Sukses

Transfer ke MU Macet, Frenkie de Jong Pilih Gabung Bayern Munchen?

Frenkie de Jong dirumorkan terbuka pada potensi kepindahan ke Bayern Munchen , jika Manchester United tak mampu meyakinkannya untuk hijrah ke Old Trafford.

Liputan6.com, Jakarta Pemain Barcelona Frenkie de Jong dirumorkan siap bergabung dengan Bayern Munchen pada musim panas, jika Manchester United (MU) tak mampu meyakinkan dirinya untuk hijrah ke Liga Inggris.

Sebagai informasi, De Jong merupakan salah satu target incaran Setan Merah di jendela transfer. Manajer barunya Erik ten Hag sangat ingin reuni dengan sang pemain. Kedua pihak diketahui sempat bekerja sama kala masih berkarier di Johan Cruyff Arena.

Setan Merah berupaya keras menuntaskan kepindahkan Frenkie de Jong dari Barcelona. MU bahkan dilaporkan telah menyepakati biaya transfer senilai 75 juta euro ditambah add-ons 10 juta euro dengan klub asuhan Xavi Hernandez.

Sayangnya, De Jong lebih ingin bertahan di Camp Nou. Presiden Barcelona Joan Laporta pun menegaskan pihaknya belum rela melepas Frenkie de Jong. Eks penggawa Ajax itu juga diikutsertakan dalam daftar skuad Blaugrana untuk tur pramusim di Amerika.

Setan Merah sejatinya belum menyerah dalam perburuan tanda tangan De Jong. Erik ten Hag baru-baru ini kembali menginstruksikan para petinggi MU untuk tidak kendor mengejar sang pemain, meski rencana transfernya bisa batal.

Kendati demikian, laporan menyebut Frenkie de Jong kini terbuka pada potensi kepindahan ke Bayern Munchen. Penggawa internasional Belanda itu menilai Die Rotten tak terlalu jauh dari kampung halamannya. De Jong juga ikut dalam perebut gelar juara bergengsi, jika dirinya hijrah ke raksasa Bundesliga.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kentungan Tambahan

Selain dua hal di atas, De Jong akan mendapat keuntungan tambahan di Bayern Munchen. Mantan pemain Ajax bisa bersatu dengan rekannya Matthijs de Ligt. Pesepak bola asal Belanda itu juga dikabarkan bakal hengkang dari Juventus untuk bergabung dengan Die Rotten.

Adapun De Jong dan De Ligt merupakan duo bintang di Johan Cruyff Arena. Mereka sukses mengantar skuad asuhan Erik ten Hag mencapai babak semifinal Liga Champions pada 2019. Setelahnya, De Ligt memutuskan pindah ke Juventus, sementara De Jong akhirnya bergabung dengan klub La Liga Barcelona.

Meski nampak menarik, transfer De Jong ke Bayern Munchen kemungkinan bakal menemui hambatan. Laporan Metro menyebut Die Rotten kini berada dalam hubungan yang kurang baik dengan Blaugrana akibat pengejaran Robert Lewandowski.

Pemain berusia 33 tahun itu setuju untuk bergabung dengan Barcelona. Namun, Bayern Munchen diklaim tidak senang dengan cara kubu Spanyol mendekati strikernya yang masih memiliki kontrak 12 bulan di Allianz Arena.

3 dari 4 halaman

Dibajak Chelsea

Bayern Munchen bukanlah satu-satunya klub yang membayangi rencana transfer Manchester United. Rivalnya di Liga Inggris, Chelsea, juga disebut belum keluar dari perburuan tanda tangan De Jong. Klub asuhan Thomas Tuchel bisa saja membajak sang pemain dari Barcelona.

Menurut ESPN, perwakilan De Jong masih berupaya meyakinkan Chelsea dan Paris Saint-Germain (PSG) untuk menantang Setan Merah dalam bursa transfer musim panas tahun ini. Pasalnya, Frenkie de Jong masih ingin berkiprah di Liga Champions.

Kesempatan itu tak mampu diberikan oleh Setan Merah, usai skuadnya terlempar ke peringkat enam klasemen akhir Liga Inggris 2021/2022. Sebaliknya, Chelsea dan PSG sanggup menjanjikan panggung Liga Champions bagi Frenkie de Jong lantaran keduanya finis di posisi empat besar.

4 dari 4 halaman

Alternatif

MU sebenarnya telah menyiapkan pemain alternatif untuk direkrut jika rencana mendatangkan Frenkie De Jong benar-benar batal terealisasi. Gelandang PSV Eindhoven Ibrahim Sangare kabarnya masuk dalam radar incaran MU.

Menurut jurnalis Rudy Galetti, MU sudah berbicara dengan PSV terkait hal ini. Negosiasi transfer antara kedua belah pihak berlangsung lancar dan cukup cepat.

Harga Sangare pun jauh lebih murah dibanding De Jong. PSV kabarnya siap menguangkan sang pemain sesuai klausul pelepasan senilai 35 juta euro.

Ten Hag sudah mengetahui kualitas Sangare. Pasalnya, mereka sama-sama berkarier di Eredivisie musim lalu. Ia mampu menunjukkan penampilan apik bersama klubnya. Sangare juga sukses memberi kontribusi empat gol dan empat assists untuk PSV di berbagai ajang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.