Pemain Gagal Chelsea Tiemoue Bakayoko Dipastikan Tinggalkan Stamford Bridge

Oleh AY Yustiawan pada 18 Jul 2022, 14:00 WIB
Diperbarui 18 Jul 2022, 14:00 WIB
Foto: Tampil Mengecewakan, 5 Pemain Berikut Akhirnya Dipinjamkan ke Klub Lamanya usai Dibeli dengan Harga Fantastis
Perbesar
Tiemoue Bakayoko. Chelsea mendatangkan Tiemoue Bakayoko dari AS Monaco pada awal musim 2017/2018 dengan nilai transfer senilai 40 juta euro atau kini setara Rp625,3 miliar setelah tampil memukau selama 3 musim berseragam AS Monaco. Nyatanya bersama Chelsea ia hanya menjadi pelapis di lini tengah karena kesulitan beradaptasi dan hanya tampil dalam 43 laga di semua ajang di musim 2017/2018 dengan torehan 3 gol dan 3 assist. Pada musim 2019/2020 ia dipinjamkan ke klub lamanya AS Monaco setelah lebih dahulu dipinjamkan ke AC Milan pada 2018/2019. (AFP/Ben Stansall)

Liputan6.com, Jakarta Tiemoue Bakayoko akhirnya akan meninggalkan Chelsea setelah lima tahun di klub Liga Inggris itu. Gelandang itu menyetujui kesepakatan dengan Marseille musim panas ini, meskipun kepindahannya belum selesai.

Pemain berusia 27 tahun itu jadi penandatanganan besar pada tahun 2017, setelah tiba di Stamford Bridge dari Monaco seharga 40 juta pounds. Namun label itu, tidak membuat pemain internasional Prancis itu, mencetak sukses.

Dia tampil reguler di musim pertamanya bersama The Blues, membuat 43 penampilan di semua kompetisi, mencetak tiga gol dan memenangkan Piala FA.

Namun, setelah itu jadi berantakan, Bakayoko tidak bermain untuk Chelsea sejak musim 2017/18, alih-alih pindah dengan serangkaian pinjaman.

Bakayoko telah menghabiskan musim berturut-turut di AC Milan, Monaco, Napoli dan sekali lagi di AC Milan. Terakhir, bersama klub Liga Italia ini memenangkan gelar Serie A di musim terakhir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Permanen

Gol Tunggal Mauro Icardi Bawa Inter Milan Tumbangkan AC Milan
Perbesar
Ekspresi pemain AC Milan, Tiemoue Bakayoko (kiri) dan Gonzalo Higuain setelah pemain Inter Milan, Mauro Icardi mencetak gol ke gawang mereka pada laga Serie A di Stadion San Siro, Milan, Italia, Minggu (21/10). (AP Photo/Antonio Calanni)

Media Prancis Foot Mercato melaporkan bahwa dia sekarang kemungkinan akan pindah secara permanen dari London barat, setelah Marseille menyetujui persyaratan pribadi dengan gelandang tengah.

Namun, laporan di Prancis menyatakan bahwa bos Marseille Igor Tudor belum sepenuhnya menandatangani kesepakatan itu, dan perlu diyakinkan dari atasannya untuk bergabung dengan penandatanganan tersebut.


Pemain Termahal

Foto: Gagal Bersinar di Skuat Utama, Pemain Ini Akhirnya Dipinjamkan Dua Kali ke Klub yang Sama
Perbesar
Tiemoue Bakayoko gagal membayar ekspektasi besar selama membela Chelsea. Musim debutnya tak berjalan mulus dan menjadi pembuka di balik kesialannya yang selalu dipinjamkan. Dimulai pada musim 2018/2019, Bakayoko terpaksa dilepas ke AC Milan demi bisa tampil reguler. (AFP/Miguel Medina)

Valencia juga dilaporkan tertarik pada Bakayoko dan bisa membajak kesepakatan itu sebelum Marseille menyelesaikannya.

Entah itu ke Ligue 1 atau La Liga, tampaknya Bakayoko akhirnya akan pindah secara permanen dari Chelsea setelah menjadi salah satu pemain termahal dalam sejarah Liga Inggris.


Yakin

Foto: 5 Legiun Prancis yang Ikut Membawa AC Milan Juara Liga Italia Musim 2021 / 2022, Kolaborasi Pemain Tua dan Muda
Perbesar
Tiemoue Bakayoko. Gelandang berusia 27 tahun ini telah memperkuat AC Milan selama 2 musim yang terbagi dalam dua periode, yaitu pada musim 2018/2019 dan 2021/2022, keduanya dengan status pinjaman dari Chelsea. Pada musim 2021/2022 ia total tampil dalam 14 laga di Serie A Liga Italia. Bersama Timnas Prancis ia baru mengoleksi 1 sejak melakukan debut pada 28 Maret 2017. (AFP/Marco Bertorello)

Seperti diketahui, Bakayoko pernah dipinjamkan ke AC Milan pada musim 2018/19 di masa kepelatihan Gennaro Gattuso. Ia lalu ikut Gattuso kembali ketika sang pelatih memutuskan hengkang ke Napoli.

Bakayoko mengatakan, ia sempat berbicara dengan direktur olahraga AC Milan, Paolo Maldini sebelum kembali. Hal itulah yang membuatnya yakin untuk berkostum AC Milan lagi.


Tak Terpakai

AC Milan Dipermalukan Sassuolo di San Siro
Perbesar
Bek AC Milan, Simon Kjaer dan gelandang Tiemoue Bakayoko berebut bola udara dengan pemain Sassuolo, Kaan Ayhan pada pertandingan lanjutan Liga Serie A Italia di stadion San Siro, Minggu (28/11/2021). AC Milan kalah atas Sassuolo 1-3. (Spada/LaPresse via AP)

Di Chelsea, Bakayoko nyaris tak terpakai. Sejak didatangkan dari AS Monaco pada 2017/18, ia lebih banyak tampil bagi klub lain dengan status pinjaman.

Selain AC Milan dan Napoli, Bakayoko juga pernah kembali ke AS Monaco. Lagi-lagi, itu terjadi dengan status pinjaman dari Chelsea.

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya