pada Sabtu (9/7/2022).

Meski akhirnya harus menelan kekalahan beruntun keempat dari Bucheon, penampilan Ansan saat ini dinilai jauh membaik.

Meski demikian, kemenangan ini belum mampu mengangkat posisi Ansan di papan bawah klasemen. Ansan kini berada di peringkat kedua dari bawah alias posisi ke-10 klasemen K-League 2.

Mereka mengoleksi 20 poin dari 25 laga. Ansan unggul dua poin atas Busan IPark yang menempati posisi paling buncit, ke-11.

4 dari 5 halaman

Rapor Asnawi

Bagi Asnawi, laga melawan Busan Ipark menambah jumlah penampilannya bersama Ansan Greeners.

Asnawi bergabung dengan Ansan pada Februari 2021. Musim ini, dia sudah memainkan 15 pertandingan (7 kali starter, 8 dari bangku cadangan).

Secara keseluruhan, Asnawi sudah mengemas 30 penampilan di Ansan Greeners FC dengan sumbangan satu assist.

Asnawi masih punya banyak waktu untuk menambah jumlah penampilannya di Ansan Greeners FC. Pemain berusia 22 tahun itu terikat kontrak sampai Desember 2023

5 dari 5 halaman

Sempat Jadi Penyerang

Dalam penampilannya musim ini, Asnawi memainkan posisi baru sebagai penyerang. Itu dijalaninya saat Ansan menghadapi Daejon Hana Citizen di K-League 2, Selasa (5/7/2022).

Sejatinya, strategi ini berjalan baik pada babak pertama. Serangan Ansan lebih agresif dan bervariasi.

Namun, perubahan pola pada babak kedua dengan menarik keluar Jun-hee membuat performa Ansan menurun.

Akibatnya, Ansan keteteran di babak kedua dan Daejon akhirnya sukses mencetak dua gol melalui Min Jun-yeong di menit ke-55 dan Willyan (67). Ansan pun kalah 0-2.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.