Sukses

Apakah Timnas Italia Lolos ke Piala Dunia 2022?

Italia merupakan salah satu tim yang diunggulkan lolos mudah dan bisa menjadi juara Piala Dunia 2022. Hal itu tak lepas dari penampilan fantastis mereka di Euro 2020 yang berlangsung 2021.

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 32 tim telah memastikan tempat di Piala Dunia 2022 yang akan berlangsung di Qatar, 21 November hingga 18 Desember. Lalu, apakah Timnas Italia Lolos ke Piala Dunia 2022?

Piala Dunia 2022 Qatar akan menjadi momen bersejarah karena untuk pertama kalinya ajang ini digelar pada musim dingin, dan yang pertama kalinya dihelat di kawasan Timur Tengah.

Tiket terakhir menuju Piala Dunia 2022 direbut oleh Kosta Rika. Mereka berhak tampil di putaran final Piala Dunia 2022 setelah mengalahkan Selandia Baru dalam laga playoff antarbenua, Rabu (15/6/2022).

Gol Kosta Rika tercipta saat pertandingan baru berjalan tiga menit. Adalah mantan pemain Arsenal Joel Campbell yang melepaskan tendangan mendatar ke pojok gawang.

Adapun Timnas Italia tidak berhasil lolos ke Piala Dunia 2022. Gli Azzurri –julukan Timnas Italia- gagal melaju ke turnamen sepakbola terakbar di dunia setelah mereka kalah mengejutkan dari Makedonia Utara di babak playoff kualifikasi Piala Dunia zona Eropa.

Ironisnya, kekalahan itu dialami Italia saat bermain di kandang. Mereka tumbang 0-1 Stadio Renzo Barbera, Palemo, (25/3/2022).

Gol menit terakhir Aleksander Trajkovski membuat Makedonia Utara menang. Gol tersebut, sekaligus mengganjar Italia harus mengulang memori gagal lolos Piala Dunia tahun 1958 dan 2018 silam.

“Sulit dijelaskan, kami memainkan pertandingan yang hebat tetapi tidak bisa mencetak gol,” kata bek Italia, Giorgio Chiellini.

"Saya akan meninggalkan timnas setelah Piala Dunia itu. Dan mungkin saya akan membuat kesalahan, karena kemudian saya melewati tahun-tahun terbaik," ucapnya..

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Juara Euro 2020

Sejatinya, Italia merupakan salah satu tim yang diunggulkan lolos mudah dan bisa menjadi juara Piala Dunia 2022. Hal itu tak lepas dari penampilan fantastis mereka di Euro 2020 yang berlangsung 2021.

Itali memenangi Euro 2020 setelah mengalahkan Inggris pada final yang digelar di Stadion Wembley, (11/7/2021).

Kepastian Italia menjadi juara didapat usai unggul 3-2 pada babak adu penalti. Babak adu penalti digelar setelah Italia dan Inggris bermain imbang 1-1 selama 120 menit.

Euro 2020 merupakan gelar Piala Eropa kedua timnas Italia. Titel pertama Piala Eropa diraih Gli Azzurri pada 1968.

Namun, performa apik itu tak bisa dilanjutkan Italia pada babak kualifikasi. Pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa, timnas Italia besutan Roberto Mancini cuma bisa finis di peringkat kedua Grup C.

Mereka kalah bersaing dengan Swiss yang tampil sebagai juara grup. Hasil itu membuat Gli Azzurri harus menempuh jalur play off untuk lolos ke putaran final Piala Dunia 2022 di Qatar.

Namun, di babak play off pun, Italia tak berdaya, dikalahkan Makedonia Utara 1-0.

3 dari 5 halaman

Dua Kali Beruntun

Kegagalan lolos ke Piala Dunia 2022 Qatar menjadi catatan kelam sepak bola Gli Azzurri.

Pasalnya, ini menjadi dua kali beruntun Italia tak berpartisipasi di Piala Dunia. Sebelumnya, Italia juga gagal lolos ke Piala Dunia 2018 yang berlangsung di Rusia.

Sama kejadiannya, Italia gagal lolos ke Piala Dunia 2018 karena kalah di babak play off. Kala itu, Gianluigi Buffon dan kolega dikalahkan Swedia.

"Pada 2010 kami tersingkir dengan sangat buruk di grup yang lebih dari sekadar bisa ditangani. Pada 2014, kami start dengan sangat baik tapi kami menyulitkan diri sendiri," kata Chiellini.

"Kami bahkan tidak lolos di 2018 dan saya punya penyesalan besar ini," ujar pemain yang saat ini memperkuat Los Angeles.

 

4 dari 5 halaman

Isu Dapatkan Tiket

Beberapa bulan lalu, Rumor Italia berpeluang lolos ke Piala Dunia 2022 muncul. Itu setelah mantan anggota Komite Olimpiade Nasional Italia (CONI) Franco Chimenti mengklaim Gli Azzurri masih bisa lolos ke Piala Dunia 2022 jika Ekuador dihukum.

Ekuador dituduh Chile memalsukan akta kelahiran dan paspor pemain Byron Castillo agar terlihat seolah-olah ia lahir di Ekuador.

Menyusul keluhan dari pihak Chile, diduga bahwa Castillo sebenarnya lahir di Kolombia dan tidak memiliki hak atas kewarganegaraan Ekuador.

Namun, setelah melakukan investigasi, Komdis FIFA tidak menemukan bukti kuat seperti yang dituduhkan Chile. FIFA pun menolak klaim Chile, dan tetap mengesahkan Ekuador berlaga di Piala Dunia.

Alhasil, rumor itu pun tak menjadi kenyataan. Italia tetap menjadi penonton di Piala Dunia 2022 nanti.

"Peluangnya nol. Sebanyak 13 tempat dari zona Eropa sudah diambil. Jika ada tempat lowong dari Amerika Selatan, maka itu akan diberikan ke negara Amerika Selatan," kata Presiden FIGC, Gabriele Gravina

"Kami sudah berbicara dengan FIFA dan respons yang mereka berikan sangat negatif," sambung Gravina dikutip dari Football Italia.

5 dari 5 halaman

Apa Kata Mancini?

Setelah Italia gagal berlaga di Piala Dunia 2022, masa depan Roberto Mancini sempat menjadi pertanyaan besar.

Namun, eks manaje Manchester CIty itu menegaskan bakal bertahan dan menyiapkan segala sesuatunya untuk ditingkatkan di timnas Italia. Dia berjanji untuk mengembalikan kejayaan Italia.

“Kami harus memulainya lagi. Saya sudah berbicara denga presiden, kami sudah mencapai kesepakatan dalam segala hal. Kami mempunyai waktu untuk mendiskusikan apa yang perlu kami tingkatkan. Saya merupakan pelatih muda dan saya ingin memenangi Euro dan Piala dunia, untuk yang kedua," kata Mancini.

"Kami harus lebih bersabar. Saya suka dengan pekerjaan ini dan saya tahu bahwa dengan para pemain di tim, kami bisa mendapatkan sesuatu yang penting,” ucap Mancini, dilansir Sky Sports.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.