Sukses

Legenda MU Kembali Bantu Setan Merah Datangkan Pemain Baru

Ada sosok legenda MU sekaligus Direktur dari Ajax Amsterdam, Edwin Van Der Sar yang membantu mempercepat negoisasi transfer dari Lisandro Martinez. Sebelumnya, Robin van Persie juga membantu MU saat mendatangkan Tyrell Malacia dari Feyenoord.

Liputan6.com, Jakarta Saga transfer antara Ajax Amsterdam dan Manchester United mengenai Lisandro Martinez  telah menemui babak akhir. MU dikabarkan setuju dengan harga senilai 46 juta poundsterling atau Rp 819 miliar.

Sebelumnya Ajax sudah menolak beberapa kali penawaran dari MU. Mulai dari 38 juta poundsterling sampai nilai 42,5 poundsterling plus klausul tambahan juga ditolak. Belakangan terungkap, campur tangan mantan pemain MU akhirnya berhasil memuluskan rencana kepindahan Martinez ke Old Trafford.

Seperti dikutip dari Daily Mail, Kamis (14/7/2022), ada nama Edwin van Der Sar yang membantu mempercepat negoisasi transfer dari Martinez ke MU. CEO Ajax ini ikut memuluskan negoisasi Martinez menuju Old Trafford musim depan.

Van Der Sar merupakan penjaga gawang United dari tahun 2005–2011 dengan menorehkan 135 clean sheet. Dia berhasil membantu MU meraih banyak gelar juara mulai dari Liga Champions maupun Liga Inggris.

Ini bukan pertama kalinya, MU mendapatkan bantuan dari mantan pemainnya untuk mendapatkan pemain di awal musim ini. Sebelumnya, kepindahan Tyrell Malacia yang menjadi rekrutan pertama Setan Merah dibantu oleh seorang Robin van Persie.

Mantan penyerang MU asal Belanda itu membantu membelokkan negoisasi Malacia. Pasalnya, sebelumnya Malacia dan klubnya Feyenoord sudah setuju dengan klub asal Prancis, Lyon.

Lewat akun twitter pribadinya, Van Persie itu menilai bahwa Malacia sangat layak berada di Old Trafford.

"Selamat atas langkah yang fantastis bagi Malacia, sebuah kerja keras terbayarkan dan 100 persen layak menjadi pemain MU. Kepada semua penggemar United, saya yakin kalian akan menikmati penampilan Tyrell bersama klub hebat ini. Dia memiliki semangat juang luar biasa," ujar Van Persie.

Di sisi lain, MU masih belum berhenti belanja pemain baru di awal musim ini masih ada beberapa nama yang sedang diperjuangkan merapat ke United mulai dari Anthony (Ajax), Ruben Neves (Wolves), Frankie De Jong (Barcelona) hingga nama pemain gratisan Paulo Dybala.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Lisandro Martinez, Pemain Serba Bisa

Lisandro Martinez memang dikenal sebagai sosok yang serba bisa. Selain mampu bermain sebagai bek tengah, penggawa Timnas Argentina itu juga dapat beroperasi di posisi bek kiri dan gelandang tengah skuad.

Ia dianggap mumpuni untuk memperkuat tim racikan Erik ten Hag di Old Trafford. Tak heran jika MU berupaya keras menyegel kesepakatan dengan pemain kelahiran 1998 tersebut.

Di sisi lain, juru taktik The Gunners, Mikel Arteta, juga menilai Martinez bakal menjadi penggawa yang ideal untuk bersaing dengan Gabriel Magalhaes di sisi kiri pertahanan Arsenal.

Arsenal pun tak ingin menyerah dalam perburuan tanda tangan Martinez. Klub yang finis di peringkat lima klasemen akhir Liga Inggris musim lalu itu dikabarkan sudah menjadwalkan pertemuan dengan pihak Ajax terkait potensi transfer sang pemain.

3 dari 6 halaman

Legenda MU Lain Ungkap Alasan Erik Ten Hag Inginkan Lisandro Martinez

Stam yakin Ten Hag menjadikan solusi rapuhnya pertahanan Setan Merah di musim lalu dengan mendatangkan bek berusia 24 tahun tersebut.

"Martinez memiliki kelebihan dari segi passing serta penguasaan bola yang cukup baik dan hal ini tentu membuat tim semakin sedikit mengalami serangan balik. Selain itu, Ten Hag ingin mempunyai pemain yang cukup cepat saat berada di garis pertahanan," kata Jaap Stam seperti dikutip dari Express, Minggu (10/7/2022).

"Bermain di Liga Inggris, komunikasi dan dengan siapa dia dipasangkan di jantung pertahanan. Selain itu, Martinez juga dapat bermain sebagai gelandang bertahan di depan dua pemain bertahan."

Martinez memang tidak memiliki tinggi cukup menjulang bagi seoarang pemain bertahan. Tapi, dengan gaya permainan yang agresif dan tanpa kenal kompromi, membuat Stam yakin kalau Martinez dapat sukses jika bermain di Liga Inggris.

"Di masa lalu, bek di Inggris tidak cukup besar. Tinggi dua meter memang bagus untuk menyundul bola jauh. Tapi, sekarang sebagian besar klub dan manajer ingin bermain dari belakang," ucap Stam yang pernah membawa MU juara Liga Inggris tiga kali.

"Belum lagi ada penyerang cepat dan harus memiliki bek pintar dan membaca permainan dan itu yang dimiliki semua di dalam Martinez."

"Saya merupakan penggemarnya. Dia memiliki temperamen yang baik serta mental juara. Tentu hal yang mudah bagi seorang manajer berkerjasama dengan dirinya," pungkas mantan bek MU tersebut.

4 dari 6 halaman

Kalahkan Arsenal dalam Perburuan Lisandro Martinez

Lisandro Martinez merupakan sosok yang dibutuhkan Arsenal. Juru taktik The Gunners Mikel Arteta menilai sang pemain bisa menjadi pemain ideal untuk bersaing dengan Gabriel Magalhaes di sisi pertahanan Arsenal.

Sayangnya, Meriam London hanya mampu menjanjikan panggung Liga Europa bagi Martinez. Hal yang sama juga akan didapat sang pemain timnas Argentina itu jika memilih bergabung dengan Manchester United.

Arsenal dan MU diketahui gagal menjaga asa untuk bermain di Liga Champions musim depan. Sebab, keduanya hanya mampu finis di peringkat lima dan enam klasemen akhir Liga Inggris 2021/2022.

Walau begitu, Manchester United punya satu keunggulan dibanding Arsenal. Skuad Setan Merah kini ditukangi Erik ten Hag yang sudah tahu pola permainan Martinez.

Kepindahan ke Old Trafford bakal memberi kesempatan bagi sang pemain untuk reuni dengan mantan pelatihnya di Ajax Amsterdam itu. 

5 dari 6 halaman

Kedekatan Ten Hag dan Lisandro Martinez

Relasi Martinez dan Erik ten Hag dinilai bisa menjadi faktor penting yang memengaruhi keputusan sang pemain dalam bursa transfer musim panas tahun ini. Laporan TyC Sports menyebut Martinez kemungkinan bakal menolak tawaran Arsenal demi bersatu kembali dengan Ten Hag.

Ten Hag sangat menantikan kehadiran Martinez di Setan Merah. Pemain berusia 24 tahun tersebut dianggap mumpuni untuk memperkuat skuad racikannya di Old Trafford. Sang pelatih juga punya penilaian baik terhadap Martinez sejak dulu.

Dalam wawancaranya dua tahun silam, Ten Hag pernah memuji Martinez lantaran mampu memberi kontribusi positif bagi Ajax sejak didatangkan dari Defensa y Justicia pada 2019.

“Pada awal musim (2019/2020), kami mencari otak untuk (bermain di) lini tengah. Kami tahu Martinez pernah bermain di sana, tetapi bisakah dia melakukannya dalam sistem Ajax? Kami mencobanya, dan (ternyata) kami mendapati hal-hal baik,” ujar Ten Hag seperti dilansir Mirror.

6 dari 6 halaman

Fokus Pemain Lain

Martinez bukanlah satu-satunya pemain Ajax yang masuk dalam radar incaran Manchester United. Setan Merah juga kabarnya menaruh hati pada pemain timnas Brasil, Antony.

Mengutip laporan TeamTalk, Setan Merah tak segan bertindak lebih agresif demi mengejar pemain impiannya. MU bahkan rela mengirim utusan ke Amsterdam, demi memboyong sang pemain dari Johan Cruyff Arena.

Manajemen MU tidak ingin berlama-lama mengurus transfer Antony. Mereka berharap negosiasi dengan juara Eredivisie segera rampung. Apalagi, Setan Merah telah menyiapkan tawaran menggiurkan senilai 40 juta poundsterling untuk penggawa berusia 22 tahun tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.