Sukses

Bertubuh Pendek, Bintang Anyar MU Lisandro Martinez Bisa Bersaing di Liga Inggris?

Lisandro Martinez berpostur 175 cm yang dinilai terlalu pendek untuk main di Liga Inggris. Lalu apa tanggapan Ten Hag soal peluangnya di MU?

Liputan6.com, Jakarta Manajer Manchester United atau MU, Erik Ten Hag sama sekali tak pusing dengan tinggi badan pemain barunya, Lisandro Martinez. Bek asal Argentina ini diketahui memiliki tinggi 175 cm.

Untuk ukuran seorang bek yang main di Eropa, apalagi bek tengah, Martinez dinilai terlalu cebol. Tapi Ten Hag ogah pusing karena menurut dia Martinez cukup bagus dalam perebutan bola udara.

Man Utd seperti diketahui rampungkan transfer Martinez dari Ajax Amsterdam pada Senin (18/7/2022) kemarin. MU sepakat bayar Ajax dengan total transfer 57 juta pounds.

Ajax ketiban durian runtuh karena pada 2019 lalu, mereka membeli Martinez hanya dengan transfer 8 juta pounds. Martinez banyak mengisi posisi bek kiri dan gelandang bertahan di Ajax saat masih dilatih Ten Hag.

Dia dikenal sebagai pemain yang punya kontrol bola yang bagus, juga saat memberi umpan dan keluar dari pertahanan untuk membantu serangan. Tapi banyak yang meragukan kemampuan Martinez yang dinilai terlalu pendek untuk kompetisi Liga Inggris.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Alasan Ten Hag

 

Ten Hag mengatakan sudah tahu kemampuan Martinez. Dia juga kagum dengan kemampuan sundulan Martinez dan timing atau pemilihan waktu lebih penting dibandingkan yang lain.

"Dia memang tidak tinggi tapi dia bagus dalam perebutan bola di udara," kata Ten Hag.

"Saya cukup nyaman dengan itu. Tentu harus ada keseimbangan. Dia punya timing atau ketepatan waktu yang bagus. Itu salah satu kemampuan dia."

 

3 dari 5 halaman

Analisa

 

Ten Hag sudah nyemplung dengan skuat MU sejak akhir musim lalu. Dia bahkan melihat langsung saat MU kalah dari Crystal Palace di laga terakhir musim lalu.

Salah satu analisa yang didapatkannya yaitu kebutuhan MU akan seorang bek yang jago dengan kaki kiri.

"Saya menyoroti sisi kiri pertahanan MU musim lalu. Dia bagus dengan kaki kiri. Itu menguntungkan untuk penguasaan bola dan juga saat bertahan," ujarnya.

4 dari 5 halaman

Posisi Berbeda

Lisandro Martinez dikenal sebagai pemain serbabisa sejak di Ajax Amsterdam. Karena itu, manajer Manchester United Erik Ten Hag mempertimbangkan untuk memainkan dia di posisi berbeda.

Seperti dilansir Mirror, Ten Hag menyiapkan rencana khusus untuk Martinez. Ada kemungkinan bek asal Argentina ini tak dimainkan di posisi bek, tapi di tengah.

Martinez gabung dengan Man Utd dengan transfer 46,8 juta pounds plus 8,5 juta pounds dalalm bentuk bonus. Ini membuat transfer dia bernilai total 55,3 juta pounds atau Rp 990 Miliar.

Lisandro Martinez diikat selama lima musim di Man Utd. Gajinya mencapai 120 ribu pounds per pekan.

Dalam perkenalannya, MU menggambarkan Martinez sebagai bek asal Argentina. Ini memang benar dan tak salah karena dia main sebanyak 118 kali sebagai bek di Ajax.

 

5 dari 5 halaman

Pernah di Tengah

Martinez gabung Ajax usai direkrut dari klub Argentina Defensa y Justicia pada 2019. Saat itu, dia datang sebagai gelandang.

Ten Hag gunakan dia sebagai pengganti Frenkie de Jong yang gabung Barcelona saat itu. Saat itu, Martinez mengaku sempat kesulitan main di Ajax.

"Awalnya, saya merasa ingin pulang saja dan menangis. Pekan awal di Ajax sangat buruk, benar-benar buruk. Intensitas berbeda, kontrol berbeda dan umpan berbeda," katanya kepada La Nacion pada 2020 lalu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • Manchester United, Didirikan pada tahun 1878 lebih dahulu dikenal dengan nama Newton Heath Lancashire and Yorkshire Railway Football Club.
    Manchester United, Didirikan pada tahun 1878 lebih dahulu dikenal dengan nama Newton Heath Lancashire and Yorkshire Railway Football Club.

    man utd

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • Erik ten Hag adalah seorang manajer sepakbola profesional Belanda dan mantan pemain sepakbola.
    Erik ten Hag adalah seorang manajer sepakbola profesional Belanda dan mantan pemain sepakbola.

    Ten Hag

  • Lisandro Martinez

  • Ajax Amsterdam