Reaksi Netizen Usai Thailand dan Vietnam Kalah di Semifinal Piala AFF U-19

Oleh Muhammad Yanto pada 14 Jul 2022, 07:00 WIB
Diperbarui 14 Jul 2022, 07:00 WIB
Semifinal Piala AFF U-19 2022 antara Timnas Laos U-19 Melawan Timnas Thaliand U-19
Perbesar
Reaksi kecewa pemain Timnas Thailand U-19 usai kebobolan saat laga semifinal Piala AFF U-19 2022 melawan Timnas Laos U-19 yang berlangsung di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Rabu (13/07/2022). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Liputan6.com, Jakarta Netizen Indonesia seakan merayakan kegagalan Thailand dan Vietnam di babak semifinal Piala AFF U-19 2022.

Ya, Vietnam dan Thailand sama-sama gagal melaju ke partai final Piala AFF U-19 setelah mengalami kekalahan dari Laos dan Malaysia.

Vietnam lebih duluan tumbang. Tampil di Stadion Patriot Candrabhaga, Rabu (13/7/2022), Vietnam dibantai Malaysia 0-3.

Malaysia membuka keunggulan melalui Cao Van Binh pada menit ke-27. Malaysia bisa mencetak gol kedua ke gawang The Golden Stars melalui Haiqal Haqeemi pada menit ke-70.

Malaysia kemudian mampu mencetak gol tambahan melalui Haykal Danish jelang babak kedua usai dan memastikan mereka lolos ke final Piala AFF U-19 2022.

Kemudian Thailand tumbang di tangan Laos 0-2. Laos tampil mengejutkan, mereka berhasil mencuri keunggulan di menit ketujuh.

Tembakan yang dilakukan Peeter Phanthavong gagal dibendung kiper Thailand, Narongsak Naengwongsa.

Tertinggal satu gol, Thailand merespons dengan menaikan intensitas serangan. Namun, sejumlah peluang gagal menjadi gol. Skor 1-0 untuk Laos bertahan hingga jeda.

Di babak kedua, Thailand mendominasi jalannya pertandingan. Tapi, usaha tersebut tak kunjung berbuah hasil. Justru, gawang tim Gajah Perang kembali bobol di menit 85.

Thailand yang asyik menyerang kecolongan dari serangan balik. Damoth Thongkhamsavant dengan cerdik memanfaatkan momen itu untuk menggandakan keunggulan timnya.

Skor 2-0 bertahan hingga laga usai. Hasil ini membuat Laos untuk pertama kalinya menembus final Piala AFF U-19 dan akan menghadapi Malaysia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Pertandingan Ulang

Semifinal Piala AFF U-19 2022 antara Timnas Laos U-19 Melawan Timnas Thaliand U-19
Perbesar
Pemain Timnas Laos U-19 merayakan gol pertama timnya yang dicetak oleh Peeter Phanthavong saat laga semifinal Piala AFF U-19 2022 melawan Timnas Thailand U-19 yang berlangsung di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Rabu (13/07/2022). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Final antara Laos melawan Malaysia merupakan ulangan pertandingan terakhir Grup B. Kala itu, Laos berhasil menag dengan skor 1-0.

Setelah tampil dominan dan berhasil menciptakan beberapa peluang, Laos akhirnya mencetak gol pada menit ke-65.

Dari titik putih, Phoutthavong membawa Laos unggul 1-0 atas Malaysia. Gol tunggal itu jadi pembeda dalam pertandingan ini.

Hasil itu membuat Laos finis sebagai juara Grup B dan Malaysia jadi runner-up. Di bawah mereka, ada Timor Leste, Kamboja, dan Singapura.

Laos tampil sempurna di fase grup dengan mengoleki 12 poin. Mereka juga menjadi tim tersubur dengan mencetak delapan gol dan cuma kebobolan dua gol di fase grup.

Mampukah Laos mengulangi kemenangan atas Malaysia dan mengukir sejarah menjadi juara untuk pertama kalinya di Piala AFF U-19?

Laga final dijadwalkan Jumat (15/7/2020). Laos dan Malaysia bertarung di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi.


Reaksi Netizen

Semifinal Piala AFF U-19 2022 antara Timnas Laos U-19 Melawan Timnas Thaliand U-19
Perbesar
Pemain Timnas Thailand U-19, Peeter Phanthavong berebut bola dengan pemain Timnas Thailand U-19, Theekawin Chansri saat laga semifinal Piala AFF U-19 2022 yang berlangsung di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Rabu (13/07/2022). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Keberhasilan Laos dan Malaysia lolos ke babak final Piala AFF U-19 2022 mendapatkan sorotan dari netizen Indonesia.

Beberapa etizen juga mengaitkan kekalahan Vietnam dan Thailand sebagai karma akibat 'main mata' di laga penyisihan yang menyebabkan Timnas Indonesia U-19 gagal lolos ke semifinal.

"Thailand kaget, kok udh 90 menit laos masih jadi lawan? Padahal kemaren 15 menit terakhir lawan vietnam udh jadi temen," tulis akun @mokodox.

"Laos menuju tak terbatas dan melampauinya. Padahal grup B yg diremehkan eh taunya mereka yg nangkring di final. Dukung Laos juara aff 2022," tulis akun @peanutbutterrrz.

Di antara banyaknya komentar yang memberikan selamat kepada Laos, ada juga kekhawatiran netizen terkait level sepakbola Indonesia yang jauh tertinggal.

"Ketika orang orang konsen dengan karma yang diderita thailand. Ada orang yang mikir gak ya apakah kedepan laos bakal nyalip kita? Dlu pas kecil saya msh ingat saingan kita paling thailand. Malay singapur setara lah. Sekarang vietnam mulai nyalip, apakah laos juga akan setara," tulis akun @rokokduludong

"Tapi ya sedih juga sih. Laos bisa masuk final, Indonesia lolos dari grup aja nggak," tulis akun @SuporterFC


Timnas Indonesia U-19 Gagal Lolos

Foto: Detik-detik Marselino Ferdinan Ditandu Keluar Lapangan usai Mengalami Cedera, Sisakan PR Besar bagi Timnas Indonesia U-19
Perbesar
Marselino Ferdinan tergeletak sambil mengeram kesakitan di dekat tepi lapangan setelah berusaha melakukan back-heel saat Timnas Indonesia U-19 melawan Thailand di laga lanjutan Grup A Piala AFF U-19 2022. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Timnas Indonesia U-19 gagal lolos ke semifinal setelah hanya finis di peringkat ketiga klasemen akhir Grup A.

Timnas Indonesia U-19 menutup babak penyisihan Grup A Piala AFF U-19 2022 dengan koleksi 11 poin. Pasukan Shin Tae-yong meraihnya dengan tiga kemenangan dan dua kali imbang.

Namun, Vietnam dan Thailand yang lolos ke semifinal sebagai juara dan runner-up Grup A. Kedua tim unggul head to head dari Timnas Indonesia U-19.

 


Shin Tae-yong Kecewa

Foto: Ekspresi Pemain Timnas Indonesia usai Tersingkir dari Piala AFF U-19 2022, Zanadin Fariz Pun Menangis
Perbesar
Tak lupa Shin Tae-yong serta asisten pelatih Timnas Indonesia U-19 memberikan rasa terima kasih kepada suporter. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Kegagalan Timnas U-19 lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2022 membuat Shin Tae-yong kecewa. Pelatih asal Korea Selatan itu menyoroti hasil imbang 1-1 Vietnam dan Thailand.

Hasil itu menyebabkan kemenangan Timnas U-19 atas Myanmar 5-1 pada laga terakhir menjadi sia-sia.

Shin Tae-yong pun menduga, Vietnam dan Thailand sengaja menghindari Timnas Indonesia U-19 dari Piala AFF.

Ia menganggap kedua rival tersebut takut dengan Skuad Garuda Muda yang terus berkembang.

"Harusnya pesaing kami juga lakukan laga yang fair play, tetapi nyatanya tidak seperti itu, Thailand dan Vietnam takut dengan Indonesia. Saya sedikit tersinggung dan tak senang dengan situasi ini," kata Shin Tae-yong usai pertandingan.

"Artinya Thailand dan Vietnam sudah merasakan sepakbola Indonesia makin baik, sehingga mereka buat hasil seperti itu," sambung pelatih asal Korea Selatan tersebut.

 

 

Infografis Shin Tae-yong Pelatih Baru Timnas Indonesia
Perbesar
Infografis Shin Tae-yong Pelatih Baru Timnas Indonesia (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya