Merapat ke Bayern Munchen, Berapa Nilai Transfer Matthijs de Ligt dari Juventus?

Oleh Marco Tampubolon pada 18 Jul 2022, 18:00 WIB
Diperbarui 18 Jul 2022, 18:00 WIB
Foto: Deretan Pemain dengan Gaji Tertinggi di Liga Italia, Masih Didominasi Pemain Juventus
Perbesar
Matthijs De Ligt - Bek muda berusia 22 tahun ini menjadi pemain dengan gaji tertinggi di Serie A Italia. Benteng kokoh yang dikontrak Bianconeri sampai tahun 2024 itu menerima bayaran 250 ribu pounds per pekan. (Foto:AFP/Marco Bertorello)

Liputan6.com, Jakarta Matthijs de Ligt segera bergabung dengan Bayern Munchen. FC Hollywood kabarnya sudah mendapatkan kesepakatan lisan untuk memboyong pemain yang pernah memperkuat Ajax Amstredam tersebut.

De Ligt akan dikontrak selama lima tahun hingga 2027 mendatang. Namun pemain berusia 22 tanhun tersebut harus menjalani pemeriksaan medis di Munich pada Senin (18/7/2022) waktu setempat. 

Tidak mudah mendapatkan tanda tangan De Ligt. Sebab Juventus awalnya ngotot meminta 90 sampai 100  100 juta euro sebagai mahar transfer mantan pemain Ajax Amsterdam itu.

Munchen tentu keberatan memenuhi permintaan Juve. Apalagi Die Rotten begitu yakin bisa mendapatkan jasa De Ligt lebih murah karena sang pemain sudah sepakat bergabung. Sebelumnya, De Ligt telah menolak pinangan klub Liga Inggris, Chelsea demi ambisinya memperkuat FC Hollywood musim depan. 

Negosiasi kembali bergulir setelah Juventus mulai melunak. Seperti dilansir dari Sky Sports, Munchen pun menebusnya dengan harga 70 juta euro atau setara Rp 1 Triliun, plus tambahan lain sebesar 10 juta euro.

Kepindahan Robert Lewandowski belakangan ikut membantu Bayern Munchen dalam perburuan ini. Seperti diketahui, pemain asal Polandia itu telah resmi bergabung dengan Barcelona. Penjualan Lewandowski yang diperkirakan mencapai 42,5 juta pound sterling memberi tambahan amunisi dalam memboyong De Ligt.  

Kesepakatan dengan Bayern Munchen sekaligus menutup ambisi Chelsea. Padahal The Blues sempat menjadikannya prioritas untuk menggantikan posisi Antonio Rudiger dan Andreas Christensen yang baru saja pergi dengan status bebas transfer. Sebagai gantinya, Chelsea pun memboyong Kalidou Koulibaly.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Kiprah di Juventus

Foto: 5 Pesepak Bola Belanda yang Pernah Berseragam Juventus, termasuk Eks Kiper MU Edwin van der Sar
Perbesar
Matthijs de Ligt. Bek tengah berusia 22 tahun ini kini memasuki musim ketiga bersama Juventus sejak didatangkan pada awal 2019/2020 dari Ajax Amsterdam. Hingga kini ia telah tampil dalam 100 laga di semua ajang dengan torehan 6 gol dan 2 assist. (AFP/Vincenzo Pinto)

De Ligt sebenarnya terbilang pemain vital di Juventus. Dia menghabiskan tiga musim di Turin usai diboyong dari Ajax Amsterdam dan memenangkan satu gelar Serie A serta satu Coppa Italia.

Kepergian De Ligt akan membuat Juventus mengandalkan mantan kuli bangunan Federico Gatti yang direkrut dari Frosinone. Gatti akan mendampingi trio Leonardo Bonucci, Danilo dan Daniele Rugani. 


Bayern Munchen Lepas Lewandowski

Foto: Hijrah ke Barcelona, Robert Lewandowski Pamitan dengan Pemain Bayern Munchen
Perbesar
Di akhir sesi latihan ia menyepatkan diri berpamitan kepada rekan-rekan nya. (AFP/Christof Stache)

Sementara itu, Bayern Munchen akhirnya melepas striker andalannya, Robert Lewandowski ke Barcelona. Pemain asal Polandia itu telah bergabung dengan Blaugrana yang saat ini tur pramusim di Miami, AS. 

Lewandowski yang sudah tidak kerasan di Bayern Munchen sangat antusias menyambut kesepakatan tersebut. Dalam wawancara dengan media resmi Barcelona, mantan pemain Borussia Dortmund itu mengaku siap mengembalikan kejayaan Barcelona yang memudar beberapa tahun belakangan. 

"Saya akhirnya di sini. Sangat senang telah menandatangani kontrak dengan Barcelona dan berada di sini. Beberapa hari terakhir sangat lama bagi saya, tetapi pada akhirnya kesepakatan ditutup," katanya.

"Sekarang saya bisa fokus pada babak baru dalam hidup saya dan tantangan baru. Saya datang ke klub yang tepat tidak hanya untuk memenangkan pertandingan tetapi juga gelar," beber Lewandowski. 


Sempat Alot

Proses negosiasi Lewandowski juga sempat alot seperti de Ligt. Itu setelah Bayern Munchen meminta harga yang fantastis kepada Barca meski pemain yang bersangkutan hanya menyisakan kontrak 1 tahun. 

Bayern Munchen akhirnya melunak. FC Hollywood bersedia mengurangi tuntutan mereka. Barceloan kemudian menebus Lewandowski dengan harga 50 juta euro dan mengikatnya selama tiga musim. 

Selama memperkuat Barcelona, gaji Lewandowski diperkirakan mencapai  9 juta euro per musim. Hanya saja, uang bukanlah faktor utama kedatangan mantan pemain Dortmund terebut ke Catalunya. Kepada media Barcelona, Lewandowski mengaku memilih Barcelona demi mendapatkan tantangan baru. 

 

Infografis transfer MU - November 2021
Perbesar
Infografis transfer MU. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya