Sukses

Siapa Lisandro Martinez, Pemain yang Bikin MU Rela Keluarkan Uang Hampir Rp 1 Triliun

Lisandro Martinez lahir di sebuah kota Argentina bernama Gualeguay. Martinez bermain pertama kali bersama Newell's Old Boys, klub yang juga membesarkan nama seorang Lionel Messi. Martinez mengidolakan mantan pemain MU, Gabriel Heinze.

Liputan6.com, Jakarta Lisandro Martinez tinggal selangkah lagi bergabung dengan Manchester United. Ajax Amsterdam kabarnya telah sepakat melepas pemain itu setelah MU mengajukan harga 46 juta poundsterling atau Rp 819 M.

Dalam beberapa hari kedepan, Martinez sudah dipersiapkan untuk tes medis serta diperkirakan akan menyusul skuat Setan Merah dalam tur pramusim mereka, seperti yang dikutip dari Daily Mail, Kamis (14/7/2022)

Sebelumnya Ajax sudah menolak beberapa kali penawaran dari MU mulai dari 38 juta poundsterling sampai nilai 42,5 poundsterling ditambahkan klausul tambah juga ditolak hingga angka 46 juta pounds yang disetujui kedua belah pihak.

Manajer MU Erik ten Hag memang sangat menginginkan jasa Lisandro Martinez. Ahli taktik asal Belanda itu bek timnas Belanda itu menjadi bagian skuadnya di musim depan. Dia memang menginginkan mantan anak asuhnya di Ajax itu setelah mendatangkan Tyrell Malacia dari Feyenoord.

Ten Hag menjadikan Martinez sebagai solusi rapuhnya pertahanan Setan Merah di musim lalu. Musim lalu, totoal jumlah 57 gol yang masuk ke gawang The Red Devils di Premier League 2021/2022 ini menjadi jumlah kebobolan paling banyak Setan Merah di kancah liga sejak musim 1978/1979, yakni dengan kebobolan 63 gol.

Parahnya lagi, jumlah 57 gol yang masuk ke gawang Man United di musim ini lebih banyak dari Burnley, yang kebobolan 53 gol saja dan harus terdegradasi.

Martinez memang tidak memiliki tinggi cukup menjulang bagi seoarang pemain bertahan. Tapi, dengan gaya permainan yang agresif dan tanpa kenal kompromi, membuat Ten Hag yakin kalau Martinez dapat sukses jika bermain di Liga Inggris.

Lantas siapa Martinez yang membuat MU harus mengeluarkan hampir Rp 1 triliun untuk mendapatkan jasanya musim depan. Berikut rangkumannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Dari mana Lisandro Martinez Berasal?

Lisandro Martinez lahir di sebuah kota Argentina bernama Gualeguay. Martinez bermain pertama kali bersama Newell's Old Boys, klub yang juga membesarkan nama seorang Lionel Messi. Martinez mengidolakan mantan pemain MU, Gabriel Heinze.

Mungkin karena terinsiprasi dengan sang idola, Heinze tipe permainan dari Martinez juga hampir serupa. Dia memiliki kemampuan sebagai pemain bertahan ataupun menjadi bek kiri sama baiknya sama dengan Heinze saat bermain di MU ataupun Real Madrid.

Ajax Amsterdam mulai mendeteksi sang pemain setelah melihat permainan Martinez yang sangat bagus bersama Defensa y Justicia. Selama tiga tahun di Belanda, dia sudah memiliki julukan "The Argentine Butcher" atau dalam bahasa Indonesia indentik sebagai tukang jagal.

Ya, permainan yang tak kompromi membuat Martinez dijuluki seperti itu. Selama di Ajax, dia membuat 118 penampilan dengan 19 di kancah Liga Champions. Dia sudah bermain sebanyak 36 kali bersama sang juara Belanda tersebut.

Walaupun harus absen beberapa laga di akhir musim bersama Ajax, tapi Martinez juga sudah memiliki caps bersama timnas Argentina. Dia sudah memiliki tujuh caps bersama Argentina dan berharap dapat bermain di Piala Dunia 2022 Qatar nantinya.

3 dari 5 halaman

Kenapa Arsenal dan MU Berebut Martinez?

Lisandro Martinez merupakan sosok yang dibutuhkan Arsenal. Juru taktik The Gunners Mikel Arteta menilai sang pemain bisa menjadi pemain ideal untuk bersaing dengan Gabriel Magalhaes di sisi pertahanan Arsenal.

Sayangnya, Meriam London hanya mampu menjanjikan panggung Liga Europa bagi Martinez. Hal yang sama juga akan didapat sang pemain timnas Argentina itu jika memilih bergabung dengan Manchester United.

Arsenal dan MU diketahui gagal menjaga asa untuk bermain di Liga Champions musim depan. Sebab, keduanya hanya mampu finis di peringkat lima dan enam klasemen akhir Liga Inggris 2021/2022.

Walau begitu, Manchester United punya satu keunggulan dibanding Arsenal. Skuad Setan Merah kini ditukangi Erik ten Hag yang sudah tahu pola permainan Martinez.

Kepindahan ke Old Trafford bakal memberi kesempatan bagi sang pemain untuk reuni dengan mantan pelatihnya di Ajax Amsterdam itu. 

4 dari 5 halaman

Apakah Lisandro Martinez Tepat di Lini Belakang MU?

Lisandro Martinez performa luar biasa bersama Ajax di musim lalu Martinez memang tidak memiliki tinggi cukup menjulang bagi seoarang pemain bertahan.

Tapi, dengan gaya permainan yang agresif dan tanpa kenal kompromi, membuat banyak pihak yakin kalau Martinez dapat sukses jika bermain di Liga Inggris.

Manchester United memang memiliki banyak pilihan di sektor pertahanan mulai dari sang kapten Harry Maguire, Raphael Varane, Victor Lindelof, Eric Baily, Phil Jones dan juga Axel Tuanzebe. Praktis hanya nama Tuanzebe yang diproyeksi hengkang dari MU musim ini. 

Musim lalu, MU memang memasang nama Maguire dan Varane sebagai duet utama di lini belakang, lantas apakah Martinez dapat mengganti salah satu diantaranya?

Saat di Thailand, manajer Erik Ten Hag mengatakan timnya membutuhkan pemain tengah dan depan untuk timnya musim depan. Ini berarti Martinez dapat didorong sebagai gelandang bertahan, posisi lemah MU di musim lalu.

Sementara itu, dia bisa bermain sebagai dua center back, pasalnya pilihan semisal Varane yang sering cedera membuat Martinez berpeluang menggantikan. Ataupun performa buruk Maguire hingga Baily yang bermain naik turun.

Walaupun demikian, pemain asal Argentina memang serba bisa ditambah dengan relasi dengan Ten hag, kemungkinan hanya ten Hag yang mengetahui Martinez ditempatkan dimana.

 

5 dari 5 halaman

Relasi dengan Ten Hag membuat Martinez Mudah Beradaptasi

Relasi Martinez dan Erik ten Hag dinilai bisa menjadi faktor penting yang memengaruhi keputusan sang pemain dalam bursa transfer musim panas tahun ini. Laporan TyC Sports menyebut Martinez kemungkinan bakal menolak tawaran Arsenal demi bersatu kembali dengan Ten Hag.

Ten Hag sangat menantikan kehadiran Martinez di Setan Merah. Pemain berusia 24 tahun tersebut dianggap mumpuni untuk memperkuat skuad racikannya di Old Trafford. Sang pelatih juga punya penilaian baik terhadap Martinez sejak dulu.

Dalam wawancaranya dua tahun silam, Ten Hag pernah memuji Martinez lantaran mampu memberi kontribusi positif bagi Ajax sejak didatangkan dari Defensa y Justicia pada 2019.

“Pada awal musim (2019/2020), kami mencari otak untuk (bermain di) lini tengah. Kami tahu Martinez pernah bermain di sana, tetapi bisakah dia melakukannya dalam sistem Ajax? Kami mencobanya, dan (ternyata) kami mendapati hal-hal baik,” ujar Ten Hag seperti dilansir Mirror. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.