Sukses

Ranking BWF Setelah Singapore Open 2022: Apri/Fadia Melejit, Leo/Daniel Naik Dua Peringkat

Sejumlah pebulu tangkis Indonesia mengalami kenaikan ranking usai berlaga di Singapore Open 2022. Salah satu yang paling signifikan adalah ganda putri Apriyani Rahayu/Siti Fadia SIlva Ramadhanti. Pasangan yang baru diduetkan itu merangsek ke ranking 42 dunia usai naik 20 setrip.

Liputan6.com, Jakarta Skuad bulu tangkis Indonesia telah menuntaskan tiga turnamen di Asia Tenggara, mulai dari Malaysia Open 2022, Malaysia Masters 2022, hingga Singapore Open 2022 dalam kurun waktu tiga minggu terakhir.

Capaian positif sukses ditorehkan penggawa Merah Putih yang berlaga di ajang tersebut. Indonesia merengkuh satu gelar juara dan satu runner up Malaysia Open 2022 lewat Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti serta Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Prestasi lebih mentereng dicapai leh wakil Tanah Air di Malaysia Masters 2022. Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan Chico Aura Dwi Wardoyo kompak naik ke podium tertinggi. Sementara itu, pasangan senior Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan dan ganda campuran Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari finis di posisi kedua.

Hasil membanggakan juga diperoleh skuad bulu tangkis Garuda di Singapore Open 2022 yang berlangsung mulai Selasa (12/7/2022) hingga Minggu (17/7/2022) lalu. Anthony Sinisuka Ginting yang sudah lama menanti medali akhirnya keluar sebagai kampiun tunggal putra usai menaklukkan wakil Jepang Kodai Naraoka.

Pasangan yang baru diduetkan, Apri/Fadia, juga kembali meraih gelar BWF World Tour keduanya setelah mengandaskan wakil Tiongkok Zhang Shu Xian/Zheng Yu dengan dua game langsung 21–14 dan 21–17.

Sementara itu, dua ganda putra Tanah Air Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto terpaksa saling sikut di partai puncak Singapore Open 2022 usai menumbangkan kompatriot lainnya dalam fase empat besar. Perang saudara akirnya dimenangkan oleh Leo/Daniel lewat rubber game 9–21, 21–14, dan 21–16.

Hasil tersebut membawa skuad bulu tangkis Indonesia meraup sejumlah poin BWF yang berdampak pada perubahan peringkat dan posisi pemain di tabel ranking dunia. Simak rincian lengkap ranking BWF atlet badminton Tanah Air pasca mengikuti Singapore Open 2022 pada halaman selanjutnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Melejit

Pasangan Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti melejit di tabel ranking BWF. Meski baru diduetkan tahun ini, peraih medali emas nomor ganda putri SEA Game 2021 itu sudah bertengger di peringkat 42 dunia dengan torehan 39.640 poin.

Rekor ini terbilang mengesankan. Pasalnya, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti hanya butuh enam turnamen untuk menembus posisi 50 besar. Adapun Apri/Fadia pekan lalu berada di ranking 62. Kemenangan di Singapore Open 2022 mengantar mereka naik 20 setrip.

Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin juga naik kasta usai menjadi kampiun ganda putra pada akhir pekan lalu. Pasangan berjuluk The Babies itu naik dua peringkat dari posisi 23 menuju 21 dunia berkat torehan 9.200 poin di Singapore Open 2022.

Sementara itu, Anthony Sinisuka Ginting yang menjadi raja tunggal putra masih terkunci di peringkat 6 dunia. Kendati demikian, pebulu tangkis berusia 25 tahun tersebut kini makin rapat dengan pesaingnya Lee Zii Jia (Malaysia) di peringkat lima.

3 dari 4 halaman

Fajar/Rian dan The Daddies

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang tumbang dari The Babies di final Singapore Open 2022 masih duduk di peringkat lima dunia. Raihan 7.800 poin belum mampu membuat Fajar/Rian menggeser posisi Lee Yang/Wang Chi Lin yang kokoh bertengger di urutan keempat.

Situasi Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan juga tak berubah. Finis sebagai runner-up Malaysia Masters 2022 dan semifinalis Singapore Open 2022 mengantar The Daddies menempati peringkat tiga dalam tabel ranking BWF.

4 dari 4 halaman

Ranking Pemain Indonesia

Berikut adalah ranking sejumlah pebulu tangkis Indonesia yang berada di urutan 50 besar dunia pasca Singapore Open 2022.

Tunggal putra

6. Anthony SInisuka Ginting

8. Jonatan Christie

26. Shesar Hiren Rhustavito

34. Chico Aura Dwi Wardoyo

35. Tommy Sugiarto

Tunggal putri

26. Gregoria Mariska Tunjung

45. Fitriani

48. Putri Kusuma Wardani

Ganda putra

1. Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo

3. Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan

5. Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto

14. Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan

20. Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana

21. Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin

41. Wahyu Nayaka Arya Pangkaryanira/Ade Yusuf Santoso

Ganda putri

31. Della Destiara Haris/Rizki Amelia Pradipta

42. Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti

45. Nita Violina Marwah/Putri Syaikah

46. Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi

Ganda campuran

5. Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti

18. Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari

28. Adnan Maulana/Mychelle Crhystine Bandaso

45. Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.