Jadwal Pramusim MU vs Melbourne Victory, 15 Juli 2022

Oleh Harley Ikhsan pada 15 Jul 2022, 07:00 WIB
Diperbarui 19 Jul 2022, 14:40 WIB
Bruno Fernandes
Perbesar
Bruno Fernandes (kiri) merayakan gol Anthony Martial saat Manchester United (MU) bertemu Liverpool pada laga persahabatan di Rajamangala Stadium, Selasa (12/7/2022). (AFP/Manan Vatsyayana)

Liputan6.com, Jakarta - Persiapan Manchester United (MU) menyambut musim 2022/2023 berlanjut di Australia. Mereka bakal menghadapi tiga lawan yakni Melbourne Victory, Crystal Palace, dan Aston Villa.

Laga kontra Melbourne dijadwalkan berlangsung Jumat (15/7/2022) pukul 17.05 WIB. 

MU melawat ke Asia Tenggara dan Australia pada persiapan kampanye baru. Mereka bakal melewati empat partai di dua kawasan tersebut atau total enam partai. Setelah bersua Liverpool, Selasa (12/7/2022), mereka bertolak ke Australia.

Perjalanan Setan Merah tidak berhenti di situ saja. Dari Negeri Kanguru, pasukan Erik Ten Hag selanjutnya terbang ke Oslo. Di sana, MU dijadwalkan bertemu dengan wakil La Liga, Atletico Madrid. 

Setelah menjalani tur pramusim MU, Ten Hag bakal merasakan sambutan sesungguhnya saat tampil di Old Trafford. MU bakal meladeni Rayo Vallecano. 

“Pramusim adalah tentang persiapan dan ini kesempatan besar bagi anggota tim untuk dapat menit berharga di lapangan. Dan di mana lagi tempat lebih baik untuk melakukan ini daripada Old Trafford?” ujar Direktur Sepak Bola MU John Murtough seperti dikutip situs resmi klub. "Ini akan menjadi pertandingan pertama manajer baru di Old Trafford, dan saya yakin para penggemar akan menyambutnya dengan hangat.”

Publik MU tentu menaruh harapan kepada Ten Hag untuk mengembalikan kejayaan tim kesayangannya. Perubahan besar sangat dinantikan setelah musim lalu MU kembali tanpa trofi dan gagal ke Liga Champions akibat finis di urutan keenam pada klasemen akhir Liga Inggris 2021/2022.

Selain menjadwalkan sederet laga uji coba, Ten Hag juga berniat merombak skuad Setan Merah musim ini. Sejumlah pemain dibiarkan pergi, termasuk Nemanja Matic, Juan Mata, Edinson Cavani, Paul Pogba, hingga Jesse Lingard. Mereka akan digantikan dengan wajah-wajah baru dari bursa transfer. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

 

Bungkam Liverpool

Foto: Manchester United Racikan Erik ten Hag Libas Liverpool di Laga Pramusim Bangkok Century Cup 2022
Perbesar
Manchester United melakoni pramusim 2022/2023 di Australia. (AFP/Jack Taylor)

MU memulai era baru bersama Erik ten Hag dengan menaklukkan musuh abadi Liverpool. Setan Merah berjaya 4-0 pada laga uji coba bertajuk Bangkok Century Cup di Stadion Rajamangala, Selasa (12/7/2022). 

Jadon Sancho ('12), Fred ('30), Anthony Martial ('33), dan Facundo Pellistri ('77) bergantian mencetak gol bagi MU.

Liverpool menguasai jalan laga dan menciptakan sejumlah peluang di awal pertandingan. Salah satunya tendangan Luis Diaz yang memaksa kiper David de Gea bekerja keras.

Namun justru MU yang mencatatkan nama di papan skor. Sancho menaklukkan Alisson Becker usai memanfaatkan bola muntah.

The Reds coba membalas, kembali lewat Diaz. Kali ini tendanngannya masih membentur tiang gawang.

Liverpool harus membayar mahal buruknya penyelesaian akhir. Fred menggandakan keunggulan The Red Devils melalui tendangan lambung Fred. Tiga menit berselang, giliran Martial yang menyarangkan bola di gawang. MU bahkan hampir mencetak gol keempat jika tendangan Diogo Dalot tidak mengenai tiang gawang.

MU dan Liverpool merombak tim dengan kedua pelatih ingin memberi kesempatan seluruh pemain.

Liverpool mendominasi bola, tapi gagal menciptakan peluang berarti dengan MU kesulitan keluar dari tekanan. Klub Merseyside tersebut kemudian memasukkan pilar-pilar utama seperti Virgil van Dijk, Mohamed Salah, hingga striker anyar Darwin Nunez.

Sayang kehadiran mereka tidak berarti banyak. Nunez sempat menguji refleks penjaga gawang pengganti Tom Heaton. Namun justru MU yang memperbesar keunggulan lewat Pellistri.

Liverpool masih mencoba di sisa waktu. Tendangan Salah masih membentur gawang dengan Nunez menyambar bola muntah. Tapi eksekusinya melambung. MU akhirnya sukses mempertahankan clean sheet.


Ronaldo Absen

Manchester United vs Norwich City
Perbesar
Cristiano Ronaldo tampak kecewa saat MU menjamu Norwich City dalam lanjutan Liga Inggris 2021/2022 di Old Trafford, Sabtu (16/4/2022) malam WIB. (AP Photo/Jon Super)

Sayang persiapan MU diganggu kabar niat Cristiano Ronaldo untuk meninggalkan Old Trafford. Pria Portugal itu mulai mendesak manajemen untuk melepasnya di bursa transfer musim panas 2022.

Masa depan Ronaldo di MU memang sudah dipertanyakan sejak gagal meraih tiket ke Liga Champions musim depan. Ronaldo sudah 19 tahun beruntun main di Liga Champions.

Catatan apik ini akan terhenti jika bertahan di MU. Musim depan Manchester United hanya akan bermain di Liga Europa karena finis di luar empat besar Liga Inggris.

Isu kepindahan Ronaldo sempat mereda memasuki Juni 2022. Ronaldo diduga siap bertahan jika Mu memperbaiki skuadnya saat ini sehingga bisa bersaing dalam perburuan gelar juara musim depan.

Namun MU malah mandek di bursa transfer. Mereka belum bisa mendapatkan satu pemain barupun hingga bulan Juni 2022 berakhir. Setan Merah kalah cepat dibanding para rival di Liga Inggris yang sudah berbenah diri.

Loyonya MU di bursa transfer membuat Ronaldo kembali gusar. Di akhir Juni 2022, agen Ronaldo Jorge Mendes mulai bermanuver. Dia melakukan pertemuan dengan Chelsea. Mendes juga dikabarkan menawarkan Ronaldo kepada Bayern Munchen dan Juventus.

Ronaldo pun absen pada lawatan ke Malaysia dan Australia, meski manajemen memastikan tidak berniat menjualnya. Sebagai gantinya, MU memboyong bek anyar Tyrell Malacia.


Hasil dan Jadwal Pramusim MU

Manchester United - Ilustrasi Logo Manchester United
Perbesar
Manchester United - Ilustrasi Logo Manchester United (Bola.com/Adreanus Titus)

12 Juli 2022

MU vs Liverpool: 4-0

15 Juli 2022

Melbourne Victory vs MU, Melbourne Cricket Ground

19 Juli 2022

MU vs Crystal Palace, Melbourne Cricket Ground

23 Juli 2022

MU vs Aston Villa, Optus Stadium

30 Juli 2022

MU vs Atletico Madrid, Ullevaal Stadium

31 Juli 2022

MU vs Rayo Vallecano, Old Trafford

Infografis transfer MU - November 2021
Perbesar
Infografis transfer MU. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya